Mohon tunggu...
Lestari Nur Fitriani
Lestari Nur Fitriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2024

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

T3.7 Aksi Nyata Literasi Dasar (Topik 3)

10 Januari 2025   12:39 Diperbarui: 10 Januari 2025   12:56 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rancangan Aksi Nyata Topik 3

Asesmen Membaca dan Menulis (AKM) di Sekolah Dasar

Kegiatan yang dipilih:

Siswa dapat mengembangkan kemampuan membaca dan menulis melalui kegiatan "Sabtu Literasi Bersama".

Strategi yang digunakan:

  • Membaca interaktif: siswa membaca buku atau teks bacaan bersama dengan guru dan melibatkan anak secara interaktif dalam memahami isi bacaan.
  • Menulis interaktif: siswa berdiskusi bersama kelompok untuk dapat menuliskan teks cerita yang isinya hampir sama dengan cerita yang telah dibaca.

Alokasi waktu:

Kegiatan dilakukan selama 2 jam pembelajaran (2x35 menit) setiap hari sabtu.

Langkah-langkah kegiatan:

Kegiatan pendahuluan :

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan.
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara heterogen.
  • Siswa dibagikan teks bacaan yang telah dipilih oleh guru.

Kegiatan inti: (membaca interaktif dan menulis interaktif).

  • Guru membimbing siswa membaca teks bacaan secara bergantian.
  • Siswa diajak untuk berdiskusi bersama guru berkaitan dengan teks yang telah dibaca seperti siswa diajak memvisualisasikan tokoh dalam teks dan isi teks bacaan.
  • Siswa diarahkan untuk berdiskusi bersama kelompok untuk menulis suatu teks cerita yang isinya hampir sama dengan tema cerita yang telah dibaca.
  • Siswa dapat bertanya dan berdiskusi dengan guru apabila mengalami kesulitan dalam menulis teks cerita.
  • Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil karya menulis teks cerita bersama dengan kelompok.

Kegiatan penutup:

  • Guru memberikan reward kepada setiap kelompok yang telah melakukan presentasi dengan baik.
  • Guru memberikan umpan balik terhadap siswa berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan.
  • Guru mengingatkan kembali untuk memperbanyak kegiatan literasi bukan hanya di sekolah saja namun juga di rumah.

Asesmen yang digunakan:

  • Penilaian terhadap hasil diskusi menulis teks cerita.
  • Penilaian terhadap kegiatan presentasi yang telah dilakukan dilakukan secara berkelompok.

Rubrik asesmen yang digunakan:

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun