Mohon tunggu...
babarol
babarol Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Jurusan Fisika Angkatan 2019 Universitas Brawijaya

Memahami, Menelaah, dan Menulis setiap apa yang dapat dipelajari dari kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perusahaan Logistik tapi Bisa Hasilkan Konten Kreator! Siapa Lagi Kalau Bukan JNE?

25 Juli 2023   17:54 Diperbarui: 25 Juli 2023   17:57 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tahun ini, JNE kembali menyelenggarakan Content Competition yang bekerja sama dengan penyelenggara kompetisi Kumparan. JNE Content Competition yang ke-10 kali ini mengusung tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama". Tema tersebut memiliki makna sebagai progress, pertumbuhan, pergerakan, dan perjalanan perusahaan. Melalui tema ini, diharapkan dapat menebarkan energi positif dan optimisme bagi masyarakat Indonesia untuk terus maju, adaptif dalam berkarya, serta berinovasi dalam beragam program kolaborasi.

Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini JNE Writing Competition merambah ke dua kategori baru yaitu untuk mahasiswa dan pelajar. Penambahan dua kategori tersebut agar dapat memotivasi dan memberikan hasil karya yang berbeda dengan kategori lainnya. Sejak penyelenggaraan pertama JNE Writing Competition pada tahun 2011 hingga tahun ini, sudah terdapat sebanyak lebih dari 3000 peserta dengan total 6300 karya dari seluruh Indonesia.

JNE Awarding Content Competition 2023 sendiri telah dilaksanakan pada Senin, 10 Juli 2023 di Rumah Wijaya Deep Space, Jl Wijaya V No 6, RT 03/05, Melawai Jakarta Selatan. Awarding tersebut dihadiri oleh para pemenang Content Competition yang telah diumumkan pada tanggal 4 Juli 2023 melalui situs Kumparan dan JNEWS Online serta akun Instagram @JNE_ID. Total keseluruhan yang menghadiri awarding yakni sebanyak 48 pemenang dengan 4 kategori diantaranya diundang untuk menghadiri acara penyerahan secara hybrid.

Penyerahan Juara Kompetisi secara Langsung (Foto: JNE)
Penyerahan Juara Kompetisi secara Langsung (Foto: JNE)

Selain dihadiri oleh para pemenang, acara tersebut juga dihadiri oleh 4 dewan juri di antaranya Maman Suherman, Martha Suherman, dan Ario Anindito. Selain itu, turut hadir pula Bapak Joshua Puji Mulia Simanjuntak selaku Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia; Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE; dan Bapak Eri Palgunadi selaku Marketing Group Head JNE. Sementara MC yang memandu berlangsungnya acara tersebut yaitu Ario Astungkoro.

Pada kesempatan tersebut, Joshua Simanjuntak, Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing menuturkan, "Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada JNE yang telah menyelenggarakan Content Competition yang ke-10 yang sangat luar biasa sekali Walaupun sebagai perusahaan logistik, namun memberikan perhatian besar kepada dunia kreativitas. Yang dengan kategori literatur, foto, desain, dan video tentu hasilnya akan memberikan inspirasi kepada masyarakat luas".

Di lain sisi, Eri Palgunadi, Marketing Group Head JNE mengatakan, "Bisnis kami yang tadinya hanya sekedar mengirimkan, kita menjadi sebuah penghubung kebahagiaan sesuai dengan tagline Connecting Happiness yang harus kita rayakan agar bisnis menjadi kreatif.  JNE sebagai sebuah organisasi dengan usianya 33 tahun kita akan selalu mendukung industri kreatif, dan hal ini menjadi sumbang kasih kita untuk kemajuan bangsa. JNE terus berkomitmen untuk memberikan berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian negara melalui sejumlah langkah bisnisnya. Tidak sendiri, bersama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pelanggan, serta mitra".

Penyerahan Juara Kompetisi Melalui Zoom (Foto: JNE)
Penyerahan Juara Kompetisi Melalui Zoom (Foto: JNE)

Pada kompetisi ini, para pemenang dari berbagai kategori telah memberikan karya terbaiknya. Salah satu pemenang kompetisi kategori foto, Abdihil Mukhlis asal JNE Medan, melalui zoom menuturkan, "Terima kasih kepada JNE dan dewan juri sudah menilai hasil karya saya, alhamdulillah kali keduanya saya menang di kompetisi ini, sebelumnya saya pemenang juara 1 di kategori design tahun sebelumnya. Mural Alm Bapak Prapto merupakan mural hasil karya saya sendiri di JNE Medan. Semoga tahun depan saya bisa cross kompetisi dalam kategori lainnya".

Selain karyawan, pemenang dari kategori mahasiswa pun juga turut menghadiri Awarding JNE Content Competition 2023 ini. Ghulam Sattar Ahmad, juara 1 kompetisi video kategori mahasiswa/pelajar asal Universitas Brawijaya mengungkapkan bahwa karyanya berawal dari keisengan saat melihat iklan-iklan dan terinspirasi untuk membuat konten video tersebut Ghulam berharap pada tahun 2024, ia dapat kembali mengikuti kompetisi dengan mengeluarkan karyanya yang lain.

Penyerahan Juara Kompetisi secara Langsung (Foto: JNE)
Penyerahan Juara Kompetisi secara Langsung (Foto: JNE)

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Desi Angriani, juara 1 Hard Online News saat menerima penyerahan giant check secara simbolis dan secara langsung di Rumah Wijaya. Penyerahan giant check tersebut diserahkan oleh Iwan Hendarmawan selaku juara 3 writing competition tahun 2022. Pada kesempatan tersebut Desi mengucapkan, "Terima kasih kepada JNE dan dewan juri, ini kali ke tiga saya ikut content competition dan sudah 2 kali menang, untuk tahun berikutnya saya ingin memberikan kesempatan kepada rekan-rekan lain yang pasti sedang terus berjuang untuk menang dalam membuat karya yang sangat bagus lagi".

Cerita berbeda disampaikan oleh Emily Wiputri selaku juara 2 desain kategori umum Beliau menuturkan bahwa pada mulanya ia sempat putus asa karena bersaing dengan masyarakat dari seluruh Indonesia yang pastinya sangat kreatif dan memiliki banyak ide Namun, ia tetap mencoba menghasilkan karya dan akhirnya lahirlah ide desain yang berhasil menyabet juara 2 pada kompetisi tersebut.

Diadakannya  JNE Writing Competition ini menjadi bukti bahwa meskipun sebagai perusahaan logistik, JNE tetap secara optimal mendukung perkembangan dunia kreatif demi mendukung perkembangan kreativitas masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan bukti perwujudan tagline dari JNE yaitu "Connecting Happiness". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun