Mohon tunggu...
Lilis mutiara
Lilis mutiara Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Saya hobi bermain volli

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori Lev Vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

17 Januari 2025   16:24 Diperbarui: 17 Januari 2025   16:24 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget mengenai perkembangan sosial dan kognitif memiliki pandangan yang berbeda, meskipun keduanya berfokus pada proses perkembangan anak. Berikut adalah perbedaan utama antara kedua teori tersebut:

1. Teori Lev Vygotsky (Perkembangan Sosial dan Kognitif)

* Vygotsky menekankan pentingnya konteks sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif anak. Beberapa konsep utama dari teorinya adalah:

* Zona Perkembangan Proksimal (ZPD): Vygotsky memperkenalkan konsep ZPD untuk menggambarkan jarak antara tingkat kemampuan anak yang dapat dicapai secara mandiri dan tingkat kemampuan yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain (misalnya, guru, teman, atau orang dewasa). Menurutnya, pembelajaran yang efektif terjadi di dalam zona ini.

* Peran Sosial dalam Perkembangan Kognitif: Vygotsky percaya bahwa interaksi sosial dan komunikasi dengan orang dewasa atau teman sebaya sangat penting dalam membantu anak mengembangkan keterampilan kognitif. Dengan kata lain, pembelajaran terjadi dalam konteks sosial, dan kemampuan kognitif anak berkembang melalui dialog dan kolaborasi.

* Bahasa sebagai Alat Kognitif: Vygotsky juga menyoroti peran bahasa sebagai alat utama untuk berpikir dan mengorganisasi pengetahuan. Bagi Vygotsky, bahasa bukan hanya alat komunikasi tetapi juga cara untuk membangun pemahaman tentang dunia.

2. Teori Jean Piaget (Perkembangan Kognitif)

* Piaget, di sisi lain, menekankan bahwa perkembangan kognitif anak terjadi melalui serangkaian tahap yang universal dan berurutan. Beberapa poin utama dari teori Piaget adalah:

* Tahapan Perkembangan Kognitif: Piaget mengidentifikasi empat tahap utama dalam perkembangan kognitif anak:

* Sensorimotor (0-2 tahun): Anak mulai mengembangkan pemahaman melalui interaksi dengan dunia melalui indra.

* Praoperasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan simbol, tetapi berpikir secara egosentris dan belum dapat memahami konsep-konsep abstrak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun