Mohon tunggu...
Edo Pratama
Edo Pratama Mohon Tunggu... -

Kayumakmur.com | Mahapromosi.com | Promosigerilya.com | Menggapai Cita Menebar Asa

Selanjutnya

Tutup

Money

12 Konsep Dasar Membangun Bisnis

17 Februari 2014   04:19 Diperbarui: 4 April 2017   16:54 10238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Intro : artikel ini sebelumnya pernah saya posting di promosigerilya.com, dan karena saya ingin banyak teman-teman lain yang bisa mengambil manfaat dari tulisan ini, akhirnya saya putuskan untuk mempostingnya di kompasiana.

Kalo didunia fitnes ada yang namanya body building, maka di dunia bisnis ada yang namanya business building (istilah bikinan saya sendiri :D). Strategi business building sangatlah diperlukan, karena apabila kita membangun bisnis tanpa pondasi yang kuat maka dapat dipastikan bisnis tersebut akan sangat mudah goyah dan tidak tau akan berjalan ke arah mana.

Strategi business building ini saya buat khusus untuk mempermudah  saya dalam menjalankan bisnis. Yang pasti, strategi ini masih banyak kekurangan disana sini, namun seiring waktu akan terus diperbaiki supaya bisa menjadi strategi yang maknyus.

Strategi business building ini saya bagi menjadi 12 konsep dasar :

1. BACKGROUND. Apa yang melatar belakangi kita dalam membangun bisnis, apakah berdasarkan STRENGTH (kelebihan / kemampuan) kita, WEAKNESS (kekurangan / kelemahan) kita, OPPORTUNITY (kesempatan / peluang) yang kita tau, ataukah THREAT (ancaman).

2. GOAL. Berapa target omzet yang kita inginkan dari bisnis ini.

3. VISION. Apa visi / mimpi besar kita, mau dibawa kemana bisnis kita ini.

4. MISSION. Cara-cara yang dilakukan untuk menggapai VISION kita.

5. PRODUCTS. Produk-produk yang kita sediakan dalam bisnis kita

6. TARGETS. Siapa target pasar kita.

7. BENEFITS. Apa manfaat utama dari produk kita.

8. ADVANTAGES. Keuntungan-keuntungan apabila menjadi pelanggan kita.

9. PLUS VALUE. Apa nilai tambah dari produk / perusahaan kita.

10. POSITIONING. Kesan apa yang ingin kita berikan kepada pelanggan.

11. NAMING. Menentukan nama dan tagline yang sesuai untuk bisnis kita sesuai dengan poin 1 s/d 10.

12. MARKETING STRATEGY. Pembuatan grand strategy, mulai dari pemasaran, promosi, penjualan hingga melayani pelanggan.

Dengan ke 12 konsep dasar ini, bisnis kita akan menjadi lebih terkonsep dengan baik, memiliki pondasi yang lebih kuat dan pastinya kita tau ke arah mana kita akan membawa bisnis ini.

Semoga sharing dari saya kali ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan inspirasi dalam membangun dan menjalankan bisnis. Di kesempatan selanjutnya saya akan membahas masing-masing poin dalam 12 konsep dasar tersebut dengan lebih spesifik.

Semoga bermanfaat dan SALAM SEMANGAT !

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun