Istilah paid promote muncul pertama kali saat influencer mulai merajalela  di media sosial.
Brand memanfaatkan akun Instagram dalam beriklan untuk menargetkan followers yang dimiliki melalui paid promote dan endorsement.Â
Dulu, saat online marketing belum sebesar sekarang, teknik ini mirip dengan press realease. Di mana mempublikasi informasi melalui media massa untuk masyarakat luas.
Media massa = Instagram = akun influencerÂ
Masyarakat luas = audiens =Â followers
Bedanya, informasi dikemas sedemikian rupa untuk press release sedankat paid promote dan endorsement bisa menyesuaikan gaya dan style dari influencer itu sendiri. Karena influencer tau, apa yang audiens mereka suka dan tidak.
Lalu, apa bedanyaa paid promote dan edorse? Simak penjelasan berikut.
Perbedaan Paid Promote dan Endorsement
Dengan perkembandan digital marketing tentu hadir berbagai istilah baru dalam marketing.Â
Paid promote dan endorsement, keduanya lahir dari aktivitas social media marketing, dan sudah tidak terdengar asing lagi.
Let's talk about paid promote.
Apa Itu Paid Promote?
Paid promote adalah aktivitas marketing dengan memanfaatkan pihak ketiga untuk mempromosikan produk dengan creative berbentuk image, video , atau banner yang sudah disiapkan oleh Anda.Â
Sehingga, pihak ketiga tersebut bisa influencer atau KOL, hanya bertugas untuk memposting creative tersebut di akun sosial media mereka.
Apa Itu Endorsement?
Sama seperti paid promote, endorsement adalah aktivitas marketing yang juga memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk atau brand Anda. Hanya saja, Anda diwajibkan untuk memberikan produk untuk dapat mereka review dengan cara digunakan terlebih dahulu.
Paid Promote dan Endorsement, Harus Pilih Yang Mana?
Keduanya memiliki keuntungan dan manfaat masing-masing. Berikut listnya.
- Manfaat Paid Promote
- Paid promote lebih terjangkau
- Resiko bad image lebih sedikit, karena materi sudah disiapkan oleh tim Anda
- Manfaat Endorsement
- Meraih lebih tinggi kepercayaan konsumen dengan ulasan
- Kredibilitas yang tinggi
Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Paid Promote dan Endorsement
Siapkan Destinasi Audiens Dengan Baik
Setiap aktivitas marketing yang dilakukan, Anda pasti memiliki tujuan. Baik dalam meningkatkan traffic, awareness hingga penjualan.
Alangkah baiknya kalau Anda mempersiapkan destinasi yang akan audiens Anda pijak setelah melihat konten paid promote atau endorsement.
Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan followers dengan endorsement bersama influencer x, kelola akun Anda dengan baik. Berikan informasi menarik yang bisa memberikan audiens alasan yang kuat untuk follow akun Anda.
Apakah akun Anda memberikan konten yang informatif?
Mencari Influencer yang Tepat
Sebagai pihak ketiga yang menjadi jembatan antara Anda dan audiens, temukan influencer yang tepat untuk bisa menjalani proses paid promote dan endorsement dengan optimal.
Jangan hanya berpatokan pada jumlah follower saja dalam memilih influencer yang tepat.
Untuk mendapatkan influencer campaign terbaik, pastikan untuk memahami tujuan dari aktivitas ini. Buat daftar calon influencer media sosial, dan kemudian teliti jenis kolaborasi yang telah mereka lakukan di masa lalu. Semoga berhasil!
Jalan lebih mudah temukan influencer adalah dengan LEMON.Â
Anda hanya tinggal konsultasikan ide brilian Anda dengan kami.
Thumbnail images by Possessed Photography on Unsplash
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H