Berbicara tentang dunia pasar tentu pemikiran kita akan tertuju pada apa yang dimaksud dengan pasar, apa yang terjadi didalam pasar dan siapa yang menjadi pelaku dalam pasar tersebut. Nah disini kita akan membahas sedikit tentang pertanyaa yang ada diatas dan jenis pasar.
Pasar adalah suatu tempat yang dimana terjadinya transanksi antara produsen dan konsumen tapi lebih akrab disebut dengan penjual dan pembeli dan dipasar ini juga terjadi interaksi antara pembeli (permintaan ) dan penjual (penawaran).Â
Dimana mereka akan bernegoisasi untuk mendapatkan harga yang sepakat dan itu akan terjadi apabila sipenjual tidak merasa dirugikan dan sipembeli dapat puas dengan apa yang dia beli dengan harga yang dia inginkan karna sipenjual akan menetapkan harga perolehan yang tinggi sedangkan pembeli akan meminta harga termurah dan disinilah mereka akan bernegoisasi untuk mendapatkan harga kesepakatan atau yang disebut dengan harga imbang. Dan kalo ditanya apa yang terjadi dalam prembeli tentu jawabanya adaalah transaksi dan interaksi antara pembeli dan penjual.Â
Sama hal nya dengan siapa sih pelaku dalam transaksi tersebut tentu jawabnya adalah orang-orang yang pergi kepasar untuk membeli kebutuhan dan orang-orang yang menjual barang- barang dagangan mereka. Berikut ini kita juga akan sedikit mengulas tentang jenis pasar,jenis pasar yang kita ulas kali ini yaitu pasar Monopolistik dan pasar Oligopoli.
Mungkin dari beberapa teman-teman telah mmengetahui apa yang dimaksud dengan pasar monopolistik tapi kali saya akan mengulas kembali sedikit tentang pasar monopolistik. Pasar monopolistik adalah pasar yang dimana terdapat banyak perdusen yang menghasilkan atau menjual barang serupa tetapi memikin beberapa perbedaan diaspek-aspek tertentu.Sesuai dengan pengertian dari pasar monopolistik dimana terdapat banyak produsen dengan kata lain pasar ini termasuk kedalam pasar persaingan sempurna dengan banyak produsen dan banyak konsumen sesuai dengan pengertian dari pasar persaingan sempurna .berikut ini akan diurutkan ciri-ciri dari pasar monopolistik supaya makin mengetahui bangaimana pasar monopolistik tersebut.
     Ciri- ciri pasar monopolistik ;
Didalam pasar monpolistik terdapat banyak produsen atau penjual dan terdapat banyan konsumen atau pembeli atau dengan kata lain dipasar ini tidak ada Batasan jumlah untuk produsen dan pembeli.
Didalam pasar monopolistik terdapat keserupaan barang tapi memiki bebrapa perbedaan baik dari warna , corak atau desain.
Didalam pasaar monopolistik produsen dapat bebas keluar masuk sesuai dengan aturannya.
Didalam pasar monopolistik ini juga produsen dapat menentukan harga perolehannya.
Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar monopolistik dan ciri-ciri dari pasar monopolistik berikut ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam pasar monopolistik.
       Kelebihan yang terdapat dalam pasar monopolistik yaitu:
Terdapat banyak perusahaan didalam pasar monopolistik yang akan memberikan keuntungan tersendiri untuk para konsumen dalam memilih pilihan mereka sesuai dengan kemampuan mereka.
Terdapatnya kebebasaan untuk keluar dan ,masuk untuk para produsen , sehingga produsen dapat mengenalkan hal baru kepada konsumen dengan harga dan kuliats yang bagus.
Terdapat banyak produk dalam pasar ini sehingga membuat konsumen dapat memilih dengan teliti baik dari segi bahan pembuatan sampai dengan harga yang telah ditetapkan .
Pasar monopolistik ini juga terbilang relative mudah kita ketemui karna sebagian besar kebutuhan-kebutuhan kita terdapat dalam pasar ini.
       Berikut ini kekurangan yang terdapat dalam pasar monopolistik:
Didalam pasar monopolistik memiliki tingakt persaingan yang cukup tinggi , baik dilihat dari segi harga, kualitas, maupun siapa yang melayaninya karna dengan pelayanan yang baik dapatn menarik perhatian pembeli untuk membeli produknya.
Dibutuhkannya modal yang cukup besar untuk bisa masuk dalam pasar monopolistik karna orang tersebut harus bisa mengimbangi produsen yang sudah terdapat dalam pasar tersebut.
Dibawah ini akan disajikan beberapa faktor penyebab terjadinya pasar monopolistik:
Memiliki sumber dayaÂ
   Dikatakan memilki sumber daya ialah adanya sebuah perusahaan yang berkuasa dalam mengendalikan bahan atau apa saja yang ,masuk kedalam pasar .
Skala ekonomisÂ
   Perusahaan akan memperhitungkan barang yang diproduksi dimana kalo sebuah perusahaan memproduksi dengan dengan tingkat yang tinggi maka harapan mereka untuk mendapatkan keuntungan juga semakin besar .
Pendapatan hak monopoli dari pemerintahÂ
   Hak cipta adalah jaminan yang bermanfaat untuk adanya penjiplakan dari perusahaan lain .Sehingga perusaahn akan bekerja sama dengan pemerintah untuk dapat terjadinya pasar monopolistik.
Setelah membahas pasar monopolistik , saya juga kembali membahas tentang pasar oligopopi. Bebicara tentang pasar oligopoli ingat langsung tentang pasar persaingan tidak sempurna dimana pasar persaingan tidak sempurna itu adalah pasar yang dimana lebih dominan oleh konsumen dari pada produsen dengan kata lain lebih banyak pembeli dari pada penjual.untuk dapat lebih memahami tenteng pasar yang satu ini yuk sama- sama ulas apasih pengertian dari pasar oligopoli ?bagaimana pasar ini ? hal yang terdapat dalam pasar ini . tidak berlama- lama yuk segera kita bahas.Â
Pasar oligopoli adalah pasar yang dominan pembeli lebih banyak dari pada penjual sangat berbanding terbalik dengan pasar monopolistik yang mendominan adalah penjual. Sehingga dipasar oligopoli ini konsumen terbilang sulit untuk dapat memuaskan apa yang dia inginkan karna keterbatasan jumlah dari pada produk-produk yang terdapat dalam pasar ini dan tentunya karna keterbatasan dari produk-produk juga berdampak poada harga yang terdapat dalam pasar yang membbuat barang-barang dalam pasar oligopoli lebih mahal dan para produsen juga akan saling berlomba untuk menarik perhatian dari para konsumen supaya membeli barang- barang yang penjual tawarkan tak ayal ada juga pejual yang tidak bermain sehat hanya untuk mendapatkan konsumen dalam jumlah yang banyak.
 Setelah kita mengetahui pengertian dari pasar oligopi ini tentu kita akan dapat mengambil ciri-ciri dari pasar ini. Berikut ciri-ciri pasar oligopoli:
Penjualan mempunyai sikap yang homogen .
    Dikatakan homogen disini karna didalam pasar ini barang – barang yang dijual hanyalah satu jenis saja.
Ada dua produsen atau lebihÂ
     Seperti prengertiannya bahwa dalam pasar ini lebih banyak didominan oleh pembeli dari pada penjual .
Harus mempunyai marketing yang bagus .
     Strategi yang matang membuat bisnis akan memudahkan pengusahaan untuk mengelolah bisnis yang sedang digeluti.
Harga yang ditawarkan relatif sama .
     Dikatakan relatif sama karna yang akan dibeli juga dalam pasar tersebut hanya satu jenis.
     Pasti semua hal memiki kelebihan dan kekurangan sama halnya dengan pasar oligopi juga memilki kekurangan dan kelebihan. Dibawah ini kita bahas selanjutnya tentang kelebihannya yaitu:
Terdapatnya persaingan yang ketat bagi penjual untuk dapat menarik perhatian pembeli.
Hanya menjual barang yang satu jenis tapi kita bisa mendapatkannya dalam jenis yang berbeda.
Kelemahan yang dimilki oleh pasar Oligopoli yaitu :
Pengusaha harus berupoaya untuk mengeluarkan biaya yang banyak dan harus mempunyai strategi yang bagusÂ
Karna terdapatnya banyak penjual dari pada penmbeli membuat mereka mau melakukan hal buruk kepada saingannya untuk mendapat konsumen.
    Nama            : masdelina pasaribu
    Jurusan           : akutansi
   Dosen pengampu :Puput I Raysharie,SE.,ME
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H