Mohon tunggu...
Lathifa Azzahra
Lathifa Azzahra Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Halo, perkenalkan saya lathifa azzahra. Saya merupakan mahasiswa dari Universitas Pamulang. Tujuan saya membuat akun ini untuk memberikan sedikit informasi mengenai komunikasi dalam berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Presentasi Bisnis

28 November 2024   11:34 Diperbarui: 28 November 2024   11:35 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
              (sumber foto: modul komunikasi bisnis)

1. Analisa Bahasa Tubuh 

 Gerakan tubuh (bahasa tubuh) yang dilakukan oleh pembicara dalam presentasi bisnis adalah bentuk komunikasi non-verbal. Berikut ini adalah gerakan umum ketika pembicara memberikan presentasi:

a. Ekspresi wajah

Ekspresi wajah adalah salah satu bahasa tubuh yang dapat memberi makna pada kebahagiaan, kesedihan, pemarah, atau kemarahan. Wajah bisa mengekspresikan emosinya dengan polos. Karena itu, ketika membuat presentasi bisnis, pembicara perlu berlatih bagaimana menampilkan ekspresi wajah untuk mengekspresikan kegembiraan, kesedihan, atau kemarahan untuk sesuatu.

b. Senyum Dalam Presentasi Bisnis, 

senyum polos, jujur dan tidak tersenyum memberikan kesan yang lebih intim dan dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens. Pencari kerja yang tersenyum saat wawancara kerja lebih mungkin diterima daripada pencari kerja yang selalu cemberut, karena lingkungan kerja yang baik diwujudkan ketika karyawan tersenyum.

c. Kontak Mata

 Kontak mata yang efektif dan efisien adalah ciri profesionalisme pembicara. Dalam beberapa menit pertama presentasi bisnis, kontak mata sangat penting untuk keberhasilan presentasi Anda. Saat melakukan presentasi bisnis, perhatikan dengan cermat pada audiens dan lihat secara merata, tanpa memperhatikan aspek tertentu dari orang atau ruangan tersebut. Mata audiensi dari seluruh audiens menunjukkan bahwa semua audiens menginginkan perhatian yang sama.

d. Gerakan Tangan

Gerakan tangan dalam membuat presentasi bisnis membantu pembicara untuk membuat topik tertentu lebih persuasif dan diperkuat. Gerakan tangan yang dilakukan pembicara selama presentasi bisnis bervariasi tergantung pada tujuannya. Misalnya, seorang pembicara dapat bergerak dengan jujur atau terbuka untuk menunjukkan bahwa ia terbuka, meremas tangannya ketika mengangkat untuk menunjukkan pernyataan atau kebundaran suatu gagasan, meletakkan tangannya di sakunya atau bersantai atau bersantai Menunjukkan terlalu banyak.

e. Gerakan Bahu

Pergerakan bahu pembicara selama presentasi bisnis untuk menunjukkan kepercayaan diri atau menyerah. Gerakan bahu dengan head-up menunjukkan sikap yang percaya diri atau siap tampil. Posisi kepala turun setelah bahu menggantung tidak terlalu bergairah dan tidak siap atau menyerah.

f. Gerakan Kepala

Gerakan kepala pembicara dapat digunakan untuk menunjukkan sikap menerima atau menolak sesuatu. Misalnya, seorang pembicara mengangguk untuk menunjukkan apa yang mereka setujui atau apa yang mereka lakukan. Sebaliknya, pembicara menggelengkan kepalanya untuk menunjukkan ketidaksetujuan atau menolak sesuatu.

g. Bagaimana Cara Berdiri

Memberikan presentasi bisnis sangat positif karena membuat Anda berdiri tegak dan meningkatkan pernapasan. Pembicara di depan hadirin adalah salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan presentasi bisnis. Silakan berdiri sedikit ke depan, buka tangan Anda dan jangan membungkuk.

2. Ulasan Lokasi

Lokasi ulasan pembicara adalah salah satu faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membuat presentasi bisnis. Dalam banyak kasus, pembicara akan memasuki ruang presentasi bisnis tanpa ulasan sebelumnya. Ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan presentasi bisnis yang lancar. Misalnya, menyediakan sistem suara termasuk mikrofon, mengoperasikan alat presentasi visual untuk bisnis, seperti proyektor overhead, proyektor LCD, atau VCR. Berbagai jenis presentasi bisnis memiliki merek yang berbeda, sehingga lokasi tombol untuk menghidupkan dan mematikan dan tombol untuk fokus pada gambar dll. Juga berbeda. Selain mengetahui lokasi dukungan presentasi bisnis, ulasan lokasi termasuk tempat duduk dan tata letak, AC, pencahayaan kamar, podium, lokasi layar, lokasi proyektor, dan banyak lagi.

3. Praktik Presentasi Bisnis

Agar presentasi bisnis pembicara mencapai tujuannya, penting untuk mempertimbangkan hal berikut:

a. Identifikasi Pemirsa

Langkah pertama yang harus dipertimbangkan ketika melakukan presentasi bisnis adalah mengidentifikasi audiens Anda Kirim umpan balik. SejarahMempersiapkan pikiran utama. Selain menganalisis siapa audiensnya, langkah selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah menyiapkan poin-poin penting yang akan dikomunikasikan dalam presentasi bisnis. Dalam hal ini, apa yang perlu Anda sampaikan dalam presentasi bisnis. Dengan kata lain, ide-ide ini bersifat global atau umum dan membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

b. Tulis Teks lengkap

Setelah Anda memiliki poin yang perlu Anda sampaikan dalam presentasi bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah mengembangkan ide-ide ini secara lebih rinci. Akibatnya, Naka / Teks selesai dan hanya disediakan di forum. Persiapan teks yang lengkap membuat pembaca percaya diri. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana mengirimkan materi kepada pemirsa Anda dengan cara yang menarik dan tidak membosankan.

c. Siapkan Ringkasan Untuk Terjemahan

Selain menyiapkan teks lengkap, alternatifnya adalah membuat garis besar atau ringkasan naskah dalam garis besar. Ringkasan harus menyertakan poin-poin penting untuk disampaikan dan bahkan subtitle dapat dibuat. 

Anda dapat melakukan ini jika pembicara Anda termasuk seseorang yang memiliki pengalaman cukup berinteraksi dengan masyarakat umum, bukan pemula atau mereka yang masih belajar. Ringkasan terjemahan biasanya berisi tentang pokok -- pokok pikiran yang termuat dalam sebuah bahan presentasi dan biasanya pokok -- pokok tersebut dibuat dalam bentuk ringkasan atau keranga berpikir atau pohon ide yang dalam pembuatannya dibuat seperti kunci utama dalam presentasi.


d. Tulis di Kertas Ukuran Kartu Pos

Cara terakhir untuk menyiapkan presentasi bisnis adalah menuliskan poinpoin penting untuk disampaikan pada kertas berukuran kartu pos. Ini dapat dilakukan terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman menyampaikan presentasi kepada audiens. Metode ini adalah yang paling praktis dan sederhana dan terkesan informal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun