MODUL 3.3  --------------- 3.3.a.JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
LIDATUL WAKIDAH, S.Pd
SD NEGERI 1 TEGALREJO, BAYAT
Â
Assalamu'alaikum wr.wb
Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat dimana pun Anda berada. Perkenalkan saya Lidatul Wakidah, S.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 7 dari SDN 1 Tegalrejo Kec Bayat Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di modul terakhir yakni Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid.
Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 3.3 dan merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 3.3 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:
PERISTIWA/FACT
      Dalam mempelajari modul 3.3 ini ada beberapa peristiwa penting atau kegiatan yang harus dilalui. Mulai dari kegiatan Mulai Dari Diri yang harus dilaksanakan secara mandiri sampai pada kegiatan aksi nyata yang harus dilaksanakan Bersama rekan sejawat, murid dan warga sekolah lainnya. Berikut saya paparkan satu persatu kegiatannya.
- Kegiatan Mulai Dari Diri
Dalam aktivitas 3.3.a.3 ini dimulai pada Senin, 15 Mei 2023 yang mana CGP diminta melakukan refleksi diri terhadap pengalaman yang paling berkesan Ketika terlibat dalam program sekolah semasa menjadi murid (SD-SMA). Dalam kegiatan ini saya menceritakan pengalaman saya Ketika di bangku SD mewakili lomba baca quran (qori'). Kala itu saya saya dibimbing oleh Bapak Guru PAI yang sangat sabar bernama Bapak Sudaryo yang masih saya ingat sampai saat ini.
- Kegiatan Eksplorasi Konsep
Kegiatan 3.3.a.4 Eksplorasi Konsep dilakukan mulai Selasa, 16 Mei 2023. Dalam kegiatan Eksplorasi Konsep CGP aktif dalam menyampaikan pemikirannya setelah melaksanakan pembelajaran daring. CGP belajar memahami secara mandiri terkait (1) Kepemimpinan murid, (2) Suara (Voive), Pilihan (Choice), Kepemilikan (Ownership) dalam konteks kepemimpinan murid, (3) lingkungan serta komunitas yang mendukung kepemimpinan murid. Dilanjutkan kegiatan Forum Diskusi dengan teman kelompok yang sudah ditentukan terkait program Intrakurikuler, Cokurikuler, dan Ekstrakurikuler secara Ansyncronus pada LMS.
- Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 1
Dalam kegiatan 3.3.a.5 Ruang Kolaborasi Sesi 1 yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 Mei 2023. CGP bekerja secara kelompok (berkolaborasi) untuk menentukan satu program (Intrakurikuler, Cokurikuler, ataupun Ekstrakurikuler) yang disajikan dalam bentuk PPT yang selanjutnya dipresentasikan di pertemuan selanjutnya. Kelompok kami mengambil program Ekstrakurikuler Drumband.
- Kegiatan Ruang Kolaborasi Sesi 2
3.3.a.5.1 Ruang Kolaborasi sesi 2 (Presentasi kelmpok) Ini dilaksanakan hari Selasa, 23 Mei 2023. Dalam sesi ini CGP mempresentasikan Program drumband yang disepakati Bersama (sudah dilaksanakan di salah satu SD Anggota kelompok). Setelah presentasi kelompok lain diminta memberikan umpan balik terhadap presentasi yang telah dilakukan. Untuk selanjutnya hasil presentasi diunggah dalam LMS.
- Kegiatan Demonstrasi Kontekstual
Dalam kegiatan Demonstrasi Kontekstual CGP Menyusun program sekolah dengan memperhatikan daya dukung dengan pendekatan Inkuiry Apresiatif tahapan BAGJA. Disini saya menyusun program "Tahfidz SAMI SARAH". Adapun rancangan BAGJA dapat dilihat pada link berikut https://online.fliphtml5.com/rxuol/qpeu/
- Kegiatan Elaborasi Pemahaan
Dalam Elaborasi pemahaman CGP menyampaikan refleksinya dan berbagi pengalaman tentang Pengelolaan Program yang berdampak Positif pada murid yang sebelumnya telah terpogramkan paa demonstrasi kontekstual. Dalam kegiatan elaborasi pemahaman ini Melalui diskusi dan tanya jawab dengan instruktur, CGP dapat mengelaborasi pemahamannya terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
- Kegiatan Koneksi Antar Materi
Pada sesi pembelajaran kali ini, Bapak/Ibu CGP membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Dalam kegiatan ini CGP sudah menyelesaikan tugasnya tepat waktu. CGP menyampaikan refleksi diri menggunakan model 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, Penerapan Masa Depan) kaitannya dengan Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Kemudian mengaitkan materi dari modul 2 (2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, 2.2 Pembelajara social dan emosional, dan 2.3 Coaching untuk supervise akademik) dengan modul 3.1 Pengambilan keputusa berbasis nilai-nilai kebajikan dan modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Untuk selanjutnya di unggah pada LMS masing-masing https://online.fliphtml5.com/rxuol/ihfj/
- Kegiatan Aksi Nyata
Dalam kegiatan ini CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. Selanjutnya CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.
Hasil dari pelaksanaan tersebut dilaporkan dalam video yamg kemudian diupload dalam Youtube dan Bukti Karya pada Platfom Merdeka Mengajar (PMM). Selanjutnya di Upload dalam LMS https://youtu.be/QscTjthUgI0
PERASAAN/FEELING
       Perasaan selama mempelajari modul 3.3 tentang Pengelollan Program yang Berdamak Positif pada Murid  adalah lebih paham  dan tertantang untuk semakin memahami bagaimana menjalankan program di sekolah dengan memperhatikan Sura, Oilihan dan Kepemilikan murid kita. Yang pasti dengan dukungan dari Kepala sekolah dan rekan sejawat untuk melancarkan program tersebut. Namun, ada perasaan cemas juga setelah mempelajari modul ini, saya cemas jika saya tidak maksimal dalam melaksanakan program yang telah saya rencanakan.
PEMBELAJARAN/FINDING
       Pembelajaran berharga yang diperoleh dari pembelajaran di modul 33 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid yakni Memahami bagaimana seorang pemimpin dalam melaksanakan program yang baik dan berdampak positif pada murid. Sehingga program tersebut benar-benar dapat terlaksana dengan maksimal dan berdampak positif bag murid baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
PENERAPAN KE DEPAN/FUTURE
       Penerapan/ tindakan yang bisa saya lakukan setelah mempelajari modul ini yaitu akan terus berusaha mengedepankan program yang berdampak positif pada murid sesuai dengan bakat, minat dan Aset sekolah. Sehingga program tersebut akan dapat dirasakan hasilnya oleh murid, dewan guru dan lingkungan sekitarnya.
Wassalamu'alaikum wr.wb
=Salam dan Bahagia=
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H