Mohon tunggu...
Lilik Supiyati
Lilik Supiyati Mohon Tunggu... Guru - Guru

Mengaji

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Penggunaan Media Papan Pintar untuk Pengenalan Angka pada Kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo

30 Januari 2024   21:33 Diperbarui: 30 Januari 2024   21:39 378
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masa usia dini adalah masa emas yang sangat berharga dalam sejarah hidup manusia. Pada masa inilah perkembangan dan pertumbuahan terjadi dengan sangat pesat, sehingga saya sebagai pendidik anak usia dini perlu memperhatikan setiap aspek perkembangannya.

Salah satu dari aspek perkembangan anak usia dini adalah perkembangan di bidang kognitif, diantaranya adalah pengenalan benda, pengenalan konsep sains sederhana, pengenalan konsep bilangan, dan masih banyak lagi pengenalan pengetahuan yang perlu diberikan kepada anak usia dini.

Dalam pengenalan konsep bilangan, kami sebagai pendidik tidaklah mengalami kesulitan. Hal tersebut dikarenakan sejak pra Taman Kanak – Kanak kebanyakan anak sudah bisa membilang satu sampai sepuluh. Itu artinya anak sudah mampu mengenal konsep bilangan.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

 Namun yang terjadi pada anak didik kami dalam kaitannya pengenalan angka, anak masih mengalami kesulitan dalam mengenal angka. Sehingga diperlukan adanya suatu cara yang memudahkan guru untuk menyampaikan tujuan pembelajaran kepada anak didiknya.

Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo pada tanggal 27 Oktober sampai 02 November 2023 ditemukan beberapa fakta diantaranya kurangnya kemampuan anak dalam mengenal angka 1 sampai dengan 10. Ada delapan anak dari delapan belas anak yang masih belum mampu mengenal angka.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Untuk mengatasi masalah diatas, diperlukan cara pembelajaran yang menarik untuk disampaikan kepada anak-anak, yaitu penggunaan media Papan Pintar untuk pengenalan angka.

Masalah yang terjadi dalam kajian ini adalah:

  • Bagaimana hasil dan dampak yang diperoleh dengan media Papan Pintar dalam upaya mengenal angka pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo?

Tujuan dari penggunaan media Papan Gembira adalah:

  • Untuk mengetahui sejauh mana media Papan Pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka di kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo
  • Untuk mengetahui bagaimana dampak  pembelajaran di kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo dengan media Papan Pintar

Manfaat dari  media Papan Pintar ini adalah :

  • Bagi anak, Mempertinggi daya nalar anak dalam mengenal angka sehingga memudahkan anak untuk mengenal angka.
  • Bagi guru, Mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
  • Bagi Sekolah, Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam penggunaan media pembelajaran.
  • Bagi Pengawas, Sebagai inspirasi sehingga dapat direkomendasikan kepada guru di lembaga lain.

Untuk pelaksanaan best practise ini, guru menampilkan media Papan Pintar melalui beberapa tahapan kegiatan, yaitu:

  • Perencanaan, Yaitu menyusun RPPH, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dengan memasukkan media Papan Pintar
  • Skenario pembelajaran dirancang dengan obyek media Papan Pintar, dimana pada obyek tersebut terdapat bagian-bagian yang diamati, menalar, diasosiasi dan dikomunikasikan anak.
  • Merancang lembar observasi, yang berisi aspek perkembangan, indikator capaian perkembangan, serta kolom hasil pengamatan

Pada tahapan pelaksanaan, guru memberikan bimbingan pada anak untuk melaksanakan tahapan – tahapan dalam proses pembelajaran, yaitu :

  • Mengamati dan menalar, Anak dipersilahkan untuk mengamati  bahan  belajar  yang disediakan guru, yaitu berupa Papan Pintar. Dengan mengamati, secara otomatis anak akan menalar apa yang tertera pada obyek.
  • Mengasosiasi dan mengkomunikasikan, Anak diajak untuk bermain dengan media Papan Pintar, dimana guru memberikan tugas diantaranya adalah :
    • Menjawab dengan tepat pertanyaan guru tentang simbol pada dadu
    • Melompat ke arah angka tertentu
    • Menyebutkan angka
    • Melakukan beberapa perintah yang ada pada kotak tertentu
    • Menyanyi lagu anak, menyebutkan huruf, membaca do’a dll.
    Dok Pribadi
    Dok Pribadi

Pada tahapan evaluasi guru melakukan evaluasi dengan mengadakan pengamatan terhadap setiap anak tentang respon ketika disajikan pembelajaran dengan media Papan Pintar, serta seberapa besar peningkatan minat belajar anak. Ternyata ditemukan adanya peningkatan respon dan minat belajar anak. Tidak ditemukannya anak yang enggan mengerjakan tugas Hal tersebut dapat dilihat pada lampiran tentang Penilaian Harian Anak (Checklist)

Setelah penerapan media Papan Pintar, ada perubahan kemampuan pada ke lima aspek pengembangan, terutama pada kemampuan kognitif anak

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan best practise ini, penulis berencana untuk memasukkan media Papan Pintar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran pada semua tema.

Ada beberapa dampak positif yang timbul dari penggunaan media Papan gembira dalam proses pembelajaran, seperti:

  • Perubahan pada antusiasme anak dalam proses pembelajaran
  • Anak merespon dengan baik setiap pernyataan maupun pertanyaan guru
  • Tidak ada anak yang enggan mengerjakan tugas
  • Anak mau melakukan beberapa perintah pada kotak papan gembira
  • Anak senang melakukan kegiatan bersama dengan teman - teman

Setelah diterapkan media Papan Pintar dapat disimpulkan bahwa :

  • Media Papan Pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dikelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo dalam mengenal angka.
  • Media Papan Pintar dapat memberikan motivasi kepada anak di kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo ,sehingga anak lebih bersemangat dalam melaksanakan proses pembelajaran

Media Papan Pintar dapat memudahkan guru di kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada anak, sehingga media Papan Pintar dapat dipertimbangkan pengunaannya dalam setiap proses pembelajaran pada semua tema dikelompok A maupun kelompok B TK TK Negeri Pembina Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun