Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan peserta didik meliputi faktor jasmaniah dan psikologis, seperti kesehatan,cacat tubuh,minat ,bakat ,dan motif pribadi.faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan peserta didik meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat .
* Perubahan sosial dan global budaya
Faktor internal yang menyebabkan perubahan sosial dan global budaya meliputi perubahan penduduk, penemuan -penemuan baru,dan konflik dalam masyarakat . Faktor eksternal yang menyebabkan perubahan sosial meliputi faktor alam, peperangan, pengaruh kebudayaan masyarakat lain,dan Lingkungan fisik.
* Faktor keluargaÂ
Faktor internal keluarga meliputi besar keluarga,norma keluarga,tingkat pendidikan ibu, tingkah penghasilan keluarga,dan tingkat konsumsi zat besi.Faktor eksternal keluarga meliputi lingkungan sosial dan media masa.
* Faktor kelompok teman sebayaÂ
 penampilan dan perbuatan, kemampuan Fikri,sikap,sifat, perasaan,pribadi, pemurah,suka bekerjasama,membantu dan memikirkan anggota kelompok dan tanggung jawab.
*Faktor sekolah
Metode pelajaran, hubungan pendidik dengan peserta didik, hubungan peserta didik dengan peserta didik,visi , misi dan tujuan sekolah, evaluasi diri sekolah,peran kepala sekolah,dan peningkatan mutu guru.
#Perbedaan internal dan eksternalÂ
Internal memiliki arti yang berhubungan dengan bagian dalam diri, tubuh,benda, lingkungan baik secara individu maupun kelompok atau organisasi sedangkan eksternal memiliki arti yang berhubungan dengan bagian luar diri, tubuh,benda, lingkungan baik secara individu maupun kelompok atau organisasi.
KESIMPULANÂ
1.faktor internal (faktor pribadi dan faktor psikologis) berhubungan secara nyata dengan perilaku konsumen.
2. Faktor eksternal (faktor kebudayaan dan faktor sosial) berhubungan secara nyata dengan perilaku konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H