Jadi pada artikel ini saya ingin membahas tentang perspektif atau sudut pandang dari sebuah Sistem Pengendalian Manajemen Perusahaan.
Sistem pengendalian manajemen merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dengan adanya sistem ini, maka sebuah perusahaan memiliki potensi untuk terus berkembang.Â
Begitu pun sebaliknya, jika suatu perusahaan tidak memiliki sistem pengendalian manajemen yang baik, maka perusahaan tersebut tidak akan berjalan. dengan baik.
Definisi Sistem Pengendalian Manajemen
Menyadur modul yang ditulis Primanita Setyono berjudul Karakteristik Sistem Pengendalian Manajemen, sistem pengendalian manajemen merupakan suatu sistem yang digunakan dalam manajemen untuk mengendalikan organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai.
Profil Sejarah Singkat Perusahaan
PT. Padasa Enam Utama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.Â
Perkebunan Kelapa Sawit dan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yang berdiri sejak tahun 1990 dan merupakan penanaman modal dalam negeri yang investasi pembangunan pabrik dan perkebunan pada awalnya menggunakan fasilitas perkebunan besar swasta nasional.
Strategi pemasaran merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan. PT. Padasa Enam Utama sebagai perusahaan yang mempunyai visi dan misi sudah seharusnya merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk usaha pemasaran minyak kelapa sawit ini.
Persaingan yang semakin ketat menyebabkan tidak sedikit perusahaan yang gagal dan bangkrut karena ketidak mampuannya dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengendalikan strategi pemasaran yang tepat.
PT. Padasa Enam Utama memiliki peluang dan ancaman dalam menjalankan proses bisnisnya. Hal ini akan diketahui melalui proses identifikasi kekuatan dan kelemahan dari internal perusahaan.
Penilaian terhadap faktor-faktor internal saja tidaklah cukup untuk merumuskan strategi pemasaran dalam rangka mencapai visi perusahaan. Oleh karena itu penilaian terhadap faktor-faktor eksternal juga diperlukan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman perusahaan yang terus berubah.
Dengan adanya Sistem Pengendalian Manajemen ini dapat memperkuat pola kerja sama dengan perusahaan BUMN maupun swasta dalam menjalankan strategi pemasaran yang ada khususnya dalam mengembangkan pasar dan pengembangan produk yang ada.Â
Lasmaria Trianti Sianturi, Mahasiswi S1 Akuntansi, Universitas Pamulang.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H