Mohon tunggu...
Irma Tri Handayani
Irma Tri Handayani Mohon Tunggu... Guru - Ibunya Lalaki Langit,Miyuni Kembang, dan Satria Wicaksana

Ibunya Lalaki Langit ,Miyuni Kembang,dan Satria Wicaksana serta Seorang Penulis berdaster

Selanjutnya

Tutup

Diary

Andai Dapat Swadaya Pemerintah, Saya akan Balik ke Rumah

11 Januari 2022   10:07 Diperbarui: 11 Januari 2022   10:13 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rumah yang sudah mulai rusak. Dokumen Pribadi

Andaikan saya kebagian dana membedah rumah alias Swadaya Pemerintah, saya pasti bakal teriak hore.

Kalau ditanya mau ga dapet dana  swadaya Pemerintah ? Ya mau lah ! Meskipun saya saya masih beruntung bisa memiliki rumah yang uang mukanya terjangkau, dan cicilan hanya 400an saja, namun ternyata masalah belum selesai sampai dipunya rumah.

Andai dana Swadaya Pemerintah menyapa saya akan pergunakan dengan baik untuk renovasi rumah . Maklum Untuk ditinggali ya rumahnya harus di renovasi. Rumah cicilan dengan subsidi yang saya miliki ternyata "apa adanya" 

Kualitas tembok yang tak kuat, lantai yang asal terhampar, membuat rumah cicilan saya sudah merapuh.  Sehinggan jika ada dana swadaya pemerintah mesti langsung saya benahi rumah.

Sudah 2 tahun ini rumah tersebut tidak saya tinggali. Pandemi memaksa saya dan keluarga tinggal kembali di rumah mertua. Hitungan biaya kehidupan jika saya tinggal di mertua lebih ekonomis dibanding di rumah sendiri.

Meninggalkan rumah selama itu ternyata membuat rumah saya "mengrusak". Atap pelapon kamar utama (bangunan asli perumahan) sudah habis setengahnya. Entah karena ada kucing atau tikus yang berantem di sana, atau memang hujan angin yang meruntuhkannya.

Akhirnya niat kembali ke rumah dicancel dulu karena ngeri juga kalau pas tidur enternitnya runtuh. Mana sekarang kamar mandi juga mengalami nasib sama, atapnya runtuh juga akibat atap bocor. Jadi kalau mau ke kamar mandi saat hujan, maka jangan lupa membawa payung.

Ya, memang katanya rumah kalau lama yak ditinggali lebih rawan mengalami kerusakan. Lembabnya udara dan air hujan menambah kerusakan rumah.

 Mungkin saya dan suami  harus menabung dulu untuk merenovasi rumah sehingga saya bisa kembali pulang bersama keluarga, kecuali saya dapat dana swadaya pemerintah. Heheheh...ngarep!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun