Apakah Anda ingin menyempurnakan strategi brand marketing untuk bisnis Anda? Jika iya, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mewujudkannya.
Pengertian dari brand marketing adalah pendekatan khusus untuk menciptakan nama dan desain produk, membangun komunikasi kreatif, dan melakukan aktivitas pemasaran yang membedakan produk Anda dari yang lain.
Strategi brand marketing memiliki tujuan untuk menciptakan produk yang akan menggaet audiens dan memimpin pasar saat ini.
Menurut Sprout Social Index, strategi brand marketing yang paling umum adalah meningkatkan brand awareness (58%) dan meningkatkan keterlibatan komunitas atau biasa dikenal sebagai engagement (41%). Tujuan ini masih sangat relevan bagi marketer dalam memasuki tahun 2023 sebagai strategi brand marketing.Â
Sprout Social Index menyebutkan tantangan utama marketer pada brand marketing adalah, memaksimalkan fungsi media sosial untuk bisnis dengan perolehan ROI yang optimal. Brand perlu menetapkan tujuan untuk mengatasi hambatan ini di tahun 2023. Â
Dengan kemajuan era digital, brand perlu semakin sadar akan nilai brand marketing melalui media sosial. Media sosial mampu memberikan hasil yang terukur melalui matriks yang tersedia.Â
Agar bisnis Anda semakin dikenal dan meningkatkan penjualan, terdapat lima strategi brand marketing yang dapat Anda terapkan sebagai berikut.
Kembangkan Brand Awareness
Brand awareness mampu memudahkan proses penjualan, dengan meningkatkan kesadaran produk bagi audiens, dan memposisikan brand memimpin di sektornya.Â
Dalam hal ini, penting bagi marketer mengevaluasi strategi pemosisian brand untuk memahami dampak tindakan pemasaran terhadap citra.
Proses brand awareness dipengaruhi dari sejumlah tindakan seperti pembuatan konten original, promosi yang dipersonalisasi untuk audiens target, hingga pengembangan produk yang spesifik untuk niche tertentu. Salah satu strategi yang digemari oleh brand dalam menguatkan brand awareness adalah dengan influencer marketing.
Berikut adalah beberapa KPI untuk membantu melacak dan melaporkan keberhasilan tujuan ini:
Reach
Merupakan jumlah audiens yang melihat postingan Anda. Reach memperlihatkan performa konten Anda dalam mencapai audiens secara keseluruhan.Â
Click
Merupakan jumlah klik pada konten atau kampanye Anda. Indikator ini sangat penting untuk memahami apa yang mendorong rasa ingin tahu audiens untuk membeli produk Anda.
Engagement
Merupakan jumlah total interaksi sosial dibagi dengan jumlah tayangan. Indikator ini menyoroti seberapa baik audiens Anda memandang Anda dan kesediaan mereka untuk berinteraksi.
Hashtag Performance
Indikator ini dapat membantu membentuk fokus konten Anda ke depannya, dengan menentukan tagar mana yang paling relevan dengan brand Anda.Â
Untuk mengetahuinya, Anda dapat bereksperimen dengan melihat performa konten melalui hashtag yang paling sering Anda gunakan.Â
Tentukan Platform Brand Marketing
Platform yang berbeda akan menarik audiens yang berbeda. Anda bisa melihat demografi media sosial saat ini untuk menentukan platform yang cocok.Â
Data berikut dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum mempublikasikan konten melalui platform media sosial:
- Jejaring sosial teratas di kalangan Milenial dan Gen Z adalah Instagram dan TikTok, menandakan kekuatan konten yang unik dan menarik perhatian dengan menyatu bersama tren.
- Basis pengguna LinkedIn yang profesional, menjadikannya pusat hubungan industri serta jaringan profesional secara mendalam. Membuat konten LinkedIn berbeda dari media sosial pada umumnya.
- Pengguna Indonesia menghabiskan sebagian besar waktunya di TikTok. Dan menjadi negara pengguna TikTok terbanyak nomor 2 di dunia setelah Amerika Serikat.
Demografi di atas cukup bagus untuk memahami nuansa setiap media sosial, sehingga Anda dapat memutuskan di mana bisnis Anda perlu berada.
Melakukan Brand Marketing Bersama InfluencerÂ
Bekerja sama dengan influencer merupakan salah satu strategi brand marketing yang populer saat ini. Dengan berkolaborasi bersama influencer yang sesuai dengan target audiens bisnis, Anda dapat memperluas jangkauan ke konsumen baru.Â
Berikut alasan mengapa influencer dapat membantu strategi brand marketing Anda:
Dipercaya Konsumen
Influencer terpercaya akan menciptakan kepercayaan yang tinggi di kalangan pengikutnya. Ketika mereka merekomendasikan produk atau layanan perusahaan, maka banyak orang yang akan mempercayai dan membeli produk tersebut.
Meningkatkan Penjualan
Berkolaborasi dengan influencer dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan karena banyak orang yang akan tertarik untuk membeli produk atau layanan yang direkomendasikan oleh influencer.
Hal itu dikarenakan influencer memiliki persona unik, yang sesuai dengan konten mereka masing-masing.
Membangun Hubungan yang Kuat dengan Audiens
KOL dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens melalui testimoni jujur mengenai produk atau layanan perusahaan Anda.
Sehingga banyak orang yang akan merasa lebih percaya dan merasa terhubung dengan perusahaan tersebut, melalui adanya testimoni dari influencer.
Pastikan Anda memilih influencer terpercaya dan memiliki reputasi baik di kalangan audiens yang sesuai dengan bisnis Anda.
Kesimpulan
Dalam menciptakan brand marketing yang efektif diperlukan strategi yang matang. Anda dapat memulai dari menghasilkan konten organik, yang mampu membuat audiens merasa terikat dengan produk Anda.Â
Agar bisnis Anda semakin dikenal dan terpercaya lakukan support campaign dengan influencer marketing menjangkau konsumen yang lebih luas. Influencer mampu membantu menghasilkan konten organik yang relevan terhadap banyak audiens.
LEMON Influencer Platform merupakan tempat untuk menghubungkan brand dan influencer, yang berfokus pada nano-micro influencer.
Dapatkan konsultasi gratis untuk menjangkau konsumen lebih luas dengan influencer yang tepat dengan mendaftarkan bisnis Anda melalui link ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H