DAFTAR ISI
I. INFORMASI UMUM............................................................................................................................3
1. Identifikasi Sekolah.......................................................................................................................... 3
2. Kompetensi Awal..............................................................................................................................3
3. Profil Pancasila................................................................................................................................. 3
4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)............................................................................................3
5. Target Peserta Didik..........................................................................................................................3
6. Model Pembelajaran......................................................................................................................... 3
II. KOMPONEN INTI.............................................................................................................................. 4
A. ELEMEN......................................................................................................................................... 4
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN........................................................................................................4
C. TUJUAN PEMBELAJARAN..........................................................................................................4
D. ASESMEN.......................................................................................................................................4
E. PEMAHAMAN BERMAKNA........................................................................................................4
F. PERTANYAAN PEMANTIK...........................................................................................................4
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN................................................................................ 5
H. PENGAYAAN DAN REMEDIAL.................................................................................................. 8
I. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN GURU.................................................................................... 8
LAMPIRAN - 1..........................................................................................................................................9
A. BUKU BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK........................................................................ 9
B. GLOSARIUM.................................................................................................................................. 9
C. DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................... 9
LAMPIRAN - 2........................................................................................................................................10
Soal Pre-Test....................................................................................................................................... 10
LAMPIRAN - 3........................................................................................................................................11
Soal Perbaikan.....................................................................................................................................11
Soal Pengayaan................................................................................................................................... 11
LAMPIRAN - 4........................................................................................................................................12
Materi Ajar..........................................................................................................................................12
Media Ajar.......................................................................................................................................... 12
LAMPIRAN - 5........................................................................................................................................18
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)................................................................................................. 18
INSTRUMEN DAN RUBIK PENILAIAN........................................................................................... 20
1. Penilaian Sikap................................................................................................................................20
2. Penilaian Pengetahuan.................................................................................................................... 22
3. Penilaian Keterampilan...................................................................................................................25
INSTRUMEN SURVEI...........................................................................................................................27
LEMBAR PERTANYAAN KEPADA SISWA...................................................................................27
LEMBAR REFLEKSI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN.................................................28
LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN.............................................. 29
TELAAH MODUL AJAR...................................................................................................................... 32
I. INFORMASI UMUM
1. Identifikasi Sekolah
Penyusun : Lentera Farahdiba
Sekolah : SMA Negeri 7 Surakarta
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XI / Gasal
Fase : F
Materi Pokok : Struktur Jaringan Tumbuhan
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran @ 45 Menit
Jumlah Peserta didik : Maksimal 36 Siswa
Target Peserta didik : Reguler
Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
2. Kompetensi Awal
Peserta didik sebaiknya telah memiliki pengetahuan mengenai struktur anatomi tumbuhan dan
fungsi jaringan pada tumbuhan.
3. Profil Pancasila
Gotong royong : Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang
ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap
orang lain
Kreatif : Kemampuan untuk memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal,
bermakna, bermanfaat dan berdampak
Mandiri : Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya
Berpikir Kritis : Melalui informasi yang didapat dapat menggunakannya untuk menganalisis
permasalahan maupun informasi
4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
Sarana : Lab. Biologi/Ruang Kelas, Alat tulis, Buku tulis, Laptop, Smarphone, LCD.t
Prasarana : Internet, PPT, Video, Canva, Classroom.
5. Target Peserta Didik
Siswa Reguler
6. Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Jaringan Tumbuhan ialah
Problem Based Learning (PBL).
II. KOMPONEN INTI
A. ELEMEN
Pemahaman Biologi
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel serta
bioproses yang terjadi seperti transpor membran dan pembelahan sel. Peserta didik
menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan
atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. Selanjutnya peserta didik memiliki
kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan,
mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi, dan inovasi teknologi biologi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Peserta didik mampu mendeskripsikan struktur jaringan tumbuhan dan mengidentifikasi fungsi
masing-masing struktur.
2. Peserta didik dapat menganalisis secara kritis keterkaitan antara struktur organ tumbuhan
dengan fungsinya.
3. Peserta didik mampu untuk menganalisis masalah terkait struktur jaringan pada sistem organ
tumbuhan dan menciptakan solusi kreatif untuk penanggulangan penyakit yang berkaitan.
4. Peserta didik mampu menyajikan dan mempresentasikan gagasan tentang pencegahan dan
penanggulangan penyakit pada tumbuhan secara komunikatif dan percaya diri.
D. ASESMEN
a. Pre-test
Formatif
b. Sikap : Observasi
c. Pengetahuan : Tes Tulis
d. Ketrampilan : Menyampaikan Hasil Diskusi
E. PEMAHAMAN BERMAKNA
Tumbuhan merupakan komponen yang penting dalam kehidupan. Tumbuhan tersusun dari
sel-sel pembentuk jaringan. Beberapa jaringan tersebut kemudian akan membentuk organ fungsional.
Struktur tumbuhan terdiri dari banyak bagian yang berbeda. Masing-masing bagian mempunyai
serangkaian tugas dan fungsi untuk menjaga kesehatan tumbuhan.
F. PERTANYAAN PEMANTIK
Pertanyaan pemantik untuk peserta didik sebagai berikut.
1. Apa itu jaringan tumbuhan dan apa saja jenisnya?
2. Bagaimana fungsi struktur jaringan pada tumbuhan?
3. Apa saja jenis penyakit sistem organ tumbuhan dan bagaimana cara efektif mencegahnya?
Untuk melihat modul ajar Struktur Jaringan Tumbuhan ini secara keseluruhan, kalian dapat mengunduhnya di sini. Dengan adanya modul ajar ini, diharap guru dapat menggunakannya sebagai pedoman dalam pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H