Mohon tunggu...
laodeadriyan
laodeadriyan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa unuversitas muhammadiyah ponorogo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Filsafat Pendidikan Islam: Memahami Prinsip Dasar

16 Januari 2025   14:31 Diperbarui: 16 Januari 2025   14:31 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cover Buku Filsafat Pendidikan Islam: Memahami Prinsip Dasar (Penulis:  Dr. Afiful Ikhwan, M. Pd. I.)

Judul Buku                       : Filsafat Pendidikan Islam: Memahami Prinsip Dasar

Pengarang                         : Dr. Afiful Ikhwan, M. Pd. I.

Editor                                : Dr. Ferry Irawan Febriansyah, SH. M. Hum

Desain Cover                    : M. Ulul Azmi, A. Md

Penerbit                            : Diandra Creative

Cetakan                             : Pertama, 2018

Tempat Penerbit              : Sleman, Yogyakarta

Tebal Buku                        : 236 hlm.

Kategori                            : Pendidikan

ISBN                                  : 978-602-336-726-9

Harga                                : Rp. 65.000,-

SUB BAB

 

  • Bab 1: Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam

Bab ini mendefinisikan filsafat pendidikan Islam sebagai cabang ilmu yang mengkaji konsep pendidikan berdasarkan nilai-nilai Islam. Penulis menjelaskan bagaimana filsafat menjadi dasar pengembangan pendidikan Islam. Bab ini menarik karena memberikan landasan teoretis bagi pembaca untuk memahami filsafat pendidikan Islam secara mendalam.

  • Bab 2: Sistem Pendidikan Islam

Bab ini membahas struktur dan elemen-elemen utama sistem pendidikan Islam, termasuk kurikulum, tenaga pendidik, dan peserta didik. Penulis juga menyoroti pentingnya integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum.

  • Bab 3: Dasar-Dasar Pendidikan Islam

Bab ini mengulas fondasi utama pendidikan Islam, seperti Al-Qur'an, Hadis, ijma, dan qiyas. Penulis menekankan bahwa dasar-dasar ini menjadi pedoman utama dalam membangun sistem pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.

  • Bab 4: Hakikat Tujuan Pendidikan Islam

Bab ini menjelaskan tujuan utama pendidikan Islam, yaitu membentuk manusia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Penulis juga menguraikan tujuan jangka pendek dan panjang pendidikan Islam.

  • Bab 5: Pandangan Islam tentang Alam

Penulis menguraikan bagaimana Islam memandang alam sebagai ciptaan Allah yang harus dihormati dan dimanfaatkan secara bijak. Alam juga dilihat sebagai sumber belajar.

  • Bab 6: Hubungan Manusia dengan Alam

Bab ini mendalami hubungan manusia dengan alam dari perspektif teologis, ekonomis, dan kultural. Penulis menekankan bahwa manusia memiliki tanggung jawab moral terhadap kelestarian alam.

  • Bab 7: Pendidikan Islam dalam Pemikiran Para Ahli

Penulis menguraikan pemikiran tokoh-tokoh besar, seperti Al-Ghazali, Ibnu Khaldun, dan Al-Farabi, terkait pendidikan Islam. Bab ini juga membandingkan perspektif mereka.

  • Bab 8: Hakikat Manusia

Bab ini membahas pandangan Islam tentang manusia sebagai makhluk yang memiliki dimensi jasmani, rohani, dan akal. Pendidikan Islam harus mencakup ketiga dimensi ini.

  • Bab 9: Hakikat Kedudukan Manusia, Tugas dan Tujuan Hidupnya

Bab ini memperluas pembahasan tentang tugas manusia sebagai khalifah di bumi. Penulis mengaitkan ini dengan tujuan pendidikan Islam, yaitu mencetak generasi yang bertanggung jawab terhadap agama, masyarakat, dan lingkungan.

  • Bab 10: Hakikat Pendidikan

Penulis menjelaskan pendidikan sebagai proses memanusiakan manusia sesuai nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam ditekankan sebagai proses pembentukan karakter dan intelektual.

  • Bab 11: Hakikat Peserta Didik

Bab ini mengulas karakteristik peserta didik menurut Islam, termasuk fitrah dan potensinya. Penulis menekankan pentingnya memahami psikologi peserta didik.

  • Bab 12: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan Islam

Penulis menguraikan kurikulum sebagai alat utama untuk mencapai tujuan pendidikan Islam. Bab ini membahas integrasi nilai agama dalam setiap mata pelajaran.

  • Bab 13: Hakikat Alat dalam Pendidikan Islam

Bab ini membahas sarana dan prasarana pendidikan, termasuk teknologi, yang harus digunakan secara Islami.

  • Bab 14: Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam

Bab terakhir ini membahas bagaimana evaluasi pendidikan Islam harus mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penulis menekankan bahwa evaluasi harus bersifat menyeluruh.

 

Kelebihan

Buku ini merupakan karya yang komprehensif untuk memahami filsafat pendidikan Islam. Penulis sukses menghadirkan pembahasan yang mendalam dan referensial.

Kekurangan

kekurangan dalam pengaplikasian konsep teoretis ke praktik pendidikan modern.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun