Mohon tunggu...
Liliek Purwanto
Liliek Purwanto Mohon Tunggu... Penulis - penulis

-

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tak Hanya Sibuk Berbisnis, JNE Juga Peduli Dunia Kreatif

25 Juli 2023   16:32 Diperbarui: 25 Juli 2023   16:46 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan mockup kepada pemenang Content Competition 2023 (Dok JNE).

JNE adalah perusahaan logistik yang peduli pada dunia kreatif. Padahal, tak banyak perusahaan dalam bidang logistik memberikan perhatian bagi kreativitas anak bangsa.

Connecting Happiness yang telah dicanangkan sebagai tagline bukan sekadar hiasan yang ditempel di ruang kerja karyawan. JNE benar-benar mewujudkannya dalam kegiatan nyata.

Perusahaan yang berfokus pada bidang logistik ini telah berkali-kali membikin acara membangun kreativitas bagi masyarakat luas. Sejak tahun 2011, JNE selalu menyelenggarakan salah satu bentuk kegiatan kreatif yang diberi nama JNE Content Competition.

Melalui kompetisi pembuatan konten, perusahaan yang mulai beroperasi tahun 1990 ini mengajak karyawan dan masyarakat umum untuk unjuk kebolehan mereka.

Bahkan, mulai tahun 2023 ini, penyelenggara acara menambah kategori pelajar dan mahasiswa sebagai peserta. Harapannya tentu saja mendorong generasi muda meningkatkan kreativitas mereka.

JNE Bangkit Bersama Masyarakat Melalui Ajang Kreativitas

Salah satu tujuan kompetisi yang telah berlangsung selama 12 tahun ini dimaksudkan untuk menebarkan energi positif dan optimisme bagi masyarakat Indonesia agar terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi. Maka, tak salah jika tahun ini JNE mengusung tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama" untuk mendorong terwujudnya tujuan dimaksud.

Sejak pertama kali dilaksanakan hingga penyelenggaraan yang ke-10, ajang ini telah merangkul lebih dari 3.000 peserta untuk ikut berpartisipasi. Para peserta dari pelbagai kalangan di seluruh pelosok tanah air ini telah menelurkan 6.300 karya sebagai sumbangan inovasi bagi Ibu Pertiwi.

Penyelenggaraan terakhir di tahun 2023 ini menghasilkan beragam karya kreatif dalam bentuk tulisan, foto, video, dan desain. Para pemenang yang telah menghasilkan karya-karya terbaik dalam empat kategori tersebut telah menerima penghargaan dalam acara Awarding Content Competition yang dihelat hari Senin tanggal 10 Juli 2023.

Daftar pemenang kompetisi yang diselenggarakan oleh JNE bekerja sama dengan Kumparan ini juga telah diumumkan melalui situs Kumparan dan JNEWS Online serta akun instagram @JNE_ID.

Penyerahan cinderamata oleh Bapak M. Feriadi  kepada Bapak Joshua Simanjuntak (Dok JNE)
Penyerahan cinderamata oleh Bapak M. Feriadi  kepada Bapak Joshua Simanjuntak (Dok JNE)

Ada satu hal yang sangat menarik dikemukakan oleh Bapak Joshua Simanjuntak. Dalam sambutannya, Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual dan Daya Saing itu menyampaikan apresiasi bagi JNE.

Menurutnya, JNE pantas memperoleh penghargaan sebagai perusahaan logistik yang memberikan perhatian besar bagi dunia kreativitas.

Komitmen JNE Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Memang, di tengah kesibukan mengurus bisnis utamanya di bidang logistik, dalam usia JNE 32 tahun yang tentu saja sarat pengalaman, perusahaan ini tetap berkomitmen mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional.

Sebagai perusahaan yang fokus pada layanan logistik, JNE selalu berusaha memperluas jaringan bisnisnya. Kini, perusahaan ini telah memiliki lebih dari 8.000 titik layanan di seluruh Indonesia.

Seiring perkembangan bisnis yang semakin besar dan kompleks, JNE tak abai terhadap lingkungannya. Perusahaan yang telah membangun Mega Hub di area bandara internasional Soekarno-Hatta yang setiap hari mampu menangani ratusan ribu paket ini tetap rutin menyelenggarakan kompetisi bagi segenap anak negeri.

Dalam sambutan yang lain, Marketing Group Head JNE menyampaikan dukungan perusahaan terhadap industri kreatif. Menurut  Bapak Eri Palgunadi, dengan tagline Connecting Happiness, JNE tidak sekadar mengirimkan barang, melainkan berfungsi juga untuk menghubungkan kebahagiaan antara perusahaan dengan masyarakat.

Ia juga menyatakan bahwa perusahaan yang telah berusia lebih dari tiga dasawarsa itu akan selalu mendukung industri kreatif. Dukungan itu merupakan wujud sumbangsih perusahaan untuk kemajuan bangsa.

"JNE terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian negara melalui sejumlah langkah bisnisnya. Tidak sendiri, bersama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pelanggan, serta mitra."

Demikian sebagian kata sambutan yang disampaikannya dalam acara pemberian penghargaan bagi para pemenang kompetisi.

Harapan Masyarakat terhadap JNE Content Competition

Sejalan dengan manajemen perusahaan dan perwakilan pemerintah, para pemenang pun mengungkapkan hal serupa. Umumnya mereka mengapresiasi langkah JNE secara rutin menyelenggarakan ajang yang mendorong kreativitas masyarakat semacam Content Competition ini.

Abdihil Mukhlis, peraih juara pertama Photo Competition kategori karyawan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dan dewan juri yang telah menyelenggarakan acara dan menilai karyanya. Karyawan JNE Medan ini telah dua kali menjadi pemenang untuk jenis kompetisi yang berbeda. Selanjutnya, ia berharap bisa ikut dalam kompetisi berikutnya dalam jenis yang belum pernah diikutinya.

Sementara itu, Desi Angriani sudah tiga kali mengikuti kompetisi dan dua kali memperoleh penghargaan. Untuk itu, juara 1 Hard Online News itu tak lupa menghaturkan terima kasih kepada perusahaan dan dewan juri. Dalam penyelenggaraan berikutnya, ia berharap peserta lain bisa menghasilkan karya lebih bagus dan memenangkan kejuaraan ini.

Cerita lainnya disampaikan oleh Emily Wiputri. Peraih juara 2 bidang desain kategori umum ini mulanya agak pesimis mengingat ia harus bersaing dengan para peserta dari seluruh Indonesia.

Namun, akhirnya, peserta yang mendapatkan informasi tentang kompetisi ini dari rekannya ini memberanikan diri merancang sebuah desain untuk diikutsertakan dalam kompetisi. Ternyata, ia berhasil meraih penghargaan yang diidam-idamkan.

Penyerahan mockup kepada pemenang Content Competition 2023 (Dok JNE).
Penyerahan mockup kepada pemenang Content Competition 2023 (Dok JNE).

Untuk kategori pelajar/mahasiswa yang baru dibuka dalam kompetisi tahun 2023 ini, terdapat nama Ghulam Sattar Ahmad sebagai salah satu pemenangnya. Mahasiswa Universitas Brawijaya ini berhak menjadi juara 1 kompetisi video untuk kategori pelajar/mahasiswa.

Ia mengungkapkan bahwa karya yang dihasilkannya berawal dari keisengan semata. Kala itu, ia mengamati iklan-iklan yang berseliweran, dan rasa kreatif dalam dirinya tergugah hingga ia menghasilkan konten berbentuk video. Selain berterima kasih kepada dewan juri, ia juga berharap tahun berikutnya bisa tetap mengikuti kompetisi serupa.

Nah, sudah jelas kita rasakan adanya keinginan kuat perusahaan untuk berkontribusi bagi kemajuan masyarakat. Dengan motto JNE Bangkit Bersama, JNE adalah perusahaan yang aktif mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian serta membangkitkan kreativitas mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun