Mohon tunggu...
Lilis Edah Jubaedah
Lilis Edah Jubaedah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 1 Cilegon

Saya Lilis Edah Jubaedah, Lahir di Purwakarta, 26 Agustus 1965. Pekerjaan saya Guru di SMPN 1 Cilegon. Hobby saya menulis, walapun belum mahir. Konten yang saya sering tulis apa saja yang berhubungan dengan rasa kekhawatiran diri terhadap lingkungan sekitar. Jenis tulisannya ada puisi, cerpen, opini, esai, atau apa saja yg menurut saya cocok dengan kontennya. Tapi hanya sekadar menulis saja.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menyusun Soal Penilaian Harian Bab Teks Eksplanasi

20 November 2022   14:05 Diperbarui: 20 November 2022   14:13 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari ini, Minggu tanggal 20 November 2022, dari setelah selesai shalat subuh, saya sudah mulai membuka laptop untuk melakukan kegiatan persiapan Penilaian Harian sampai dengan pukul 14.00 WIB. Kali ini Menyusun soal Penilaian Harian 3 Bab Tek Eksplanasi. Sebelum memulai Menyusun soal, seperti biasa harus membuat kisi-kisi soal dengan format yang sudah tidak asing lagi.

Sebelum menyiapkan format soal, saya harus menyiapkan terlebih dahulu tujuan penyusunan soal Penilaian harian tersebut dengan menentukan indikator pencapaian dari kompetensi dasar yang akan diujikan. Indikator pencapaian untuk teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks eksplanasi dengan tepat;
  • Peserta didik dapat memerinci ciri-ciri teks eksplanasi dengan tepat;
  • Peserta didik dapat meringkas dan menyimpulkan isi teks eksplanasi dengan tepat;
  • Peserta didik dapat memerinci struktur teks ekplanasi dengan tepat;
  • Peserta didik dapat menunjukkan kaidah kebahasaan teks eksplanasi dengan tepat.

Dari lima tujuan di atas akan dibuat menjadi 40 soal Pilihan Ganda. Maka dari itu, setiap tujuan akan dirinci sebagai berikut:

Untuk tujuan nomor 1 cukup dengan 1 soal saja. Sementara untuk tujuan nomor 2 bisa dibuat lebih dari satu, bahkan boleh jadi 10 soal dengan beberapa kutipan teks. Kemudian untuk tujuan nomor 3 cukup dengan 5 soal dengan 5 judul teks eksplanasi. Selanjutnya untuk tujuan nomor 4 bisa dibuat menjadi lebih dari 10 soal dengan banyak kutipan dari beberapa judul teks. Dan terakhir untuk tujuan nomor 5 juga bisa dibuat lebih dari 10 soal dengan banyak kutipan dari beberapa teks.

Jumlah total soal sebagai berikut:

Pengertian teks eksplanasi =   1

Ciri-ciri teks eksplanasi     =  10  

Meringkas (gagasan utama)=   5

Menyimpulkan                   =    5

Struktur teks eksplanasi     =  10

Kebahasaan teks eksplanasi=   9 

Jumlah                                 = 40 butir soal

Nah, Format kisi-kisi yang harus disiapkan memuat poin-poin untuk judul kolom sebagai berikut:

  • Judul
  • Identitas format : a. mata pelajaran, b. Kurikulum, c. Kelas, d. Jumlah soa, e. Bentuk Soal.
  • Tabel dengan judul kolom:
  • 1). No, urut
  • 2). Kompetensi Dasar
  • 3). Kelas
  • 4). Materi
  • 5). Indikator Soal
  • 6). Level
  • 7). No. soal
  • 8). Bentuk Soal

Setelah selesai membuat kisi-kisi, berikutnya tahap menyusun soal. Dalam kegaiatan penyusunan soal, kita harus menyiapkan buku pendukung, selalin buku siswa yang ada. Disiapkan juga buku pendukung lain yang menunjang dalam penyusunan soal. Terutama yang memuat materi teks eksplanasi. Selain buku Bahasa Indonesia yang pokoknya, boleh kita ambil dari buku pelajaran lain seperti IPS misalnya. Karena tidak sedikit di mata pelajaran IPS juga dibahas mengenai materi fenomena alam, sosial dan budaya, yang kesemuanya termasuk ke dalam jenis teks eksplanasi. Artinya, ada pemahaman bahwa apa yang dipelajari di IPS, ternyata bisa dipahami juga melaluit mata pelajaran Bahasa Indonesia. Anak-anak akan menyadari bahwa tidak ada yang sia-sia dalam belajarnya.

Empat puluh soal itu tidak mudah kalau tidak kisi-kisi. Itulah fungsinya kisi-kisi buat pedoman kita dalam mebuat soal. Alhamdulillah selesai juga akhirnya.

Jangan pernah menganggap remeh dalam menyusun soal penialain harian. Karena apa yang akan diujikan pada kegiatan penilaian betul-betul membutuhkan konsentrasi dan fokus, agar apa yang kita akan ujikan sesuai dengan tujuan pembelajaran di awal. Jangan sampai lelah kita tidak mendapat upah keberhasilan anak-anak dalam mencapai tujuan. Semoga lelah menjadi lillah. Aamiin YRA.

Walau banyak waktu yang terpakai dalam kegiatan penyusunan soal penialain harian tersebut, tetapi Ketika anak-anak dapat dengan baik menjawab soal yang kita buat, itulah suatu kebahagiaan yang tak terhingga. Berarti apa yang selama ini kita pahamkan kepada anak-anak didik kita, dapat diserap dengan baik. Semoga dapat menjadi bekal di masa depannya.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun