Anda sering membuat artikel tapi jumlah viewers masih saja sedikit? SEO dan SEM adalah jawabannya. Yuk pelajari lebih dalam mengenai apa itu SEO dan SEM serta perbedaannya!
Saat ini, sudah banyak sekali masyarakat yang beralih ke ranah digital, termasuk dalam hal menulis. Dulu, informasi tersebar melalui koran, radio, atau televisi dan masyarakat hanya bisa menyalurkan hobi menulisnya melalui buku harian atau selembar kertas.
Berbeda dengan sekarang, di mana masyarakat mendapatkan informasi lebih banyak melalui internet serta dapat menyalurkan hobi menulisnya melalui web ataupun blog.
Hal tersebut membuat persaingan dalam dunia digital semakin ketat. Setiap orang berlomba-lomba agar tulisannya dapat dilihat oleh banyak orang. Maka, penting untuk mengetahui SEO dan SEM sebagai seorang penulis.
Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah sebuah proses dalam pengelolaan website guna menaikkan posisi web dalam mesin pencarian seperti google agar web tersebut lebih sering muncul dan dikunjungi pembaca. Untuk itu, diperlukkan beberapa tips agar tulisan di web dapat muncul di paling atas, yaitu:
Judul web yang menarik
Gunakan kata kunci dalam judul tulisan
Mencantumkan ringkasan tulisan dengan jelas dan menarik
Menyertakan gambar menarik dan relevan serta deskripsi singkat mengenai gambar tersebut
Menyertakan tautan internal pada paragraf awal tulisan
Ketepatan waktu dalam mengunggah tulisan di web
Mengoptimalkan traffic tulisan di luar web dengan membagikan tautan tulisan tersebut melalui platform lain agar dapat menjangkau lebih banyak pembaca
Search Engine Marketing (SEM)
SEM memiliki kegunaan yang tidak jauh berbeda dengan SEO, yang membedakan hanyalah teknik SEM membutuhkan biaya untuk memasarkan tulisan. SEM termasuk ke dalam salah satu pilar pemasaran digital yang bertujuan untuk mendapatkan visibilitas ketika masyarakat melakukan pencarian.
Munculnya ads atau iklan menjadi tanda dari teknik SEM, maka dari itu dibutuhkan sasaran audiens untuk memasarkan tulisan atau produk dalam internet. Iklan tersebut dapat diwujudkan melalui google ads dan google keyword planner.
Tentunya, teknik SEM ini lebih cocok digunakan dalam ranah bisnis karena teknik SEM akan menjangkau audiens dengan tepat dan juga lebih banyak. Tarif iklan yang ditampilkan dihitung dengan sistem pay per click yang artinya dihitung dari jumlah audiens yang mengunjungi halaman web tersebut.
Jika dibandingkan dengan teknik SEO tentu saja teknik SEM akan lebih efisien dan memiliki pengaruh yang lebih besar. Namun, tetap saja disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H