AKSI NYATA
MODUL 3.3. PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
Implementasi Program Pemanfaatan IT
OLEH : LELY SURYANI, S.Pd.SD
(CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 5 KABUPATEN BANJARNEGARA)
FASILITATOR Â Â Â Â Â Â Â Â : SUBAGIYO, S.Pd.
PENGAJAR PRAKTEK Â : DWI KURNIASIH, M.Pd.
Tujuan Pembelajaran Khusus :
CGP dapat menjalankan tahapan B ( Buat Pertanyaan ) & A ( Ambil Pelajaran ) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
CGP dapat membuat dokumrntasi pelaksanaan yang telah dijalankan tersebut.
Â
Prakarsa Perubahan :
Mewujudkan Peserta didik yang memiliki kecakapan literasi digital dan berkarakter Profil Pelajar Pancasila.
Tujuan Program :
Memenuhi kebutuhan belajar murid dengan menuntun belajarnya sesuai kodrat zaman.yang terus berkembang.
Murid dapat mengikuti pembelajaran yang menggunakan perangkat IT secara maksimal.
Murid dapat menggunakan dan memanfaatkan  perangkat IT sesuai dengan kecakapan literasi digital demi keamanan digitalnya.
Pemanfaatan Perangkat IT bantuan dari Kemendikbud Ristek sesuai dengan tujuan dan petunjuk yang ada.
Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan sehari- hari serta dalam rekam jejak digitalnya.
TAHAPAN B ( BUAT PERTANYAAN )
Bagaimana kita dapat mengoptimalkan pemanfaatan IT sekaligus  mewujudkan  murid yang memiliki kecakapan literasi digital dalam pembelajaran dan bermedia sosial.secara bijaksana
IMPLEMENTASI TAHAPAN B ( BUAT PERTANYAAN )
CATATAN REFLEKSI TAHAPAN B ( BUAT PERTANYAAN )
Peristiwa ( Fact )
Sedemikian seringnya murid - murid  menanyakan kapan bisa belajar seperti anak - anak yang sedang ANBK. Dan seringnya para murid minta diajari menggunakan chromebook. Mereka sudah berani mengemukakan pendapatnya kepada guru, dan guru perlu mengapresiasi keberanian dan keinginan para murid tersebut.
Perasaan ( Feeling )
Saya merasa bangga memiliki murid yang ingin belajar mengikuti perkembangan jaman dan murid meminta menggunakan  sarana dan prasarana yang ada, yang memang diperuntukkan untuk murid.
Pembelajaran ( Finding )
Dari gagasan / ide/ masukan dari murid - murid tersebut, yang dapat berpengaruh baik pada semangat belajarnya serta penting untuk masa depannya. Murid akan merasakan dampak positif dari penerapan ide / gagasan / masukan dari murid. Dampak positif ini juga akan berpengaruh pada peningkatan penerimaan siswa baru, karena SD Negeri 1 Gumelem Kulon merupakan salah satu penerima  bantuan perangkat IT dari Kemdikbud Ristek dan tidak semua sekolah memiliki perangkat IT ini.
Penerapan ke depan ( future )
Sekolah akan memfasilitasi ide / gagasan/ masukan murid tersebut dengan memberikan jadwal yang pasti dan ruang yang nyaman untuk belajar menggunakan atau memanfaatkan perangkat IT yang dimiliki oleh sekolah. Teknik pelaksanaannya akan dibimbing oleh guru yang mampu dan memiliki kecakapan literasi digitalÂ
TAHAPAN A ( AMBIL PELAJARAN )
Aktivitas apa yang selama ini menarik murid berliterasi digital dalam pembelajaran  selama ini ?
Apa yang murid sukai dalam pemanfaatan IT ?
Mana kegiatan sekolah yang telah mewujudkan optimalisasi pemanfaatan IT?
Mana kebijakan sekolah yang mendukung kecakapan literasi digital dalam pembelajaran dan bermedia sosial?
IMPLEMENTASI TAHAPAN A ( Ambil Pelajaran )
CATATAN REFLEKSI TAHAPAN A ( AMBIL PELAJARAN )
Peristiwa ( Fact )
Peristiwa yang ada adalah guru kelas didampingi oleh Calon Guru Penggerak mengadakan diskusi atau curah pendapat dengan murid di kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Kegiatan ini untuk mengetahui seberapa besar keinginan murid  untuk belajar IT dan apa serta bagaimana model belajar yang mereka inginkan. Dalam kegiatan ini juga dirancang jadwal kegiatannya.
Perasaan ( Feeling )
Perasaan yang menyelimuti saya selama mendampingi guru kelas mengadakan curah pendapat ini, tentu sangat bangga. Melihat semangat murid - murid untuk belajar, membuat semangat gurunya juga meningkat. Tanggapan positif dari Kepala Sekolah, rekan sejawat menambah rasa percaya diri untuk melanjutkan ide / gagasan / masukan dari murid. Berdasarkan pertimbangan bahwa program ini akan akan berdampak positif pada pembentukan kepemimpinan pada murid maka pihak sekolah akan segera memfasilitasi untuk terlaksananya program baik ini.Â
Pembelajaran ( Finding )
Keterlibatan murid secara langsung mulai dari perencanaan akan membawa pembelajaran yang baik  bagi murid itu sendiri. Mereka akan lebih bertanggung jawab untuk keberhasilan dari pembelajaran ini. Pelibatan voice, Choice serta ownership murid akan mengembangkan kepemimpinan pada murid. Diharapkan juga dengan adanya dukungan dari lingkungan dan komunitas, akan semakin cepat dan mudahnya terbentuknya kepemimpinan murid.
Penerapan ke depan ( future )
Guru berperan sebagai fasilitator dan Coach yang memberikan pendampingan dari perencanaan, perancangan hingga pelaksanaan program ini.
Dukungan dari berbagai pihak akan semakin menguatkan ketercapaian program pemanfaatan IT secara maksimal dan kebermanfaatannya akan dirasakan oleh murid pada masa sekarang maupun masa yang akan datang.
KESIMPULAN
Sebuah program atau  jika  dalam perencanaan dan perancangan kegiatannya melibatkan voice, choice, dan ownership murid, serta memanfaatkan aset yang dimiliki oleh sekolah, akan menciptakan lingkungan yang dapat mendukung terwujudnya kepemimpinan pada murid ( Student Agency ).
Demikian Aksi Nyata yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Gumelem Kulon dengan Program Pemanfaatan IT melalui implementasi Tahapan  B  ( Buat Pertanyaan ) dan Tahapan A ( ambil Pelajaran ) berdasarkan Model Prakarsa Perubahan B- A- G- J- A.
Terimakasih.
.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H