Mohon tunggu...
Laura Kopi
Laura Kopi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Peluang Usaha Kopi yang Menggiurkan

13 Oktober 2016   17:12 Diperbarui: 13 Oktober 2016   17:25 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sasaran usaha kopi sangatlah Berpotensi. Mulai tingkat anak muda yang hobi duduk-duduk dijalan, eksekutif kantoran, masyarakat keatas, kebanyakan dari mereka sangatlah menyukai untuk menikmati secangkir kopi sambil mendiskusikan urusan mereka. Kelompok menengah ke bawah semisal buruh dan karyawan biasa juga hobi minum secangkir kopi sambil membicarakan hal yang mereka inginkan, contohnya masalah bisnis. Minimalnya terdapat 11 tahapan yang sebaiknya anda pertimbangkan untuk memasuki bisnis kopi. Perhatikan baik-baik sebelas indikator di bawah ini.

1. Sasaran Pasar

Anda harus memikirkan masak-masak kepada siapa target pasar anda. Siapa target utama bisnis kopi ini? Berapakah penghasilannya? Bagaimana pemikiran mereka semua berkenaan dengan rasa suatu kopi? Golongan apakah mereka? Mahasiswa, buruh bangunan, kaum borjuis yang suka duduk di warung kopi, pejabat kantor, ataukah para pecinta kopi? Menyelidiki konsumen bisa membantu anda dalam merencanakan teknik berikutnya. Contohnya tempat yang strategis, atau harga yang tepat untuk kopi anda. Apabila biaya yang anda punya sedikit dan target pasar anda adalah kelas menengah ke atas, anda bisa bekerja sama dengan sahabat maupun donatur yang bisa mendanai usaha kopi anda. Langkah mudah menemukan investor adalah dengan cara menghadiri kegiatan-kegiatan business plan competition yang diadakan oleh banyak lembaga. Apabila juara, anda akan mendapat pendanaan secara gratis.

2. Tempat Bisnis Kopi

Anda baiknya menentukan lokasi yang paling strategis untuk merintis bisnis kopi. Lokasi merupakan penentu keberhasilan di dalam perjalanan usaha. Contohnya saja anda ingin menggunakan strategi warung kopi sederhana, baiknya anda menentukan lokasi yang dekat dengan masyarakat ramai. Begitu pun jika anda ingin menentukan strategi bisnis kopi dengan kafe. Ada baiknya untuk memilih lokasi yang dekat dengan universitas, supermarket, sekolahan, perkantoran, dll. Jangan membuat warung kopi megah di sekitar pasar kecil yang sangat kotor, pelanggan anda tidak akan suka pada kopi tersebut karena biayanya mahal. Begitu pula, sebaiknya jangan membuka bisnis kopi kecil-kecilan di tengah kota. Masyarakat yang berada di daerah situ sulit untuk tertarik untuk melihat warung kopi anda.

3. Menentukan Supplier

Ini merupakan langkah yang krusial, yang sering di anggap sepele. Apabila anda menjual kopi dengan sasaran pasar kelas ekonomi bawah. Anda tidak perlu kawatir mencari produsen, di pasar tradisional cukup melimpah pedagang kopi. Beda lagi jika sasaran anda ialah golongan ekonomi ke atas. Jika anda berencana mempunyai pendapatan besar perharinya, anda harus menarget pasar kopi ini. Mereka ikhlas mengeluarkan biaya yang tinggi, oleh karena itu konsumen anda pantas menikmati kopi terbaik yang pernah ada. Anda bisa saja bersafar ke banyak lokasi untuk mencari kopi yang tepat. Jalanilah, hal tersebut adalah biaya uji coba yang sebaiknya anda kerjakan.

4. Perencanaan Usaha

Strategi pertama untuk bisnis kopi begitu diperlukan sebagai landasan kesuksesan bisnis kopi yang bakal anda tekuni. Dengan memiliki strategi yang kuat, pastinya anda bakal mudah di dalam menjalankan usaha kopi ini. Cita rasa kopi yang nikmat memang sangat melekat pada jiwa kebanyakan orang secara luas, anda pun bisa mengatur tatanan bisnis kopi ini.

5. Khasiat Kopi

Begitu banyak manfaat kopi yang baik untuk kesehatan. Seperti pencegah banyak penyakit, seperti kanker payudara, jantung, diabetes, mengurangi sakit kepala, dan lain sebagainya. Pengetahuan perlu anda miliki agar lebih memahami bagian positif dari kopi ini, dengan rasa berbeda, kopi akan menjadi kesukaan untuk konsumen.

6. Menu Kopi

Tidak kalah penting bagi anda memulai usaha kopi dengan merancang menu ragam kopi yang anda sajikan. Tersedianya berbagai jenis kopi, misalnya leptin green coffee 1000, dan kopi lainnya,  maka akan mempunyai keunggulan khas tentang usaha kopi anda. Misalnya dengan menyediakan pilihan kopi yang dilengkapi berbagai macam aroma, hal tersebut akan menambahkan kenikmatan yang unik jika anda memberikan menu kopi dengan rasa caramel.

7. Karyawan

Pegawai pun mempengaruhi arah bisnis anda, maka bukan salahnya bila anda menyeleksi anak buah yang dekat dengan kehidupan anda dan mereka yang masih memiliki hubungan keluarga dengan anda. Faktor tersebut akan mempengaruhi kematangan, dan potensi diri mereka. Demikian pula dengan konsep untuk karyawan pun baiknya anda hadirkan. Berlandaskan strategi anak buah yang tepat, seperti pakaian serta bentuk keramahan kepada konsumen, maka akan menimbulkan kesan tersendiri dari sebagian besar pembeli pada usaha kopi anda.

8. Perizinan Usaha

Perizinan usaha sangat penting untuk menentukan kelegalan bisnis yang anda jalankan. Selain itu, dengan perizinan, maka anda akan bertambah mudah di dalam menjalankan atau memperluas bisnis kopi anda.

9. Servis Menyenangkan

Konsisten memberikan pelayanan baik dan memuaskan akan sangat membantu anda ketika menjalankan usaha. Yang demikian tentu menjadi sisi positif yang cukup susah untuk didapatkan oleh pelanggan dari usaha kopi lainnya. Jadikan perdagangan kopi anda sebagai suatu usaha yang memiliki tata krama, karena ini bakal menyebabkan timbal balik yang baik dari para konsumen. Ditambah servis yang bagus dan menyenangkan, anda pun harus memperhatikan kebersihan dari lokasi yang anda tempati sebagai bisnis kopi tersebut.

10. Strategi Tambahan

Tidak ada masalah apabila anda mempunyai strategi tambahan untuk menjalankan bisnis kopi anda. Misalnya dengan melengkapinya dengan bermacam-macam jenis hidangan yang nikmat sebagai teman di saat menyeduh kopi. Jika demikian konsumen akan merasa dimanjakan dengan pelayanan yang sederhana. 

11. Strategi Pemasaran

Anda bisa melakukan cara online maupun non online. Apabila anda telah menjalankan konsep bisnis non online, jadi anda dapat memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis kopi anda secara online. Jadi akan semakin banyak yang mengetahui bisnis kopi yang anda jalankan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun