Dalam transaksi jual beli, antara penjual dan pembeli pasti selalu melakukan permintaan dan penawaran. Lantas, apa sih yang dimaksud permintaan dan penawaran?
Permintaan dan penawaran adalah sebuah konsep yang menjelaskan mengenai hubungan antara harga dan ketersediaan suatu barang atau jasa. Lalu, apa pengertian permintaan dan penawaran?
Permintaan (demand) adalah suatu kegiatan untuk membeli sesuatu atau barang dalam jumlah dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran (suppy) adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Baca juga: Permintaan dan Penawaran Mempengaruhi Keseimbangan Pasar dalam Ekonomi Makro
Bunyi Hukum Permintaan dan Penawaran
Hukum permintaan sangat berhubungan dengan jumlah permintaan dan harga barang. Jadi, "ketika suatu harga barang atau jasa turun, maka jumlah permintaan akan naik. Sebaliknya saat harga barang yang diminta naik, maka permintaan akan turun".
Sedangkan, hukum penawaran itu hubungan antara harga dan jumlah. Jadi, "Bila tingkat harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Bila tingkat harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun".
Kurva permintaan dan penawaran
Setelah mengetahui mengenai pengertian serta hukum permintaan dan penawaran, berikut pengertian kurva permintaan dan penawaran.
Kurva permintaan adalah grafik hubungan antara harga suatu produk dan permintaan konsumen dalam kurun waktu tertentu.
Sedangkan, kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga barang tertentu dan jumlah barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual.
Baca juga: Â Beberapa Kasus Permintaan dan Penawaran yang Terjadi di Pasar Tradisional Pada Masa Romadhon
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
Dikutip dari Kompas.com, faktor yang mempengaruhi permintaan adalah sebagai berikut:
1. Tingkat pendapatan dan daya beli Konsumen
Tingkat pendapat konsumen akan mempengaruhi daya beli konsumen. Jadi, jika pendapat semakin tinggi, maka semakin meningkat pula permintaan terhadap suatu barang.
2. Selera masyarakat
Jika produk yang dibikin sesuai dengan selera konsumen, maka pemintaan akan produk itu akan meningkat.
3. Harga barang itu sendiri
Biasanya harga barang yang murah tapi memiliki kualitas, akan banyak mendatangkan peminat sehingga permintaan tinggi, dan sebaliknya.
Baca juga: Kekuatan Permintaan dan Penawaran di Pasar Tanjung
Berikut adalah faktor yang mempengaruhi penawaran:
1. Adanya sumber daya yang tersedia
Penawaran dapat terjadi jika ketersediaan barang tercukupi. Namun, jika barang langka, maka akan mempengaruhi harga.
2. Harga dan ketersediaan barang sejenis sebagai pengganti
Jika barang utama mengalami kenaikan harga, maka konsumen akan mencari barang penganti sebagai pemenuhan kebutuhan barang utama.
3. Biaya produksi
Jika biaya produksi meningkat, maka harga barang akan menjadi tinggi.
4. Pajak dan subsidi
Jika pajak yang ditetapkan terlalu tinggi, maka produsen tidak dapat melakukan penawaran, sehingga dapat menyebabkan permintaan menurun. Sebaliknya, jika pemerintah menyediakan subsidi, maka produksi juga akan meningkat.
Nah, itulah penjelasan mengenai permintaan dan penawaran serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi permintaan dan penawaran dalam ilmu ekonomi adalah gambaran atas hubungan transaksi jual beli di pasar antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang.
Baca juga: Â Kegiatan Permintaan dan Penawaran pada Pasar Tradisional di Bulan Ramadhan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI