Pendidikan adalah salah satu proses yang membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi segala perubahan dan permasalahan dengan sikap yang terbuka dan kreatif.Â
Hal ini selaras dengan tujuan pendidikan nasional, termasuk salah satunya pada proses pembelajaran matematika. Yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.
Adapun mata pelajaran matematika sendiri tidak sekadar diperoleh dari teorema saja, namun pembelajaran dan bermatematika juga menuntut pemahaman, keterampilan, dan penghayatan terhadap prinsip, nilai, dan prosesnya. Sehingga mampu menumbuhkan daya pikir yang sistematis, kritis, logis, kreatif, dan cerdas.Â
Oleh karena itu, dalam proses pembelajarannya seorang guru harus mampu memanfaatkan benda-benda disekitarnya untuk dijadikan alat peraga.
Alat peraga sendiri berfungsi untuk menerangkan atau memperagakan suatu mata pelajaran dalam proses belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar, seorang guru harus mampu menjelaskan sebuah konsep kepada siswanya. Pemahaman konsep ini dapat dibantu dengan menggunakan sebuah alat peraga matematika. Dengan adanya alat peraga, sebuah konsep akan mudah dipahami dengan jelas.
Melalui program Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri (KPMM) tahun 2021 Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang, seorang mahasiswi bernama Liami Ningsih yang berasal dari jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi;- membuat program kerja membuat alat peraga bangun ruang sederhana.Â
Dengan memanfaatkan stik es krim dan batang lidi, Liami selaku pendamping selama kegiatan berlangsung menjelaskan terlebih dahulu konsep mengenai bangun ruang. Setelah itu, ia bersama-sama dengan siswa-siswi kelas 9 SMP Roudlotul Hidayah membuat alat peraga bangun ruang sederhana tersebut.Â
Para siswa sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, karena pada pembelajaran matematika sebelumnya tidak pernah ada alat peraga. Sehingga dengan adanya kegiatan ini mereka sangat senang, karena selain memperdalam konsep mengenai bangun ruang, mereka juga mengasah keterampilan mereka.
Pembuatan alat peraga bangun ruang sederhana ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa dalam belajar materi bangun ruang. Selain untuk meningkatkan pemahaman konsep, hal ini juga bisa meningkatkan keterampilan siswa dalam bermatematika.Â
Dengan membuat alat peraga sendiri, para siswa mempunyai pengalaman tersendiri dalam memahami bagian-bagian dari bangun ruang tersebut. Oleh sebab itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan bangun ruang.Â