Indonesia memiliki keindahan alam yang begituindah,dariSabangsampaiMerauke dan keanekaragaman ilmiah. Hal ini juga ditambah dengan ragam budaya yang begitu banyak, dengan tradisi lokal yang pastinya tidak ditemukan didestinasi manapun.Keindahan alam dan budaya inilah yang indonesia memiliki yang membedakan dengan negara yanglain.Dengan keragaman kekayaan alam dan budaya inilah diharapkan pemerintah mampumelakukanpemasaranpariwisata.Keanekaragaman wisata dan budaya di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri serta keindahan alam yang berbeda, mulai dari tempatwisatadanobjekwisatayangkayaakan keindahannya. Terdapat banyak ragam destinasi wisata Indonesia salah satunya Lombok Nusa Tenggara Barat yang menjadi favoritwisatawanmancanegaradanwisatawan lokal untuk belibur. Berlibur ke Lombok tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati suasana pedesaan yang indah akan kebudayaan serta alamnya. Salah sataunya terletak di Wisata Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Wisata Sembalun ini terletak pada lereng gunung Rinjani. Dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki suasana pegunungan serta pemandangan sawah yang asri. Kelebihan dari WisataSembaluniniyaitumemilikicurahiklim yang berbeda dengan destinasi pegunungan lainnya sehingga dapat menjadi keunggulan untuk menarik minat wisatwan untuk berkunjung.
A. DayaTarikWisataSembalunÂ
Adanya daya tarik wisata di Sembalun ini dapat menjadikan sasaran wisata untuk mengunjungi suatu objek wisata yang ada di Sembalun.Berikutobjek wisatadandayatarik wisataSembalun:
1. Daya tarik wisata Alam pada WisataÂ
Sembalun: Gunung Rinjani, Air TerjunÂ
MangkuSakti,AirTerjunMangkuKodekÂ
dankebunstrawberry.Â
2. Daya Tarik Budaya Pada WisataÂ
Sembalun: Rumah Adat Sembahulun,Â
seni budaya Tari Tradisional (TandangÂ
Mendet, Cupak Gurontang dan WayangÂ
Wong).Â
3. Daya tarik wisata hasil karya manusiaÂ
padaWisataSembalun: KaintenunkhasÂ
Sembalun, Taman Wisata PusukÂ
Sembalun,HomeStay/HotelSportFoto.
B. Bauran Pemasaran Pada Wisata
Sembalun.
Pemasaran yang dibahas dalam
Artikel ini adalah keseluruhan dari kegitan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan produk,harga, promosi, saluran distribusi,personal,bukti fisik dan proses untuk memuaskankonsumenyaitusebagaiberikut :
1. Produk (produk) yang dimaksud disini adalah produk yang dimiliki oleh wisata Sembalun yang akan dijual kepada para wisatawan dengan harapan produk yang dimiliki akan disukai oleh para wisatawan yang datang untuk mengunjungi objek wisata tersebut. Adapun produk yang di tawarkan yaitu:
 Trekking Rinjani, Air Terjun Mangku Sakti,Wisata Petik Stawberry, Air Terjun Mangku Kodek,Taman Wisata Pusuk Sembalun Hotel / Home Stay.
2. Harga (price) yang dimaksud disini
adalah nilai yang diterapkan oleh
pengelola wisata Sembalun. Harga yang
ditetapkan oleh wisata Sembalun dengan menggunakan mata uang rupiah (Rp) untuk semua wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.Adapun tarif--tarif yang ditetapkan oleh pengelola wisata sembalun adalah sebagai berikut: Traking Rinjani:Nusantara(Wisatawan Lokal):Rp. 7.500.00,-/Per Hari (weekend). RP.5.000,00,-/PerHari(weekday). Mancanegara (Wisatawan Asing) :Rp.150.000.00,- / Per Trip . Asuransi:Rp. 10.000,00,- /Per Orang. Tiket Masuk Wisata Petik Stroberry: Rp.10.000.00,- / per orang. Memetik dan membeli Stroberry:Rp.
50.000.00,-/ Kg. Homestay/Hotel:
Hari Biasa Kisaran:Rp.300.000,00,-
sampai Rp. 600.000.00,- / Hari. Hari
Libur Kisaran: Rp. 700. 000,00,-
sampai Rp.1.000.000.00,-/ Hari.
3. Saluran Distribusi (Place) pada
wisata Sembalun yaitu Pemasaran
langsung: Wisatawan Objek Wisata
Sembalun.Sistem pemasaran secara langsung ini dimana wisatawan sebagai
konsumen langsung datang tanpa
melalui perantara. Tetapi jika
menggunakan pemasaran Tidak
Langsung yaitu: Wisatawan
Travel Agent atau Hotel Wisata
Sembalun. Pada sistem distribusi ini
wisatawan datang ke melalui
perantara pihak terkait.
4. Kegiatan promosi (Promotion) yang
dilakukan oleh pihak pengelola
wisata Sembalun yaitu dengan
berbagai media seperti periklanan
mengunakan media cetak atau
media sosial. Serta mengunakan
personal selling Personal selling ini
dilakukan agar calon wisatawan
dapat secara langsung mendatangi
wisata di sembalun untuk mendapatkan
informasi yang lengkap. Dan melakukan promosi penjualan Promosi penjualan ini
dapat dilakukan dengan cara memberikan
discount kepada wisatawan. Dan memberikan komisi pada penjalin kerjasama
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H