Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana sebuah penjual tunggal menguasai pasar atau monopolis, minopolis berkuasa untuk menentukan harga, dan tidak punya barang sejenis yang hampir sama. Pada pasar monopoli, tidak terdapat barang lain yang sejenis dan tidak ada pesaing bagi sebuah perusahaan. Penentu harga pada pasar monopoli disebut monopolis yang merupakan pihak tunggal. Monopolis mempunyai kekuasaan dan menguasai pasar untuk menentukan harga.
Singkatnya, pasar monopoli adalah fenomena yang menjadi perhatian serius dalam dunia ekonomi. Dalam situasi pasar monopoli, satu produsen atau perusahaan memiliki kendali penuh atas penawaran dan harga suatu produk atau layanan di pasar.
Ciri- ciri dari pasar monopoli, yaitu :
1.Hanya terdapat satu produsen dalam pasar
2.Tidak memiliki barang pengganti yang miripÂ
3.Terdapat hambatan bagi perusahaan lain untuk bisa masuk ke dalam pasar
4.Produsen bertindak sebagai penentu hargaÂ
5.Promosi tidak diperlukan karna konsumen yang akan dating sendiri karena kebutuhan.
Berdasarkan ciri-ciri tersebut dapat disimpulkan bahwa produsen pada pasar monopoli memiliki kekuatan untuk mengontrol harga dan kuantitas barang di pasar sehingga dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang monopolis dapat memperoleh keuntungan diatas normal.
Kelebihan pasar monopoli :
*Menghasilkan barang yang berbeda corak, agar dapat meningkatkan kesejahteraan konsumen karena mereka dapat memilih corak barang yang sesuai dengan selera dan kemampuannya.Â
*Distribusi pendapatan dalam masyarakat lebih merata, karena produsen terdiri atas perusahaan-perusahaan kecil yang memperoleh untung normal, maka pemilik modal tidak memiliki kekayaan yang berlebihan dan kesempatan kerja yang diciptakan lebih besar.
*Perusahaan monopoli harus menumbuhkan efisiensi untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya pada produk sejenis.Â
*Perusahaan monopoli selalu berusaha melakukan pengembangan produk melalui research dan develop untuk mengembangkan produknya secara luas dengan berbagai jenis serta mutu untuk mendapatkan laba tinggi.
*Pasar persaingan monopoli bisa menghasilkan inovasi baru yang melindungi undang-undang hak cipta dan hak paten, dari berbagai perlombaan untuk penemuan baru.Â
Kelemahan pasar monopoli :
*Monopoli berkuasa dalam penentuan jumlah produksi yang berdampak pada ketersediaan produk untuk konsumen.Â
*Persaingan ini menumbuhkan ketergantungan konsumen karena mereka tidak dapat membeli pada perusahaan yang lain, meskipun merasa dirugikan.Â
*Persaingan ini menumbuhkan eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi.Â
*Monopoli akan bebas menguasai pendapatan yang tidak merata, karena keuntungan hanya ada pada monopoli dalam waktu jangka yang panjang.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H