Mohon tunggu...
Lentera Farahdiba
Lentera Farahdiba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Ajar Biologi Kelas XI: Struktur Jaringan Tumbuhan

17 Desember 2023   22:50 Diperbarui: 18 Desember 2023   01:26 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DAFTAR ISI

I. INFORMASI UMUM............................................................................................................................3

1. Identifikasi Sekolah.......................................................................................................................... 3

2. Kompetensi Awal..............................................................................................................................3

3. Profil Pancasila................................................................................................................................. 3

4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)............................................................................................3

5. Target Peserta Didik..........................................................................................................................3

6. Model Pembelajaran......................................................................................................................... 3

II. KOMPONEN INTI.............................................................................................................................. 4

A. ELEMEN......................................................................................................................................... 4

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN........................................................................................................4

C. TUJUAN PEMBELAJARAN..........................................................................................................4

D. ASESMEN.......................................................................................................................................4

E. PEMAHAMAN BERMAKNA........................................................................................................4

F. PERTANYAAN PEMANTIK...........................................................................................................4

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN................................................................................ 5

H. PENGAYAAN DAN REMEDIAL.................................................................................................. 8

I. REFLEKSI PESERTA DIDIK DAN GURU.................................................................................... 8

LAMPIRAN - 1..........................................................................................................................................9

A. BUKU BACAAN GURU DAN PESERTA DIDIK........................................................................ 9

B. GLOSARIUM.................................................................................................................................. 9

C. DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................... 9

LAMPIRAN - 2........................................................................................................................................10

Soal Pre-Test....................................................................................................................................... 10

LAMPIRAN - 3........................................................................................................................................11

Soal Perbaikan.....................................................................................................................................11

Soal Pengayaan................................................................................................................................... 11

LAMPIRAN - 4........................................................................................................................................12

Materi Ajar..........................................................................................................................................12

Media Ajar.......................................................................................................................................... 12

LAMPIRAN - 5........................................................................................................................................18

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)................................................................................................. 18

INSTRUMEN DAN RUBIK PENILAIAN........................................................................................... 20

1. Penilaian Sikap................................................................................................................................20

2. Penilaian Pengetahuan.................................................................................................................... 22

3. Penilaian Keterampilan...................................................................................................................25

INSTRUMEN SURVEI...........................................................................................................................27

LEMBAR PERTANYAAN KEPADA SISWA...................................................................................27

LEMBAR REFLEKSI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN.................................................28

LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN.............................................. 29

TELAAH MODUL AJAR...................................................................................................................... 32

I. INFORMASI UMUM

1. Identifikasi Sekolah

Penyusun : Lentera Farahdiba

Sekolah : SMA Negeri 7 Surakarta

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/ Semester : XI / Gasal

Fase : F

Materi Pokok : Struktur Jaringan Tumbuhan

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran @ 45 Menit

Jumlah Peserta didik : Maksimal 36 Siswa

Target Peserta didik : Reguler

Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)

2. Kompetensi Awal

Peserta didik sebaiknya telah memiliki pengetahuan mengenai struktur anatomi tumbuhan dan

fungsi jaringan pada tumbuhan.

3. Profil Pancasila

Gotong royong : Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang

ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap

orang lain

Kreatif : Kemampuan untuk memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal,

bermakna, bermanfaat dan berdampak

Mandiri : Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat

dipertanggungjawabkan kebenarannya

Berpikir Kritis : Melalui informasi yang didapat dapat menggunakannya untuk menganalisis

permasalahan maupun informasi

4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)

Sarana : Lab. Biologi/Ruang Kelas, Alat tulis, Buku tulis, Laptop, Smarphone, LCD.t

Prasarana : Internet, PPT, Video, Canva, Classroom.

5. Target Peserta Didik

Siswa Reguler

6. Model Pembelajaran

Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Jaringan Tumbuhan ialah

Problem Based Learning (PBL).

II. KOMPONEN INTI

A. ELEMEN

Pemahaman Biologi

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel serta

bioproses yang terjadi seperti transpor membran dan pembelahan sel. Peserta didik

menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan

atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. Selanjutnya peserta didik memiliki

kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan,

mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi, dan inovasi teknologi biologi.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Peserta didik mampu mendeskripsikan struktur jaringan tumbuhan dan mengidentifikasi fungsi

masing-masing struktur.

2. Peserta didik dapat menganalisis secara kritis keterkaitan antara struktur organ tumbuhan

dengan fungsinya.

3. Peserta didik mampu untuk menganalisis masalah terkait struktur jaringan pada sistem organ

tumbuhan dan menciptakan solusi kreatif untuk penanggulangan penyakit yang berkaitan.

4. Peserta didik mampu menyajikan dan mempresentasikan gagasan tentang pencegahan dan

penanggulangan penyakit pada tumbuhan secara komunikatif dan percaya diri.

D. ASESMEN

a. Pre-test

Formatif

b. Sikap : Observasi

c. Pengetahuan : Tes Tulis

d. Ketrampilan : Menyampaikan Hasil Diskusi

E. PEMAHAMAN BERMAKNA

Tumbuhan merupakan komponen yang penting dalam kehidupan. Tumbuhan tersusun dari

sel-sel pembentuk jaringan. Beberapa jaringan tersebut kemudian akan membentuk organ fungsional.

Struktur tumbuhan terdiri dari banyak bagian yang berbeda. Masing-masing bagian mempunyai

serangkaian tugas dan fungsi untuk menjaga kesehatan tumbuhan.

F. PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan pemantik untuk peserta didik sebagai berikut.

1. Apa itu jaringan tumbuhan dan apa saja jenisnya?

2. Bagaimana fungsi struktur jaringan pada tumbuhan?

3. Apa saja jenis penyakit sistem organ tumbuhan dan bagaimana cara efektif mencegahnya?

Untuk melihat modul ajar Struktur Jaringan Tumbuhan ini secara keseluruhan, kalian dapat mengunduhnya di sini. Dengan adanya modul ajar ini, diharap guru dapat menggunakannya sebagai pedoman dalam pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun