Mohon tunggu...
Laurencia Livia
Laurencia Livia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas AtmaJaya Yogyakarta

Hai! Terimakasih sudah membaca!✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Yuk, Simak Bagaimana Cara Chatime Mengelola Akun Instagramnya!

1 Desember 2021   12:30 Diperbarui: 1 Desember 2021   12:49 656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://foodspot.co.id/restaurant/chatime

Media sosial menjadi hal yang penting saat ini, khususnya bagi para pemilik bisnis kecil maupun besar. Artikel ini akan membahas mengenai pengelolaan media sosial sebuah brand minuman yaitu Chatime. 

Chatime merupakan salah satu brand minuman yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Chatime terkenal dengan minuman boba berbasis milk tea yang berasal dari taiwan. Di Indonesia, Chatime berada di bawah payung Kawan Lama group. 

Nama Chatime sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena outlet nya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai sebuah brand yang cukup besar, pengelolaan sosial media menjadi hal yang penting. Dengan pengelolaan sosial media yang baik, maka akan mempengaruhi konsumen dan juga penjualan.

Chatime memiliki berbagai media sosial, website, dan juga aplikasi tersendiri untuk konsumen yang ingin membeli produk Chatime. Salah satu media sosial yang dimiliki Chatime adalah Instagram. 

Instagram Chatime memiliki 673.000 pengikut dengan 2.428 postingan. Dalam pengelolaan media sosialnya, Chatime memanfaatkan seluruh fitur Instagram dengan baik. Untuk postingan di feeds, Chatime rutin mengunggah konten dengan tone warna yang sama sehingga feeds Instagram menjadi lebih rapi ketika dilihat secara keseluruhan. Ketika ada sebuah produk baru, konten Chatime akan mengikuti key color dari produk baru tersebut pada semua konten yang diunggah di media sosialnya. 

Sumber: https://www.momsmoney.id/news/baru-promo-chatime-x-minions-ada-minuman-sampai-merchandise-lucu
Sumber: https://www.momsmoney.id/news/baru-promo-chatime-x-minions-ada-minuman-sampai-merchandise-lucu

Disetiap postingan feedsnya, terdapat komentar dari para pengikutnya. Komentar tersebut berkaitan dengan pendapat dari pengikut akun Chatime, keluhan konsumen terkait pelayanan maupun produk Chatime, permintaan konsumen terkait apa yang harus dilakukan Chatime. Kolom komentar tersebut sangat membantu Chatime dalam meningkatkan brand serta mengetahui keinginan konsumen. 

Tanggapan yang diberikan oleh admin akun IG Chatime terkait komentar pengguna lain cukup baik dan ramah. Hal tersebut menjadi nilai plus di mata para pengguna instagram lain maupun konsumen Chatime.

Tidak hanya feeds, Chatime juga menggunakan fitur reels yang merupakan fitur baru di Instagram. Fitur reels merupakan fitur untuk mengunggah video singkat berdurasi tidak lebih dari 1 menit. 

Chatime menggunakan fitur tersebut dengan baik, terbukti dari jumlah postingan reels instagram Chatime yaitu sebanyak 23 postingan dan lebih dari setengahnya memiliki views lebih dari 1,000 dan bahkan mencapai 140,000 views. 

Beralih ke fitur selanjutnya yaitu yaitu fitur IGTv. Melalui fitur IGTv tersebut Chatime dapat mengunggah konten berupa video dengan durasi yang tidak terbatas. Artinya, tidak ada batasan dalam mengunggah konten IGTv, tidak seperti fitur reels yang hanya bisa 60 detik saja. 

Chatime sangat baik dalam memanfaatkan fitur ini, terbukti dari banyaknya konten yang telah diunggah. Hampir setiap moment, Chatime menggunakan fitur IGTv dalam pembuatan kontennya. Konsep yang diangkat dalam pembuatan kontennya oun cukup menarik dan tidak membosankan, sehingga dapat menarik perhatian pengikut akun Chatime maupun pengguna lain. 

Fitur Instagram Story juga digunakan oleh Chatime untuk membuat akun instagramnya terlihat aktif dan berinteraksi kepada para pengikutnya. Dalam fitur IG Story, Chatime seringkali mengunggah konten foto, video, maupun melakukan repost IG Story miliki para pengikutnya. Chatime seringkali melakukan repost story agar terdapat interaksi dengan para pengikut akun instagramnya dan supaya pengikutnya merasa dekat dengan Chatime. 

Berkaitan dengan fitur IG Story, terdapat fitur highlights yang dapat menyimpan dan mengelompokkan IG Story yang telah diunggah oleh Chatime. Fitur Highlights tersebut menjadi salah satu portfolio bagi Chatime, sehingga pengikut baru akun Chatime tetap dapat melihat unggahan konten IG Story Chatime meskipun sudah lama berlalu. 

Sebagai sebuah brand yang cukup besar, Chatime sangat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk berkomunikasi dengan konsumen maupun seluruh pengguna Instagram. Terlebih lagi, saat ini media sosial menjadi sangat penting bagi masyarakat untuk mendapatkan seluruh informasi dengan mudah dan cepat. Good Job, Chatime!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun