Personal Brandig Public Relations
Dari waktu ke waktu Pulic Relations mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut terjadi karena semakin berkembanganya teknologi di Indonesia. Secara umum personal branding adalah suatu proses untuk membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang, diantaranya adalah kepribadian, kemampuan, atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus-stimulus ini menimbulkan persepsi positif dari masyarakat.
1. Kompetensi atau kemamuan individu
Seseorang dapat membentuk sebuah personal branding melalui sebuah polesan dan metode komunikasi yang disusun dengan baik.Â
2. Style
Gaya merupakan bagian yang menjadikan diri anda unik di dalam benak orang lain.
3. Standar
Standar personal branding anda sangat mempengaruhi cara orang lain memandang diri anda. Standar akan menetapkan menetapkan dan memberikan makna terhadap kekuatan personal branding. Namun kuncinya adalah anda sendiri yang menetapkannya.
Poin penting dalam membentuk Personal Branding di media sosial adalah:
a. Pembentukan personal branding memerlukan konsistensi dalam kurun waktu tertentu. Panjang pendeknya tentu tergantung dari bagaimana cara kita berkomunikasi maupun membagikan informasi tertentu
b. Fokuskan kepada hal yang memang anda kuasai agar dapat dnegan senag hati melakukan hal tersebut.
c. Bagaimana hal yang memiliki nilai positif dan lebih baik lagi bila hal tersebut akan memiliki nilai lebih bagi orang lain yang membacanya
d. Berikan informasi secara jelas dan bila memungkinkan sampaikan juga sumbernya agar orang yang membaca mengetahui bahwa informasi tersebut memang benar.
e. Sebelum membagikan informasi apapun, pikirkan kembali isi dari informasi yang akan anda bagikan tersebut. Jangan sampai informasi yang akan dibagikan tersebut ternyata tidak memiliki kejelasan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H