MEMPERKUAT IDENTITAS BUDAYA MELALUI GEOGRAFI DAN KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR
Oleh:
Linda Sri Mulyati [240210204140]
Prodi: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Keberagaman budaya merupakan fondasi yang membentuk karakter bangsa yang kokoh dan memiliki nilai-nilai luhur. Di Indonesia, dengan ribuan suku dan bahasa daerah, kekayaan budaya ini menjadi aset yang tak ternilai, tetapi juga menghadapi ancaman dari derasnya pengaruh globalisasi. Modernisasi yang terus berkembang sering kali menyebabkan berkurangnya penghargaan terhadap budaya lokal, khususnya di kalangan anak muda. Banyak tradisi yang mulai terlupakan, sementara kearifan lokal perlahan tergantikan oleh budaya global yang lebih mendominasi.
Dalam dunia pendidikan. salah satu konsep dasar IPS adalah menanamkan wawasan tentang kehidupan sosial yang melibatkan nilai, norma, dan interaksi manusia dengan lingkungannya. Geografi, sebagai salah satu cabang IPS, memiliki potensi besar untuk membantu siswa memahami kekayaan budaya lokal melalui eksplorasi keterkaitan antara kondisi geografis suatu wilayah dengan tradisi dan adat masyarakatnya. Sebagai contoh, siswa dapat belajar tentang kehidupan masyarakat pesisir yang erat kaitannya dengan laut atau memahami praktik pertanian di dataran tinggi yang mencerminkan upaya menjaga keseimbangan alam.
Oleh karena itu, pembelajaran IPS yang mengintegrasikan geografi dengan kearifan lokal menjadi langkah strategis untuk memperkuat identitas budaya. Dengan cara ini, siswa tidak hanya mengenali akar budaya tetapi juga memiliki rasa cinta dan tanggung jawab untuk menjaganya.Harapannya, siswa akan tumbuh menjadi individu yang bangga pada identitas budayanya, menghargai keanekaragaman, dan mampu menjaga warisan budaya bangsa untuk masa depan.
PEMBAHASAN