Mohon tunggu...
Leni Novita
Leni Novita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Food Delivery Trendi Masa Kini

5 Januari 2022   14:54 Diperbarui: 5 Januari 2022   15:03 870
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap negara berkembang saat ini, bisnis virtual atau online telah menciptakan sebuah konsep baru pada industri makanan. Transformasi teknologi, urbanisasi, adanya wanita pekerja, kesibukan kerja, mobilitas, kesendirian telah merubah kebiasaan hidup masyarakat menjadi lebih instan (avuolu, 2007). Perubahan preferensi masyarakat terhadap gaya hidup praktis telah menciptakan peluang bisnis baru, yaitu layanan pesan-antar makanan online. Fitur tambahan ini sudah banyak digunakan oleh banyak pemasok makanan, bahkan perusahaan internasional seperti McDonald, KFC dan Pizza Hut telah bekerjasama dengan layanan pesan antar makanan ini. Indonesia sendiri menjadi negara kedua yang memiliki tingkat pengguna food delivery terbesar setelah Cina dan terus meningkat terutama sejak pandemi berlangsung.

Berdasarkan hasil dari kuesioner diketahui dari 200 orang responden, hanya 4% yang menggunakan jasa pesan antar dari produsen makanannya langsung, selebihnya memilih untuk menggunakan jasa transportasi online yang memiliki fitur jasa pesan antar makanan terutama saat pandemi. Jasa pesan antar makanan online dari transportasi online ini ternyata lebih menarik bagi pelanggan. Kemudahan penggunaan, kepraktisan, promo harga dan tampilan fitur menjadi alasan pelanggan memilih layanan pengiriman online daripada aplikasi pengiriman makanan langsung. Kenyamanan sistem pembayaran potongan langsung melalui GoPay/Ovo mendukung kemudahan penggunaan fitur pesan antar makanan online, terbukti dari data yang menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden benar-benar menggunakan sistem pembayaran potongan langsung Gopay/Ovo.

Konektivitas internet dan adopsi teknologi telah memfasilitasi adopsi aplikasi pasar online atau marketplace , aplikasi food aggregation , restoran-to-consumer delivery , media sosial , dan aplikasi perpesanan. Beberapa hasil penelitian mengenai keputusan pembelian menyatakan bahwa secara simultan strategi bauran pemasaran konsep tradisional berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara apabila dilihat dari masing-masing unsur strategi pemasaran tersebut, diketahui bahwa pengaruh harga memiliki pengaruh dominan yang signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pesan antar online seperti Go-Food.

Go-Food berhasil meraih prestasi yang cemerlang di tengah pandemi. Pada bulan Mei 2020, layanan Go-Food mendapat pengakuan dari lembaga riset global UX alliance, Usaria, dan SomiaCX sebagai layanan pesan antar makanan terbaik dalam merespons situasi di tengah pandemi virus corona.  Hal ini dikarenakan mayoritas menilai bahwa Gofood merupakan aplikasi yang paling ramah pengguna karena adaptasi tampilan dan pengalaman pelanggan yang dikembangkan oleh Gojek.

Banyak penelitian tentang pengaruh harga, produk, promosi dan place telah dilakukan, tetapi yang berbeda pada penelitian ini adalah pendekatan bauran pemasarannya akan lebih kepada konsep digital atau yang disebut e-Marketing Mix yang terdiri dari e-price, e-product, e-place, dan e-promotion. Apabila dilihat dari masing-masing unsur strategi pemasaran tersebut, diketahui bahwa pengaruh harga memiliki pengaruh dominan yang signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa pesan antar online Go-Food (Palahuddin, 2016). Hal ini menyebabkan mayoritas konsumen tertarik akan diskon yang diberi hingga berniat untuk membeli. Ini juga digunakan oleh berbagai platform pengiriman makanan untuk mempromosikan layanan kepada masyarakat dengan menawarkan Big Sale / diskon besar besaran atau cashback untuk pembelian tertentu. Selain itu, fitur tampilan yang diterapkan di platform harus diperbarui secara berkala untuk mengikuti perkembangan budaya pop terbaru.

Menurut Kotler dan Keller (2016: 156) kualitas layanan adalah seperangkat fitur dan karakteristik produk atau layanan yang mendukung kemampuannya untuk secara langsung atau tidak langsung memenuhi kebutuhannya. Semakin tinggi kualitas produk dan layanan yang diberikan, semakin tinggi kepuasan pelanggan. Hadirnya berbagai platform layanan pesan-antar makanan, menjadi tren populer di beberapa daerah untuk membuat hidup lebih praktis bagi masyarakat Indonesia, mengurangi pengangguran dan menyeimbangkan perkembangan teknologi dan budaya yang juga maju di negara berkembang lainnya. Selain itu, ada banyak manfaat dari layanan pemesanan makanan ini untuk semua orang.

Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan saat ini lebih memilih kehidupan yang praktis dan nyaman. Dalam konteks digital, kecenderungan pelanggan untuk memilih aplikasi pesan-antar makanan online lebih terkait dengan kemudahan penggunaan aplikasi dan kemudahan penggunaan fitur yang ada. Teruntuk platform-platform yang menyediakan layanan pesan-antar makanan secara online, gunakanlah taktik pemasaran Anda sesering mungkin, luncurkan promosi secara teratur untuk membiasakan pelanggan dengan aplikasi pemesanan makanan yang kompleks, dan perbarui fitur tampilan Anda secara teratur untuk membuatnya menarik bagi pelanggan dan menjadi tren yang bertahan lama.

Referensi :

avuolu, M. (2007). Electronic Commerce And Turkish Patterns Of Online Food Delivery System. (Article presented in Int. Tourism Biennial 2007)

Palahuddin, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Penggunaan Go-Food di Kota Bogor

Kotler, &. K. (2016). Marketing Management (15 Edition). Pearson Education Limited.

Kotler, &. K. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Peatrice Hall, Inc.

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4977937/jasa-antar-makanan-jadi-solusi-praktis-saat-pandemi-corona Diakses pada 2 Januari 2022

https://teknologi.bisnis.com/read/20180109/105/724877/125.000-gerai-bergabung-di-go-food Diakses pada 2 Januari 2022

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun