Mohon tunggu...
Leya Cattleya
Leya Cattleya Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - PEJALAN

PEJALAN

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Betulkah Iklan Membanjiri Kompasiana Akhir-akhir Ini?

30 Maret 2019   17:57 Diperbarui: 30 Maret 2019   19:21 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa hari terakhir ini, pengalaman saya mengakses halaman halaman Kompasiana tidaklah seperti biasanya. Banyak iklan digital di layar. Gadget saya yang memang tidak baru lalu mengalami kemacetan. Ditambah, koneksi internet di desa dan banyak tempat publik di Jakartapun melambat. Lengkap sudah. 

Pengalaman saya berselancar sebagai Kompasianer baru jalan 3 bulan ini. Ingusanlah!  Pada awalnya, semua okay. Akhir Akhir ini, setiap kali saya membuka Kompasiana, saya perlu waktu lebih dari 5 detik menunggu habis tayangan video iklan film. Tayangan ini otomatis muncul melalui 'autoplay' dan berputar di depan mata.  

Ketika saya ada di anjungan bandara, saya harus menahan malu dari tetangga karena di layar kaca laptop saya terpampang iklan deodoran dengan gambar ketiak perempuan yang dijanjikan tetap putih melewati mata. Ini bukan guyon. Serius!

Tentu, dalam bisnis, makin banyak iklan, adalah indikasi positif. Artinya, Kompasiana, makin ramai pembaca. Mungkin juga ini terjadi khusus di masa masa jelang Pemilu. Peningkatan jumlah mata yang melintasi Kompasiana sudah tentu jadi pertimbangan nomor 1 dari pemasang iklan.Entahlah. Namun, saya memang berharap agar pengaturannya lebih baik dan tidak mengganggu.

Nah, bagaimana dengan hal teknis di sana sini, yang mungkin mempengaruhi aksesibilitas kita?  Teman teman Kompasianer merasakan ini jugakah? Atau hanya persoalan saya sendiri yang katrok? 

Tulisan ini tidak hendak mengkritisi Kompasiana. Boleh dong berbagi rasa? Siapa tahu, pilihan metode dan pengaturan iklan di K menjadi lebih nyaman bagi kita semua? 

Saya akhirnya membaca beberapa artikel. Tulisan Lauren Nettles (2018) tentang studi menarik untuk saya simak lebih lama. Ia berbagi hasil studi. Ini melegakan.  Bahwa saya katrok, mungkin tetap saja. Tapi saya tidak sendiri. Hanya saja saya tidak sepenuhnya benar. Dikatakan bahwa 83% memang setuju dengan pendapat saya, tetapi lebih tepatnya, mereka tidak suka iklan yang buruk.

Secara umum, kita lihat hasil studi di akhir tahun 2018 yang disampaikan oleh Lauren Nettles ini: 

  • 91% pembaca melihat iklan saat ini lebih mengganggu dibandingkan dengan 2-3 tahun yang lalu;
  • 87% pembaca katakan lebih banyak iklan daripada 2-3 tahun yang lalu
  • 79% pembaca merasa mereka diikuti iklan yang tidak tepat sasaran

Nah, ada pula iklan iklan yang pembaca merasa 'OK". Ini adalah iklan TV (9%), iklan sponsor LinkedIn (9%), Iklan sponsor (13%), sponsor (13%), paparan iklan Online (13%), iklan Email (15%), illan video online (25%).  Bahkan diakui beberapa iklan digital amat efektif.

SEPERTI APA IKLAN YANG PALING MERESAHKAN?

  • autoplay video yang mewajibkan 5 detik waktu kita untuk berhenti
  • terlalu banyak iklan berulang 'retargeting'
  • iklan yang berkesan 'bodoh'. Kita tak kenal bintangnya dan tidak kenal produknya
  • iklan yang dibuat serampangan, tidak professional. 
  • iklan yang memaksa kita mengalami kecelakaan untuk meng'klik' iklan yang posisinya tepat di jari kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun