Era transformasi digital merupakan fenomena yang tidak bisa dihindari. Perusahaan harus memiliki strategi yang mampu melakukan transformasi dan inovasi dalam menghadapi hal tersebut supaya tidak termakan oleh zaman dan ketertinggalan. Salah satu inovasi yang harus dilakukan adalah tanggap dalam mengelola pelayanannya kepada customer supaya tidak ada komplain dari customer.
Apalagi di era Industri 4.0 yang sangat erat dengan dunia digital saat ini. Banyak terjadi pergeseran kebiasaan pelanggan yang dahulu mengajukan keluhan lebih banyak melalui channel voice (telefon), kini berubah menggunakan channel digital melali media sosial di gadget masing-masing.
Untuk itu, perlu adanya edukasi mengenai pentingnya mengelola customer experience salah satunya melalui CX digital solution yaitu Intelligence Omnichannel and Artificial Intelligence. Dengan adanya solusi ini, semua channel komunikasi dengan pelanggan di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, chat dan voice bisa ada hanya dalam satu aplikasi aja. Sehingga pelanggan yang membutuhkan sebuah informasi dapat direspons dengan cepat dan tepat melalui berbagai media sosial tersebut.
Tidak hanya itu saja, kita juga bisa melihat profil pelanggan, menganalisa dan memonitor customer journey dari setiap channel interaksi mereka di platform kita, sehingga kita dapat memberikan Customer Experience dengan solusi yang cepat dan terbaik. Smart Assistance dan para customer service di Contact Center juga dapat memberikan First Contact Resolution (FCR), dengan mengakses aplikasi knowledge base dan proses eskalasi pun dapat dilakukan dengan cepat dan terukur melalui sistem ticketing yang terintegrasi, sehingga tercapai Customer Experience yang excellent.
Dalam menjawab tantangan tersebut, VADS Indonesia membangun kerja sama sinergis bersama Botika Teknologi Indonesia dan Genesys, guna memberikan insight dalam menghadapi era transformasi digital khusunya dalam mengelola customer melalui solusi digital.
Salah satu bentuk kerja sama sinergi yang dilakukan adalah dengan kembali mengadakan seminar Financial Services Industry dengan tema “Managing Your Digital Customer With CX Digital Solution”, di Hotel JS Luwansa, Jakarta pada 1 Oktober 2019.
Seminar Financial Services Industry
Acara ini menghadirkan 3 pembicara yang berpengalaman dan kompeten di bidang
financial services dan
customer experience digital solution yaitu Nufransa Wira Sakti (Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian
Keuangan Republik Indonesia), Ditto Anindita (CEO & Founder Botika Teknologi Indonesia), serta Hunady Budihartono (Regional Sales Director Genesys). Sedangkan peserta seminar yang hadir adalah para eksekutif dari 30 perusahaan ternama di industri financial diantaranya Bank BNI, BCA Finance, Bank BTN, Manulife Aset Management, Astra Credit Company, Allianz, Mega Insurance, Commonwealth Bank, dan juga perwakilan dari pemerintahan serta kementerian.
Tidak hanya di swasta namun juga lembaga-lembaga pemerintahan di sektor publik. Dalam seminar tersebut, Hunady Budihartono, Regional Sales Director dari Genesys, mengungkapkan bahwa Customer Experience berbanding lurus dengan Brand Experience, dimana 80% customer rela membayar lebih untuk sebuah experience yang lebih baik, dan lebih dari 50% customer berpindah ke brand lain karena customer experience yang buruk.
Hunady Budihartono, Regional Sales Director of Genesys berbicara mengenai Delivering Customer Experience Through Digital Solution | Dokpri
Sama halnya dengan lembaga pemerintahan, salah satunya yaitu Kementerian Keuangan. Selain meningkatkan pelayanan dengan mengembangkan
digital services seperti aplikasi M-PPID (aplikasi untuk layanan informasi publik), E-PPID, S-IPPID, dan layanan digital lainnya, Kemenkeu juga mengintegrasikan
contact center-nya dengan platform
Omni-channel. Dalam seminar tersebut, Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan mengatakan bahwa sekarang momentumnya tepat untuk melakukan integrasi
contact center di Kementerian Keuangan dengan platform
Omni-channel sehingga Kementerian Keuangan memiliki sistem yang terintegrasi dengan sistem layanan informasi bagi masyarakat.
Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia berbicara mengenai Managing Digital Customer | Dokpri
Salah satu bentuk dari
omni-channel adalah
smart chat assistant atau yang lebih dikenal dengan
Chatbot. Dengan
chatbot,
customer dapat mengakses layanan lebih cepat seperti cek saldo, transaksi terakhir, mengupdate data pribadi, melaporkan kehilangan, hingga melakukan komplain. Ditto Anindita, CEO Botika Teknologi Indonesia dalam seminar tersebut mengatakan bahwa dengan menggunakan
Chatbot, perusahaan dapat menekan biaya operasional, meningkatkan
customer engagement dan
experience, dan mengembangkan
service lainnya menggunakan
analytics dari data
customer.
Ditto Anindita, CEO & Founder of BOTIKA berbicara mengenai Answering Opportunities using AI Technology in Financial Services | Dokpri
Selain
Omni-channel masih banyak solusi dan
service yang disediakan oleh PT. VADS Indonesia untuk mengelola
customer experience para klien di era digital saat ini. Deddy Hermansyah, Chief Marketing Officer PT VADS Indonesia mengatakan hingga kini PT. VADS Indonesia telah memberikan layanan kepada lembaga-lembaga pemerintahan seperti Kementerian Keuangan dan perusahaan finance besar di Indonesia seperti Bank BCA, Bank BTN, OCBC, Manulife, Cigna, dan sebagainya. PT. VADS Indonesia siap membantu klien-klien dari
Financial Service Industry, yang sudah mengembangkan layanannya ke digital maupun yang belum, baik dari Bank, perusahaan pembiayaan, asuransi, sampai perusahaan fintech seperti
Payment Gateway,
Market Aggregator,
Risk & Investment Management,
P2P Lending & Crowdfunding, dll. Untuk kedepannya PT. VADS Indonesia akan terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi, industri, dan pasar yang ada dan berkomitmen memberikan layanan yang maksimal dan terbaik bagi para klien dan customernya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Financial Selengkapnya