Mohon tunggu...
Laurencia Livia
Laurencia Livia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas AtmaJaya Yogyakarta

Hai! Terimakasih sudah membaca!✨

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mengenal Perbedaan SEO dan SEM dalam Penulisan Digital

6 Oktober 2021   11:10 Diperbarui: 6 Oktober 2021   11:22 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: https://ukmindonesia.id

Anda sering membuat artikel tapi jumlah viewers masih saja sedikit? SEO dan SEM adalah jawabannya. Yuk pelajari lebih dalam mengenai apa itu SEO dan SEM serta perbedaannya!

Saat ini, sudah banyak sekali masyarakat yang beralih ke ranah digital, termasuk dalam hal menulis. Dulu, informasi tersebar melalui koran, radio, atau televisi dan masyarakat hanya bisa menyalurkan hobi menulisnya melalui buku harian atau selembar kertas. 

Berbeda dengan sekarang, di mana masyarakat mendapatkan informasi lebih banyak melalui internet serta dapat menyalurkan hobi menulisnya melalui web ataupun blog. 

Hal tersebut membuat persaingan dalam dunia digital semakin ketat. Setiap orang berlomba-lomba agar tulisannya dapat dilihat oleh banyak orang. Maka, penting untuk mengetahui SEO dan SEM sebagai seorang penulis. 

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah sebuah proses dalam pengelolaan website guna menaikkan posisi web dalam mesin pencarian seperti google agar web tersebut lebih sering muncul dan dikunjungi pembaca. Untuk itu, diperlukkan beberapa tips agar tulisan di web dapat muncul di paling atas, yaitu:

  1. Judul web yang menarik 

  2. Gunakan kata kunci dalam judul tulisan

  3. Mencantumkan ringkasan tulisan dengan jelas dan menarik 

  4. Menyertakan gambar menarik dan relevan serta deskripsi singkat mengenai gambar tersebut

  5. Menyertakan tautan internal pada paragraf awal tulisan 

  6. Ketepatan waktu dalam mengunggah tulisan di web

  7. Mengoptimalkan traffic tulisan di luar web dengan membagikan tautan tulisan tersebut melalui platform lain agar dapat menjangkau lebih banyak pembaca

Search Engine Marketing (SEM)

SEM memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan SEO, yang membedakan hanyalah teknik SEM membutuhkan biaya untuk memasarkan tulisan. SEM termasuk ke dalam salah satu pilar pemasaran digital yang bertujuan untuk mendapatkan visibilitas ketika masyarakat melakukan pencarian. 

Munculnya ads atau iklan menjadi tanda dari teknik SEM, maka dari itu dibutuhkan sasaran audiens untuk memasarkan tulisan atau produk dalam internet. Iklan tersebut dapat diwujudkan melalui google ads dan google keyword planner

Tentunya, teknik SEM ini lebih cocok digunakan dalam ranah bisnis karena teknik SEM akan menjangkau audiens dengan tepat dan juga lebih banyak. Tarif iklan yang ditampilkan dihitung dengan sistem pay per click  yang artinya dihitung dari jumlah audiens yang mengunjungi halaman web tersebut. 

Jika dibandingkan dengan teknik SEO tentu saja teknik SEM akan lebih efisien dan memiliki pengaruh yang lebih besar. Namun, tetap saja disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun