Mohon tunggu...
Liliek Purwanto
Liliek Purwanto Mohon Tunggu... Penulis - penulis

-

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Segudang Acara Dikemas, Semangat JNE Kian Ngegas

7 Desember 2023   20:26 Diperbarui: 7 Desember 2023   20:40 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Acara peringatan ulang tahun ke-33 JNE. Sumber: JNE.

Memasuki usia 33 tahun, JNE terus berupaya menyatukan kebersamaan, menguatkan semangat dan terus berbagi, memberi serta menyayangi. Segenap usaha dirangkum dalam sebaris kalimat "Gasss terus semangatnya."

M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, menjelaskan makna ungkapan "Gasss terus semangatnya" dalam sebuah acara yang dihelat untuk memperingati HUT JNE. Semboyan yang dijadikan tema JNE 33 tahun itu memiliki makna untuk menyatukan kebersamaan serta menguatkan semangat untuk menebarkan optimisme. JNE selalu mengajak masyarakat, pelanggan, mitra dan pemangku kepentingan (stakeholder) untuk terus berkarya dan berinovasi dalam beragam program kolaborasi dalam usaha memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Tidak sekadar mengumbar semboyan kosong, JNE mewujudkan ungkapan penuh semangat itu dalam sejumlah aksi nyata. Pelbagai aksi yang digelar perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian barang itu tidak hanya menyasar karyawan internal perusahaan, melainkan juga merangkul masyarakat sekitar.

Tekad membersamai masyarakat itu mewujud dalam kegiatan-kegiatan seperti berbelanja (shopping) bareng yatim dan dhuafa dari 20 yayasan yatim piatu di Jabodetabek dan di berbagai Cabang, lomba foto, lomba video, dan khataman pembacaan Al-Qur'an. Semua aktivitas yang melibatkan warga masyarakat itu menunjukkan semangat berbagi, memberi, dan menyantuni yang kental nilai sosialnya.

Bukan hanya itu. Perusahaan yang telah eksis sejak 1990 itu juga telah menggagas dan menyelenggarakan banyak kegiatan kemasyarakatan lainnya. Anggota masyarakat bisa mengikuti beragam kuis dan giveaway seperti giveaway produk UMKM unggulan dalam JNE 33 Brand Festival, serta kegiatan-kegiatan seru semacam mengunggah foto atau video dan Instagram filter challenge yang diunggah di Instagram atau TikTok.

Acara-acara itu digelar di sejumlah Cabang JNE di berbagai kota di Indonesia. Masyarakat tidak hanya disuguhi acara-acara yang menghibur, tetapi mereka juga berkesempatan memperoleh bermacam-macam hadiah. Para peserta kuis, giveaway dan program-program media sosial berkesempatan memenangkan e-wallet jutaan rupiah dan merchandise menarik yang disediakan JNE.

Apakah itu saja acaranya? Oh, ternyata tidak. Masih ada segudang penawaran menarik lainnya yang digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun JNE ke-33.

Para pemegang JNE Loyalty Card (JLC) berpeluang mendapatkan berbagai keuntungan. Mereka bisa memperoleh harga khusus berupa promo diskon ongkos kirim 33% pada 1 November-31 Desember 2023 dengan tujuan kiriman ke seluruh Indonesia. Selain itu, ada juga pemberian diskon ongkos kirim JNE internasional sebesar 33% untuk kiriman ke Singapura dan Malaysia pada periode 9 Oktober-31 Desember 2023. Mereka pun berhak menukarkan 10 poin JLC yang mereka miliki dengan e-voucher ongkir senilai Rp 33.000.

Masih ada lagi keuntungan-keuntungan lainnya. Para member JLC juga dapat mengikuti aktivasi untuk mendapatkan hadiah kuis di akun media sosial JLC, dan testimoni terbaik berkaitan dengan makna HUT JNE. 33 orang pemenang berhak menerima voucher belanja Rp 300 ribu di jlc.jne.co.id.

Segenap langkah itu sejalan dengan tagline "Connecting happiness" yang terus digelorakan. Dengan slogan itu, perusahaan hendak memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Perusahaan yang didukung lebih dari 8.000 jaringan di seluruh Indonesia itu tidak hanya fokus memanjakan pelanggan dan masyarakat. Tentu saja mereka tidak melupakan jasa 50.000 karyawan, yakni para Ksatria dan Srikandi, yang telah memberikan kontribusi bagi perusahaan.

JNE mengajak para karyawan mengikuti pelbagai gelaran yang mereka adakan, seperti acara potong tumpeng penanda syukur atas kiprah JNE yang telah melayani pengiriman barang lebih dari tiga dasawarsa, serta ziarah ke makam almarhum H. Soeprapto Soeparno, sang pendiri JNE.

Sebagai bentuk penghargaan bagi karyawan dan karyawati terbaik, JNE menganugerahkan apresiasi berupa JNE Best Employee 2023, Award Best Young Leadership Development Program, dan Award Facility Management Branch Competition 2023. Penganugerahan penghargaan itu juga dimaksudkan untuk mendukung program perusahaan dalam mewujudkan lingkungan kerja yang sehat, aman, dan nyaman.

Para karyawan juga dilibatkan dalam acara puncak peringatan hari ulang tahun JNE. Pelbagai acara disuguhkan untuk menyemarakkan acara bertema sport entertainment itu.

Selain menikmati sajian konvoi ratusan kurir JNE menggunakan kendaraan roda dua dan acara-acara lainnya, mereka pun  turut berpartisipasi dalam bazar yang menyuguhkan berbagai merek ternama, permainan (games) bertema olahraga dan food stall UMKM masyarakat sekitar.

Dua unit rumah tentu menjadi salah satu daya tarik acara peringatan ulang tahun JNE. Kedua properti itu merupakan hadiah utama alias grandprize bagi karyawan yang hari itu didatangi sang Dewi Fortuna. Karyawan-karyawan lain yang juga beroleh keberuntungan berhak membawa pulang puluhan sepeda motor serta ribuan hadiah menarik lainnya.

Seru sekali acara-acaranya, bukan?

Namun, bukan seru-seruan saja acara yang disajikan. Melalui semangat JNE bersama untuk kemanusiaan, jiwa sosial para karyawan JNE direalisasikan dalam wujud pengumpulan sumbangan sukarela bagi warga Palestina yang tengah dilanda peperangan (JNE pray for Palestine). Dalam kesempatan itu, M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE menyerahkan donasi sejumlah Rp 207.164.428 untuk disalurkan melalui Rumah Zakat.

Selain disiarkan melalui akun Youtube JNE, semua keseruan acara juga diliput dan disiarkan oleh beberapa karyawan dari berbagai Cabang melalui saluran-saluran media sosial. Panitia acara memang mengundang para digital army untuk menunjukkan kecakapan mereka mencipta dan menyebarkan informasi melalui saluran digital.

Nah, itulah sebagian perwujudan seruan "Gasss terus semangatnya" yang diaplikasikan dalam kegiatan-kegiatan nyata.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun