JNE, jasa kurir favorit masyarakat Indonesia kembali mendapat anugerah penghargaan dari ajang bergengsi. JNE memperoleh penghargaan dari Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service. Ajang penghargaan ini diselenggarakan oleh Markplus Inc. Tentunya kabar baik ini membawa dampak positif bagi citra JNE di mata masyarakat.
Sebelumnya Markplus Insight, salah satu divisi Markplus Inc menyelenggarakan survey Indonesia WOW Brand 2023. Dalam survei ini ada 6.584 responden yang  ada di berbagai kota besar di Indonesia. Markplus Insight dalam survei menggunakan konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing. Nah, hasil survei itulah yang menentukan brand-brand terpilih untuk mendapatkan penghargaan Indonesia WOW Brand 2023.
JNE berhasil menyabet penghargaan bergengsi ini karena sudah menerapkan WOW Marketing dengan skor rasio advokasi merek dan memiliki tingkat awareness tertinggi dibandingkan dengan merek-merek pesaingnya. JNE menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Jacky Mussry, Chief Executive Officer MarkPlus Inc pada tanggal 11 Mei 2023. Sementara pihak JNE diwakili oleh Kurnia Nugraha, Head of Media Relation untuk menerima penghargaan tersebut di Hotel The Westin, Jakarta.
Dengan konsep WOW Marketing, JNE mampu mempengaruhi pelanggan untuk mengambil keputusan berdasarkan dorongan sosial. Padahal sebelumnya masyarakat cenderung mengambil keputusan dari pengaruh diri sendiri. Oleh karena itu JNE dan masyarakat saling terhubung dengan lebih baik atau dengan kata lain konektivitasnya lebih tinggi.
Jika menilik fakta yang ada, pelanggan masa kini memang cenderung terpengaruh oleh dorongan sosial, misalnya dengan testimoni, bukan hanya promosi brand saja. Kekuatan testimoni atau pengalaman pelanggan lainnya dinilai lebih realistis dibandingkan dengan klaim dari brand itu sendiri. Dengan demikian, pelanggan lebih terpengaruh secara sosial. Di sisi lain dorongan diri sendiri dalam pengambilan keputusan menggunakan jasa suatu brand juga terbilang semu. Individu yang belum pernah menggunakan jasa tersebut hanya akan berasumsi apakah jasa itu berkualitas atau tidak.
MarkPlus Inc juga mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast dengan tema "Branding for the game Charger". Conference ini digelar untuk ke-delapan kalinya yang dihadiri oleh sekira 400 brand enthusiast dari 300 brand terbaik di Indonesia. Event ini tentunya sangat bermanfaat bagi para brand enthusiast yang ingin mengembangkan pola pikirnya, khususnya dalam bidang marketing.
Conference pemasaran ini diisi oleh pembicara ternama brand expert yang memaparkan konsep brand secara kekinian. Dalam kesempatan ini JNE juga memberikan pemaparan  mengenai "Boost Affinity by Brand Collaboration". Para brand enthusiast akan mendapatkan ilmu lengkap tentang strategi JNE dalam mendukung kolaborasi brand, baik secara internal maupun eksternal. Pemaparan ini dibawakan langsung oleh Kurnia Nugraha yang sehari-harinya terjun dalam dunia kolaborasi. Tak heran jika materi yang disampaikan berkualitas karena berasal dari pengalaman dan fakta lapangan.
"Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada MarkPlus Inc dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service," kata Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE yang tak hentinya bersyukur atas anugerah yang didapatkan awal tahun ini.
Komitmen JNE dengan tagline "Connecting Happiness" sudah berkibar selama 33 tahun. Selama ini JNE menjadi andalan masyarakat dalam hal distribusi barang hingga ke pelosok negeri. Beragam dampak positif diciptakan dari kinerja seluruh lapisan divisi dalam lingkup JNE, misalnya:
Perekonomian masyarakat tumbuh dengan meningkatnya jual beli online
Hubungan persaudaraan dan silaturahmi masyarakat semakin dekat dengan adanya jasa pengiriman yang menjangkau area seluruh Indonesia
Peluang bisnis berbagai perusahaan makin masif dengan sarana jasa pengiriman ekspress ke seluruh wilayah di Indonesia
Instansi pemerintah dan swasta makin mudah memaksimalkan administrasi dengan pengiriman dokumen yang lancar lewat JNE
Ribuan tenaga kerja terserap di dalam negeri sendiri dengan kualitas imbal hasil kesejahteraan
Sebagai informasi, JNE berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan distribusi. JNE juga memperluas bidang usahanya di bidang jada pengiriman makanan khas daerah, jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang. Namun di tahun 2012 JNE memisahkan divisi logistic dan menjadi unit tersendiri.Â
Selanjutnya di tahun 2013 JNE sudah fokus pada layanan pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Tak berhenti sampai di situ, JNE mempersiapkan E-commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Application di tahun 2014 lalu. Kini JNE sudah memiliki 7000 outlet dan 250 kantor operasional di seluruh Indonesia.
Bertepatan dengan WOW Brand Festive Day 2023, Kurnia juga menyampaikan bahwa JNE didirikan dengan tujuan utama agar membawa manfaat bagi banyak orang. JNE berharap bisa menjadi Connecting Happiness bagi kalangan internal perusahaan dan eksternal atau masyarakat umum. Oleh karena itu, penghargaan Gold Champion ini menjadi motivasi bagi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus memberikan layanan prima dan berkomitmen untuk terus berinovasi serta mengembangkan bisnisnya.
"Kami berharap berbagai program dan Langkah JNE dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas," tutup Kurnia Nugraha.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H