Mohon tunggu...
Lalumuhammad Ramdani
Lalumuhammad Ramdani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi olahraga

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Strategi Pemasaran Pariwisata Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat

16 Desember 2024   14:35 Diperbarui: 16 Desember 2024   14:35 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisata bukit selong desa sembalun, kecamatan sembalun,lombok timur

Indonesia memiliki keindahan alam yang begituindah,dariSabangsampaiMerauke dan keanekaragaman ilmiah. Hal ini juga ditambah dengan ragam budaya yang begitu banyak, dengan tradisi lokal yang pastinya tidak ditemukan didestinasi manapun.Keindahan alam dan budaya inilah yang indonesia memiliki yang membedakan dengan negara yanglain.Dengan keragaman kekayaan alam dan budaya inilah diharapkan pemerintah mampumelakukanpemasaranpariwisata.Keanekaragaman wisata dan budaya di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri serta keindahan alam yang berbeda, mulai dari tempatwisatadanobjekwisatayangkayaakan keindahannya. Terdapat banyak ragam destinasi wisata Indonesia salah satunya Lombok Nusa Tenggara Barat yang menjadi favoritwisatawanmancanegaradanwisatawan lokal untuk belibur. Berlibur ke Lombok tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati suasana pedesaan yang indah akan kebudayaan serta alamnya. Salah sataunya terletak di Wisata Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Wisata Sembalun ini terletak pada lereng gunung Rinjani. Dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki suasana pegunungan serta pemandangan sawah yang asri. Kelebihan dari WisataSembaluniniyaitumemilikicurahiklim yang berbeda dengan destinasi pegunungan lainnya sehingga dapat menjadi keunggulan untuk menarik minat wisatwan untuk berkunjung.

A. DayaTarikWisataSembalun 

Adanya daya tarik wisata di Sembalun ini dapat menjadikan sasaran wisata untuk mengunjungi suatu objek wisata yang ada di Sembalun.Berikutobjek wisatadandayatarik wisataSembalun:

1. Daya tarik wisata Alam pada Wisata 

Sembalun: Gunung Rinjani, Air Terjun 

MangkuSakti,AirTerjunMangkuKodek 

dankebunstrawberry. 

2. Daya Tarik Budaya Pada Wisata 

Sembalun: Rumah Adat Sembahulun, 

seni budaya Tari Tradisional (Tandang 

Mendet, Cupak Gurontang dan Wayang 

Wong). 

3. Daya tarik wisata hasil karya manusia 

padaWisataSembalun: Kaintenunkhas 

Sembalun, Taman Wisata Pusuk 

Sembalun,HomeStay/HotelSportFoto.

B. Bauran Pemasaran Pada Wisata

Sembalun.

Pemasaran yang dibahas dalam

Artikel ini adalah keseluruhan dari kegitan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan produk,harga, promosi, saluran distribusi,personal,bukti fisik dan proses untuk memuaskankonsumenyaitusebagaiberikut :

1. Produk (produk) yang dimaksud disini adalah produk yang dimiliki oleh wisata Sembalun yang akan dijual kepada para wisatawan dengan harapan produk yang dimiliki akan disukai oleh para wisatawan yang datang untuk mengunjungi objek wisata tersebut. Adapun produk yang di tawarkan yaitu:

 Trekking Rinjani, Air Terjun Mangku Sakti,Wisata Petik Stawberry, Air Terjun Mangku Kodek,Taman Wisata Pusuk Sembalun Hotel / Home Stay.

2. Harga (price) yang dimaksud disini

adalah nilai yang diterapkan oleh

pengelola wisata Sembalun. Harga yang

ditetapkan oleh wisata Sembalun dengan menggunakan mata uang rupiah (Rp) untuk semua wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.Adapun tarif--tarif yang ditetapkan oleh pengelola wisata sembalun adalah sebagai berikut: Traking Rinjani:Nusantara(Wisatawan Lokal):Rp. 7.500.00,-/Per Hari (weekend). RP.5.000,00,-/PerHari(weekday). Mancanegara (Wisatawan Asing) :Rp.150.000.00,- / Per Trip . Asuransi:Rp. 10.000,00,- /Per Orang. Tiket Masuk Wisata Petik Stroberry: Rp.10.000.00,- / per orang. Memetik dan membeli Stroberry:Rp.

50.000.00,-/ Kg. Homestay/Hotel:

Hari Biasa Kisaran:Rp.300.000,00,-

sampai Rp. 600.000.00,- / Hari. Hari

Libur Kisaran: Rp. 700. 000,00,-

sampai Rp.1.000.000.00,-/ Hari.

3. Saluran Distribusi (Place) pada

wisata Sembalun yaitu Pemasaran

langsung: Wisatawan Objek Wisata

Sembalun.Sistem pemasaran secara langsung ini dimana wisatawan sebagai

konsumen langsung datang tanpa

melalui perantara. Tetapi jika

menggunakan pemasaran Tidak

Langsung yaitu: Wisatawan

Travel Agent atau Hotel Wisata

Sembalun. Pada sistem distribusi ini

wisatawan datang ke melalui

perantara pihak terkait.

4. Kegiatan promosi (Promotion) yang

dilakukan oleh pihak pengelola

wisata Sembalun yaitu dengan

berbagai media seperti periklanan

mengunakan media cetak atau

media sosial. Serta mengunakan

personal selling Personal selling ini

dilakukan agar calon wisatawan

dapat secara langsung mendatangi

wisata di sembalun untuk mendapatkan

informasi yang lengkap. Dan melakukan promosi penjualan Promosi penjualan ini

dapat dilakukan dengan cara memberikan

discount kepada wisatawan. Dan memberikan komisi pada penjalin kerjasama

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun