Revolusi industri 4.0 yang sedang berjalan saat ini telah membuat perubahan yang besar pada hampir segala bidang kehidupan, tak terkecuali di ranah bisnis. Tren dan peluang bisnis di era digitalisasi pun turut berkembang pesat. Maka dari itu, penting bagi para pelaku usaha untuk segera beralih dan memanfaatkan pemasaran produk secara digital, yang biasa disebut dengan digital marketing.
Apa itu digital marketing?
Digital marketing atau pemasaran digital adalah sebuah strategi dan usaha untuk memasarkan ataupun mempromosikan sebuah produk dari suatu brand dengan tujuan meningkatkan penjualan produk tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi, digital marketing sudah banyak dilakukan oleh perusahaan berskala besar maupun usaha-usaha kecil atau small business, lho. Selain itu, menurut Kumparan, digital marketing dinilai sangat efektif dalam menjangkau target konsumen karena strategi pemasaran ini dilakukan melalui internet, yang tentunya bisa menjangkau calon pembeli dengan lebih cepat, luas, dan masif.
Agar bisnis bisa berjalan dan berkembang dengan baik, pelaku usaha wajib tahu bagaimana cara untuk menerapkan digital marketing dengan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menguasai strategi-strategi penting dalam dunia pemasaran digital. Apa saja? Simak 4 strategi digital marketing di bawah ini, yuk!
Sebagai pengguna aktif internet, tentunya kamu pernah melihat suatu produk yang bermunculan di berbagai media sosial saat ini, kan? Nah, hal itu termasuk salah contoh strategi digital marketing yang biasa disebut dengan social media marketing. Social media marketing merupakan bentuk pemasaran yang digunakan untuk menciptakan kesadaran, pengakuan, ingatan, serta tindakan terhadap sebuah brand ataupun produk secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan situs jejaring sosial. Social media marketing bisa membantu pelaku usaha untuk menjalin interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah karena dilakukan secara online. Dengan strategi ini, biaya yang perlu dikeluarkan juga menjadi lebih sedikit. Selain penjualan produk, kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dengan menguasai skill pemasaran lewat media sosial.
2. Â Content Marketing
Content marketing atau pemasaran konten adalah bentuk pemasaran yang berfokus dalam membuat dan menerbitkan konten dalam bentuk teks, audio, video, maupun multimedia yang relevan dengan audiens yang ditargetkan dan didistribusikan secara online, dengan tujuan mengonversi mereka menjadi pelanggan. Dalam melakukan content marketing, pelaku usaha harus mengetahui terlebih dahulu apa tujuan dari pemasaran konten yang dibuat. Lalu, mengenali target audiens juga sangat penting agar konten yang dibuat menjadi tepat sasaran. Kunci utama dalam content marketing adalah pembuatan konten yang relevan, penting, serta konsisten demi terciptanya relasi yang kuat dengan para audiens. Lalu, kira-kira apa saja contoh dari content marketing? Kamu bisa membuat infografik di media sosial seperti Instagram, artikel di blog atau website, ataupun video sebagai bentuk pemasaran konten atas produk atau jasa yang ingin dipromosikan.
Kata influencer mungkin sudah sering terdengar belakangan ini, khususnya di media sosial. Influencer adalah seseorang yang dinilai bisa memberikan pengaruh besar bagi masyarakat. Di zaman sekarang, bekerja sama dengan influencer sudah marak dilakukan oleh banyak pelaku usaha. Jenis pemasaran ini dinamakan dengan influencer marketing.
Influencer marketing adalah jenis pemasaran yang melibatkan influencer untuk mempromosikan suatu produk atau jasa dari sebuah brand. Biasanya, influencer berasal dari kalangan artis atau publik figur yang memiliki jumlah pengikut banyak di media sosial. Dengan menggaet influencer, ternyata jenis pemasaran yang satu ini dinilai cukup menjanjikan, lho. Yang perlu diperhatikan sebelum bekerja sama dengan seorang influencer adalah kamu harus mengenali karakteristik atau persona dari influencer tersebut, begitu juga dengan pengikutnya. Jika cocok dengan produk yang ingin dipromosikan, maka strategi ini berpeluang mendatangkan lebih banyak konsumen untuk bisnismu.
4. Paid Digital Advertising
Iklan merupakan hal yang tidak asing lagi di dalam dunia bisnis. Lewat iklan, sebuah brand atau produk bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Namun di era digital ini, dunia periklanan tidak lagi terbatas pada iklan di koran atau televisi saja. Sekarang, industri periklanan pun sudah bergerak secara online, atau bisa disebut dengan paid digital advertising (layanan iklan berbayar). Hampir setiap platform media sosial telah menyediakan layanan paid digital advertising, lho, sebut saja Google, Facebook, Instagram, bahkan YouTube. Selain bisa memilih untuk beriklan di berbagai platform media sosial, dengan beriklan secara online, kamu juga bisa mengatur bagaimana target iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
Yuk, mulai belajar menguasai dan segera terapkan keempat strategi digital marketing di atas supaya bisnis makin sukses. Tetap semangat mengembangkan bisnismu, ya!
Penulis: Rismawardani NoorizaÂ
Editor: Samantha Yohana Blessya
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H