Mohon tunggu...
LEMON Influencer Platform
LEMON Influencer Platform Mohon Tunggu... Lainnya - A platform that connects your brand with the RIGHT influencers
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

- Visit us at lemon.co.id - Contact us at contact@lemon.cm OR - Whatsapp us at lemon.co.id/wa

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Cara Endorse Produk Makanan [Bonus List Nano-Micro Influencer]

25 Agustus 2021   10:30 Diperbarui: 25 Agustus 2021   11:19 3499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karena masih banyak yang bingung, LEMON akan menjelaskan cara endorse makanan serta bonus  list selebgram untuk produk bisnis kamu.

Endorse produk makanan dan minuman terus meningkatkan dengan bertumbuhnya sektor makanan dan minuman yang mencapai 3,94% pada Q1 2020. Tidak heran, kategori influencer makanan dan minuman jadi paling dicari untuk endorse.

Namun, masih banyak pemilik bisnis yang belum tahu cara endorse makanan ke selebgram.

Melalui artikel ini LEMON akan bahas langkah-langkah tepat cara endorse makanan.

Berikut langkah-langkahnya:

Bagaimana cara Endorse Makanan?

  • Usahakan untuk mengenali profil influencer sebelum memutuskan untuk endorse.

img-2248-1-768x432-6125affe01019006bd7806e2.jpeg
img-2248-1-768x432-6125affe01019006bd7806e2.jpeg
Hindari memilih influencer yang tidak tepat dengan produk yang akan ditawarkan. Tidak mungkin pilih seleb dengan minat kecantikan padahal niat kamu endorse makanan.

Terlihat asal dan tidak memikirkan minat audiens, maka kredibilitas bisnis akan dipertanyakan.

  • Bandingkan Antara influencer satu dengan yang lain

Cara endorse makanan yang kedua adalah dengan bandingkan influencer manakah yang punya kinerja lebih baik. Setiap individu pasti memiliki hal unik masing-masing dalam mempromosikan produk. Selebgram yang humoris, serius, atau kreatif. Jadi, kamu punya beberapa pilihan untuk dicocokan dengan nilai bisnis yang ingin kamu tampilkan.

  • Hubungi dengan sopan dan profesional influencer yang menurut kamu cocok

Setelah memilih, hubungi melalui kontak yang tersedia di profil influencer incaran kamu.

Umumnya, untuk nano-micro influencer, mereka memiliki email atau nomor telepon pribadi khusus untuk request kerjasama.

Namun, untuk level influencer yang lebih tinggi, hubungi manajer mereka untuk ajakan kerjasama bisnis.

Perkenalkan bisnis kamu terlebih dahulu, ceritakan alasan menghubungi yaitu ingin endorse makanan dan highlight keunikkan selebgram tersebut yang bikin tertarik untuk diajak kerjasama.

Kemudian, tanyakan atau riset sendiri engagement dan rate card influencer.

  • Riset atau tanyakan engagement profil selebgram

average-er-2019-01-768x432-6125b0e131a287358a68ff82.png
average-er-2019-01-768x432-6125b0e131a287358a68ff82.png
Engagement sendiri sering dikenal sebagai standar memilih influencer. Karena angka ini menggambarkan keseluruhan profil dan kinerja. Setiap platform media sosial punya minimal engagement untuk setiap profil.

Nano dan micro influencer dikenal memiliki engagement rate yang tinggi.

  • Ketahui rate card influencer

Rate card dikenal sebagai tarif yang dipatok untuk setiap post.. Pentingnya menanyakan tarif untuk menghitung budget yang akan dikeluarkan dalam endorse makanan.

  • Berikan Scope of Work Endorsement
    sebagai-ilustrasi-scope-of-work-influencer-campaign-6125b182010190385d7dd082.png
    sebagai-ilustrasi-scope-of-work-influencer-campaign-6125b182010190385d7dd082.png

Scope of Work endorsement ini merupakan brief singkat hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam pembuatan konten endorse. Sow ini begitu penting menjadi cara endorse makanan kamu, agar menghindari influencer membuat konten yang tidak selaras dengan brand value kamu.

  • Kirim Sample

Setelah deal dengan rate card, saatnya untuk mengirim sample produk makanan kamu. Pastikan untuk kemas makanan dengan packaging yang kece dan rapih. Umumnya, influencer endorse akan merekam dan review mulai dari unboxing.

Packaging yang unik dan cantik juga menjadi cara endorse makanan yang penting. Pernah gak sih kamu beli produk karena dikemas dengan lucu? Hal ini menunjukan kalau, kemasan memberikan pengaruh ke audiens untuk membeli produk kamu.

Itulah, beberapa cara endorse makanan ke selebgram untuk bisnis kamu. Terdengar banyak hal yang perlu dilakukan ya?

Solusi cara endorse makanan lebih mudah melalui platform LEMON. Kamu gak perlu lagi melakukan cara-cara endorse makanan di atas. Karena, LEMON sudah menyediakan semua kebutuhan endorse selebgram untuk mempermudah kamu.

Cara endorse makanan tanpa ribet hubungi selebgram, riset engagement, bahkan rate card!

Sesuai dengan janji LEMON, berikut 5 list nano-micro influencer untuk endorse produk makanan bisnis kamu yang menjadi salah 5 LEMON nano-micro influencer:

List Nano-Micro untuk Endorse Produk Makanan

  • Dewi Yang

  • Christo Tjahjanto
  • Cintia Maria

  • Gohana Navratilova


Mau tau cara endorse makanan tanpa ribet? Yuk endorse produk makanan kamu bersama LEMON dengan kunjungi website lemon.cm untuk pelajari lebih lanjut bagaimana LEMON membantu brand kamu. Dan masih banyak pilihan influencer lainnya!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun