Mohon tunggu...
Lidia Lantari
Lidia Lantari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Mataram

Menyukai novel fiksi dan suka mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Promosi dan Sebagai Sumber Penghasilan

17 Oktober 2022   09:04 Diperbarui: 17 Oktober 2022   09:09 2889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

   

  Perkembangan  media sosial di Indonesia sedang mencapai puncaknya. Salah satu faktor penyebabnya adalah adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia beberapa tahun lalu. Akibatnya, sebagian besar aktivitas dilakukan secara online, membuat orang lebih sering menggunakan internet. Alhasil, penggunaan media sosial, khususnya TikTok, berkembang pesat. Pada masa pandemi memaksa banyak orang untuk tinggal di rumah. Tapi berada di rumah pasti membosankan bagi semua orang, apalagi saat tidak ada hiburan sungguh sangat membosankan. Akan tetapi aplikasi video pendek ini yang sering disebut TikTok hadir untuk menghilangkan rasa kebosanan di rumah.

      Tiktok merupakan sebuah aplikasi media social serta Platfrom video music yang dimana para pengguna dari aplikasi ini bisa membuat, mengedit, serta berbagi klip video pendek yang lengkap menggunakan filter serta disertai music atau sound sebagai media pendukung. TikTok yang merupakan aplikasi video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik atau setara dengan 1 menit, tapi sekarang durasi dari video tiktok ini bisa diperpanjang sampai 3 hingga 5 menit.

     Awalnya aplikasi Tiktok ini digunakan sebagai media hiburan untuk menghilangkan rasa kebosanan dirumah,akan tetapi seiring berjalannya waktu TikTok juga digunakan sebagai tempat jualan makanan atau barang. Karena pada tahun 2020/2021 pandemi COVID-19 melunjak sehingga orang-orang dilarang untuk keluar rumah, kecuali para Driver Ojol yang bekerja untuk menghantarkan barang ataupun makanan.

       TikTok menjadi media sosial yang cukup popular di Indonesia. Seiring dengan semakin beragamnya konten trend yang tiktok hadirkan serta jumlah pengguna yang semakin banyak apalagi dikalangan para remaja, tentu menjadikan media social ini sebagai media promosi yang pontensial untuk beriklan,khususnya di bidang digital marketing.

        Tiktok bukan hanya sebagai media hiburan tetapi juga sebagai media promosi. Nah, dari promosi yang dilakukan dari para produsen dapat menarik minat para konsumen, apalagi sekarang kebanyakan warga masyarakat Indonesia atau yang sering disebut sebagai Warga +62 lebih banyak menggunakan media social sebagai tempat membeli barang ataupun makanan dan minuman, seperti baju, celana, kosmetik, dan sebagainya. Karena setelah pandemi COVID-19 kebanyakan warga masyarakat +62 ini malas untuk keluar rumah. Sehingga sekarang kalau mau pesan barang ataupun makanan bisa lewat aplikasi online yang dimana sangat memudahkan konsumen karena tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah.

     Kehadiran dari aplikasi tiktok ini sangat membantu sekali bagi para produsen untuk semakin rajin mempromosikan jualan mereka. Aplagi sekarang adanya tiktok shop sangat memudahkan para pengguna aplikasi ini untuk semakin membuat video promosi barang-barang jualanannya.

     Manfaat dari Aplikasi Tiktok  ini sebagai media promosi adalah:

1. Menjakau Lebih Banyak Audies atau Konsumen

      Sejak aplikasi TikTok diluncurkan pada tahun 2016, media sosial berbasis konten video pendek ini telah diunduh lebih dari 2 miliyar kali di App Store dan Google Play. Artinya, banyak sekali pengguna aplikasi TikTok dari berbagai Negara di dunia, baik itu dari kalangan remaja, anak-anak, hingga orang tua. Dengan begitu brand yang kita promosikan di TikTok tersebut dapat menguundang minat dan kesan para Audies atau konsumen.

2. Membuat Bisnis Tetap Relavan dengan Trend

         TikTok menjadi media sosial yang memiliki banyak trend, entah itu dari trend edit video nya,trend sound atau musik dan juga dari trend jalan ala-ala model seperti di Citayam Fashion Week yang dimana para pemerannya berjalan ala-ala model dengan menggunakan baju yang  sangat populer di era saat ini.

        Jika kita lihat dari trend-trend yang saat ini apalagi seperti trend Citayam Fashion Week ini dapat membuat para penjual baju, celana dan sebagainya itu dapat dengan mudah mempromosikan barang mereka dengan mengikuti trend-trend yang lagi viral.

3. Mempermudah Para Konsumen Dalam Memilih Barang

      Selain menjadikan bisnis tetap relavan dengan trend-trend, di sisi lain sebagai pengguna akun TikTok yang mungkin kerjaannya cuma scroll dapat dengan mudah melihat barang melalui TikTok ini. Dengan seringkali kita scroll TikTok tersebut apalagi yang sering muncuk di beranda TikTok kita atau sering disebut "FYP (For Your Page)" yang artinya halaman utama yang akan di tampilkan, seperti promosi baju, barang-barang elektroik, perlengkapan make- up dan sebagainya, Sehingga membuat para konsumen yang sekaligus menjadi pengguna akun TikTok tersebut tertarik untuk membeli barang tersebut.

       TikTok tidak hanya menjadi media untuk mempromosikan tetapi juga bisa untuk menjual berbagai jenis barang dagangan karena aplikasi TikTok memiliki fitur yang namanya "TikTok Shop". Dengan menggunakan fitur TikTok Shop ini sangat mempermudah para konsumen untuk mempromosikan dan juga menjua barang dagangan karena sangat praktis tidak seperti aplikasi jual beli yang lain tidak memiliki fitur seperti TikTok yang dapat mempromosikan barang dagangan.

    Selain menjadi media Promosi dan menjual jenis barang, aplikasi Tiktok ini juga mampu menghasilkan uang tanpa harus menjual suatu jenis barang, akan tetapi para influencer atau TikTokers dapat menghasilkan uang melalui Endorsement, sponsor, dan juga Creator Fund, yang di mana dapat menghasilkan uang ratusan hingga jutaan rupiah hanya karena mempromosikan suatu barang dan juga memiliki banyak followers.

    Ketersediaan fitur atau trend kreatif di TikTok sangat memudahkan kita untuk membuat konten yang menarik secara rutin. Tentu saja dengan ketersediaan filtur atau trend itu sangat menghemat waktu dan tenaga kita dalam pembuatan konten aktual dan meningkatkan brand of voice serta brand awareness, sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk memikirkan atau mengedit video.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun