KOL management adalah cara untuk menjalin hubungan bersama individu dalam menjalankan endorsement. Endorsement sendiri menjadi pelengkap bisnis yang membentuk sebuah keharusan aksi di era digital. Media sosial menjadi wadah yang paling sering diincar untuk endorsement.
Saat individu memiliki banyak jumlah pengikut, tawaran promosi produk kerap datang menghampiri. Individu ini yang disebut sebagai influencer, key opinion leader atau yang paling dikenal sebagai selebgram.
Hal ini membantu perkembangan bisnis untuk menggapai banyak potensial konsumen. Pernyataan ini didukung oleh adanya pemblokiran iklan dari browser dan telepon genggam, menyebabkan turunnya daya guna iklan dalam menjangkau konsumen.Â
Para pemilik bisnis perlu memutar otak lebih keras. Begitu endorsement muncul ke permukaan, inilah yang menjadi jalan pilihan.
Apa Arti Endorsement?
Endorsement artinya adalah dukungan berupa aksi promosi berbayar maupun tidak yang dilakukan oleh individu selebgram atau influencer. Aksi tersebut bertujuan untuk mengaktifkan eksistensi bisnis di mata konsumen. Tidak hanya itu, endorsement cukup memiliki banyak manfaat terhadap bisnis.
Apa saja manfaat endorsement?
Memperkenalkan produk ke konsumen lebih luas
Saat audiens belum pernah mendengar tentang produk, melalui endorsement produk dapat menggapai konsumen lebih luas terutama followers yang dimiliki selebgram.
Tingkatkan kepercayaan konsumen dengan ulasan
Bentuk promosi yang dilakukan bisa berupa review dan tutorial yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen.
Tingkatkan kredibilitas
Kredibilitas meningkat dibantu dengan word-of-mouth marketing yang menjadi asset brand.