Mohon tunggu...
LAYLATUL HISDA
LAYLATUL HISDA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Berita kegiatan selama perkuliahan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Numerasi dengan Permainan Edukatif di Fun Math Area (Area Matematika yang Menyenangkan) SD Negeri 4 Mataram

1 Juli 2024   19:04 Diperbarui: 1 Juli 2024   19:07 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Numerasi merupakan kemampuan dalam menggunakan, memahami, dan menginterpretasikan angka serta konsep matematika dalam berbagai situasi sehari-hari. Ini mencakup keterampilan dasar seperti menghitung, memahami pola, mengukur, serta memecahkan masalah yang melibatkan angka dan data. Numerasi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan pembelajaran lebih lanjut dalam bidang matematika.

Faktor yang mempengaruhi minat numerasi seseorang antara lain:

  • Lingkungan Keluarga: Dukungan dan keterlibatan orang tua.
  • Pengalaman Pendidikan: Metode pengajaran dan kualitas guru.
  • Motivasi Intrinsik: Ketertarikan pribadi dan tujuan belajar.
  • Relevansi Konteks: Keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Teman Sebaya: Dukungan dan pengaruh dari teman.
  • Sumber Belajar: Akses ke sumber yang mendukung pembelajaran.
  • Ketersediaan Permainan Edukatif: Penggunaan alat bantu belajar yang menarik.

Faktor-faktor ini dapat membentuk sikap dan minat seseorang terhadap numerasi.

Permainan  edukatif adalah metode yang melibatkan penggunaan berbagai permainan yang tujuannya mampu memberi nilai edukasi kepada penggunanya. Permainan yang bertujuan untuk menanamkan pengetahuan dan keterampilan tertentu disebut permainan edukatif. Tujuannya adalah untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Untuk mencapai tujuan ini, permainan ini sering mengandung elemen seperti teka-teki, tantangan, atau simulasi yang memungkinkan pemain belajar sambil bermain. Ini dapat mencakup berbagai bidang, seperti keterampilan sosial, matematika, sains, atau bahasa.

Fun Math Area (Area matematika yang menyenangkan) adalah Sebuah area dimana terdapat berbagai hiburan matematika seperti ular tangga dengan konsep matematika, susun balok dengan konsep penjumlahan, perkalian matematika. Permainan congklak yang mana mampu mengasah kemampuan berpikir. Permainan bola bekel yang mana mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal pembagian.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

SD negeri 4 Mataram merupakan salah satu Sekolah Dasar yang terakreditasi B di daerah Pegesangan Mataram-NTB. Sekolah ini terpilih sebagai tempat penugasan Kampus Mengajar Angkatan 7.  Berhubungan dengan visi dan misi dari program kampus mengajar Angkatan 7 yang salah satunya meningkatkan numerasi, terbentuklah sebuah area matematika yang menyenangkan (Fun Math Area) yang mana berisi berbagai permainan yang mampu meningkatkan numerasi peserata didik.

            Area ini setiap harinya selalu dikunjungin oleh peserta didik, untuk bermain dengan permainan yang telah disediakan. Peserta didik sering memainkan balok susun yang setiap baloknya terdapat soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Peserta didik dapat bermain sambil menguji kemampuan mereka dalam menyelesaikan setiap pertanyaan. Peserta didik yang gagal menyelesaikan pertanyaan akan kalah dan tidak akan melanjutkan ke permaian selanjutnya.

            Terdapat permainan tradisional yang sudah jarang ditemui lagi yaitu congklak. Permainan congklak adalah permainan tradisional yang dimainkan dengan papan berlubang dan biji-bijian. Biasanya terdiri dari dua baris lubang kecil dan dua lubang besar di ujungnya. Pemain bergiliran mengambil biji dari satu lubang dan menyebarkannya ke lubang-lubang lain. Tujuan permainan adalah mengumpulkan biji terbanyak di lubang besar milik masing-masing pemain. Congklak melatih keterampilan berhitung, strategi, dan perencanaan.

Terdapat permainan ular tangga, yaitu permainan papan klasik yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Tujuannya adalah mencapai kotak terakhir lebih cepat dari pemain lain. Papan permainan terdiri dari kotak-kotak bernomor, beberapa di antaranya terhubung dengan tangga (untuk maju) dan ular (untuk mundur). Pemain melempar dadu untuk menentukan jumlah langkah yang akan diambil. Permainan ini mengajarkan strategi, menghitung, dan keberuntungan.

            Selain dimanfaatkan untuk bermain siswa, area ini juga dapat dimanfaatkan guru untuk kegiatan pembelajaran. Karena konsep area ini adalah hiburan matematika dengan permainan, maka mampu meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Fun Math Area telah berjalan dengan baik dengan control petugas yang telah dibentuk dan bantuan pengawasan dari petugas perpustakaan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun