Mohon tunggu...
Lien Halimah
Lien Halimah Mohon Tunggu... Human Resources - Pustakaloka

Pustaka pelajar yang mencari..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sumber Belajar sebagai Media Pembelajaran

29 Juli 2021   10:00 Diperbarui: 29 Juli 2021   10:43 1255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/membacadigital/

Dalam kegiatan KKN Tematik UPI mengenai penanggulan covid-19 pada tahun ini tentang seberapa pentingnya sumber belajar sebagai media pembelajaran pada era pandemi ini. Seperti yang diketahui bahwa pada masa pandemi ini semua kegiatan harus dilakukan dari rumah, salah satunya pada bidang pendidikan yang di mana pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik harus dari rumah. Maka dalam artikel kali ini, penulis ingin menyampaikan pentingnya penggunaan, pemanfaat dan sumber belajar apa yang bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang peserta didik dan gurunya berada pada lokasi terpisah (jarak jauh), sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran daring dibutuhkan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan peserta didik dengan guru. (Pohan, 2020)Adiasti, 2021)

Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang mendukung terjadinya proses belajar, termasuk sistem pelayanan, bahan pembelajaran, dan lingkungan yang dapat digunakan baik secara terpisah maupun terkombinasi, sehingga mempermudah anak didik dalam mencapai tujuan belajar atau kompetensi yang harus dicapainya.

Media pembelajaran adalah Berbagai jenis sumber daya dan komponen dalam lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk mendorong dan memelihara siswa untuk belajar lebih aktif dan produktif.

Menurut Octavia (2020) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, guru harus dapat menyajikan informasi dengan menarik, informasi disampaikan dengan teknik yang baru, dengan kemasan yang bagus didukung oleh alat-alat berupa sarana atau media yang belum pernah dikenal oleh siswa sebelumnya ataupun yang dekat dengan siswa namun belum dimanfaatkan untuk belajar sehingga menarik perhatian siswa. (Adiasti, 2021)

Salah satu pelayanan yang dapat menunjang sumber belajar sebagai media pembelajaran dalam pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran yaitu dengan adanya sebuah perpustakaan. Perpustakaan merupakan sebuah tempat untuk menyimpan, mengelola dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan pemakainya sebagai sumber informasi (Meilina Bustari, 2000:2).

Teknologi saat ini semakin maju bahkan sangat berpengaruh pada dunia, di zaman sekarang banyak perpustakaan yang berkembang sehingga membuat pelayanan perpustakaan digital agar masyarakat dapat menggunakan perpustakaan dimanapun dan kapanpun.

Perpustakaan digital dapat diartikan sebagai perpustakaan yang memiliki tugas dan fungsi pada umumnya, hanya saja hal yang membedakannya yaitu dalam aspek penerapan perpustakaan yang di mana dikemas secara teknologi dengan jaringan digital.

Seperti yang kita ketahui di masa pandemi ini semua orang tidak bisa beraktivitas dengan bebas, sehingga berpengaruh terhadap bidang lainnya seperti bidang ekonomi yang dapat dikatakan menurun, bidang lainnya yang berpengaruh besar juga terjadi di bidang pendidikan yang mengharuskan setiap siswa untuk belajar di rumah masing-masing dan guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan baik secara online (daring) tanpa mengurangi jam pembelajaran yang berlangsung.

Tentu hal tersebut memberikan konflik atau permasalahan yang terjadi seperti halnya peserta didik yang diberikan tugas yang biasanya bisa menggunakan perpustakaan sebagai tempat yang dapat memfasilitasi setiap siswa, kini segalanya dapat dilakukan secara Online (daring).

Di mana perpustakaan yang dimaksud sebagai fasilitas dalam menunjang pendidikan dan pendidikan tersebut dapat dilakukan secara terbuka (bebas) dimanapun kita berada bisa mendapatkan informasi apapun, dimana pun sesuai dengan kebutuhan.

Kemudian terdapat karakteristik terhadap sistem manajemen pembelajaran jarak jauh ini dalam buku Samiran dkk., (2014), yang diantaranya:

Pembelajaran yang fleksibel, mandiri dan individual

Komunikasi dan interaksi yang menggunakan media, dan

Pengelolaan yang bersifat industrial.

Perpustakaan digital sudah dapat dimplikasikan berdasarkan kebutuhan masa kini yang menuntut agar segala aspek dapat dilakukan dengan teknologi dengan menerapkan konsep open education atau open learning atau bebas diakses oleh siapapun.

Media blog efektif digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di sekolah karena dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa yang di mana siswa dapat belajar materi lebih lengkap, waktu yang lebih lama, dan tentunya suasana yang lebih menyenangkan. (Sartono, 2016)

Maka dalam hal ini terdapat beberapa platform/web yang dapat kita manfaatkan pada masa pandemi ini dalam pembelajaran daring sebagai sumber belajar, diantaranya:

https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/
https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/
https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/

https://belajar.kemdikbud.go.id/
https://belajar.kemdikbud.go.id/

Sebenarnya sumber digital yang disampaikan melalui platform web atau blog secara gratis yang bisa kita manfaatkan pada saat ini sudah banyak, dengan berbagai jenis sumber digital seperti e-book, e-jurnal atau jenis sumber digital lainnya, akan tetapi kembali lagi bagaimana kita mencari dan memanfaatkan sumber belajar tersebut.

Maka motivasi belajar yang tinggi yang ditunjang dengan pemanfaatan sumber belajar secara optimal akan semakin meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di sekolah yang tercermin dalam hasil belajar yang baik, sehingga dari sumber belajar yang menarik dan komunikatif juga dapat meningkatkan motivasi dan gairah siswa dalam belajar.(Farida dkk., 2015)  

Referensi

Adiasti, N. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 2(2), 101–110.

AKSI Bahasa. (n.d.). Retrieved July 29, 2021, from http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/membacadigital/

Buku Sekolah Elektronik. (n.d.). Retrieved July 29, 2021, from https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/

Farida, I., Herkulana, & Salim, I. (2015). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 11 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/10127

Portal Rumah Belajar. (n.d.). Retrieved July 29, 2021, from https://belajar.kemdikbud.go.id/

Samiran, Rambet, D. I., & Saswita, H. (2014). Prosiding Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia 7. Perpustakaan Nasional RI. http://repository.ut.ac.id/6294/1/KPDI.pdf

Sartono, S. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(1), 102–134. https://doi.org/10.31002/transformatika.v12i1.205

Sumber Belajar—Dashboard. (n.d.). Retrieved July 29, 2021, from https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun