Media sosial adalah sebuah media dalam jaringan yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh satu sama lain yang penggunanya atau user satu dengan user lainnya  bisa dengan mudah berbagi maupun berinteraksi  dan mencari dan mengakses informasi dengan mudah tanpa terbatas oleh waktu dan tempat melalui jaringan internet. media sosial dapat diakses melalui berbagai aplikasi, jejaring sosial merupakan media yang paling sering digunakan untuk mengakses media sosial.
untuk mengakses media sosial (medsos) anda membutuhkan koneksi internet Yang cepat dan stabil untuk mengakses media sosial dengan lebih cepat. anda tidak perlu lagi menghubungi seseorang menggunakan media nirkabel ataupun pesawat telepon karena cukup dengan membuka media sosial anda sudah bisa terhubung dengan banyak orang di luar sana yang juga pengguna atau user dari media sosial tersebut, Anda juga bisa membuat forum di dalam media sosial bisa berupa grup sosial ataupun forum-forum lainnya.Â
Untuk mengakses media sosial Anda juga perlu memiliki perangkat yang bisa mengakses media tersebut yaitu smartphone anda setelah memiliki perangkat yang bisa mengaksesnya Anda juga harus menginstal aplikasi media sosial tersebut  dan setelah wah Anda memiliki perangkat dan aplikasinya Sekarang Anda membutuhkan  akun untuk mengaksesnya.
 cara membuat akun yang sangatlah mudah anda tinggal masuk aplikasi dan anda tinggal mengklik bagian dari buat akun baru.Â
aplikasi sosial media sangatlah banyak Anda bisa mendapatkannya dari aplikasi download yang ada di Smartphone anda diantaranya Youtube, Â Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan tiktok. aplikasi ini adalah aplikasi yang yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.
dilansir dari KOMPAS.com jumlah pengguna media sosial di indonesia sudah mencapai angka 202 juta pengguna dari 274,9 juta jumlah penduduk di Indonesia dan jumlah penduduk yang menggunakan media sosial di dunia mencapai 3,3 miliar pengguna, jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan berjalanya waktu. masyarakat indonesia dari 202 juta pengguna rata-rata menggunakan atau mengakses media sosial dengan kurun waktu 3 jam per harinya.
rentang umur para pengguna media sosial di indonesia didominasi oleh kalangan muda yang berkisar dari umur 20-36 tahun untuk pengguna aktif. namun tidak mengherankan juga jika ada anak-anak usia belasan tahun yang sudah mulai mengakses media sosial dikarenakan pada tahun 2020-2021 masih diberlakukannya pembelajaran dengan sistem dalam jaringan atau daring dan mau tidak mau anak-anak harus bisa mengakses internet maupun media sosial. hal ini menekan bertambahnya jumlah pengguna dari media sosial yang ada di Indonesia.
karena adanya pademi di tahun 2020 jumlah pengguna media sosial mengalami kenaikan yang sangat signifikan. jumlah kenaikan angka pengguna media sosial dapat dilihat dalam kurun waktu bulanan.dilansir dari gs.statcounter.com dari 202 juta pengguna media sosial di indonesia, media sosial yang paling banyak diakses warga indonesia adalah platform Facebook sebagai peringkat pertama yang diakses sekitar 57,43% pengguna dan platform Youtube sekitar 27,37% dari jumlah pengguna media sosial di indonesia pada awal april 2021.
youtube adalah layanan streaming video yang memiliki pelanggan atau pengguna yang sangat banyak. platform media sosial Youtube memberikan menyajikan berbagai jenis konten video didalamnya, diantaranya game, film, musik, berita, dan lain-lain. youtuber juga memberikan kebebasan tidak hanya perusahaan film ataupun video yang dapat menyiarkan film maupun videonya di aplikasi Youtube ini akan tetapi semua lapisan kalangan masyarakat dapat membuat film dan videonya sendiri kemudian bisa membagikannya di platform youtube.
saya sendiri telah mengakses dan menggunakan Youtube dari sejak saya SMP. dari youtube saya belajar banyak hal dari berbagai video yang telah dibagikan oleh pengguna lain sekaligus konten kreator. pada awal saya mengakses youtube, konten youtube pada saat itu sangatlah beragam dan sangat banyak konten edukasi yang mendidik meski pada saat itu masih ada video-video yang mengandung unsur kekerasan dan video-video yang tidak pantas ditonton karena youtube sendiri belum mengeluarkan peraturan yang mengekang untuk membagikan konten tersebut.Â
akan tetapi konten-konten video di tahun tersebut sangatlah beragam tidak seperti konten di youtube sekarang yang banyak melakukan bisa dibilang plagiat konten reupload dan lain sebagainya.
jika anda melihat dan pernah mengakses youtube di tahun 2014-2017an anda akan sangat merasakan banyaknya perbedaan yang ada di dalam konten youtube. di tahun itu para konten kreator/youtuber berlomba untuk menjadi berbeda dan tidak ingin terlihat sama dengan konten kreator lainnya. mereka selalu memiliki ciri khas konten masing-masing. berbeda dengan konten kreator/youtuber yang sekarang, kebanyakan konten yang kita temukan di youtube sekarang hanya sebatas Podcast, prank, dan reupload. podcast dan prank sekarang ini banyak digandrungi oleh artis-artis indonesia namun tidak sedikit juga artis yang membuat daily vlog yang menunjukan kegiatan sehari-hari seorang artis.
dari sudut pandang saya sendiri, melihat artis yang sekarang mulai move dari televisi ke youtube membuat ekosistem youtube menjadi tidak karuan. karena hal ini membuat video para konten kreator yang serius membuat kontennya sendiri di Youtube dengan melakukan berbagai editing kalah oleh para artis yang hanya melakukan shooting, cut and upload tanpa menyusun script dan editing.Â
bisa kita lihat sekarang ini video yang sering trending adalah video dari artis, sudah jarang sekali kita melihat video-video dari konten kreator yang memang niat untuk membuat video di youtube. terlepas dari itu saya juga tidak bisa menyalahkan artis maupun konten kreator karena youtube tidak memberikan batas untuk siapa yang membuat video, apa isi video dan bagaimana video itu dibuat bagaimanapun juga youtube telah memberikan kebebasan kepada para pengguna dan para konten kreator mereka.
dari sini kita bisa melihat banyaknya kekurangan yang terdapat di platform youtube. youtube tidak memberi ruang yang berbeda pada kedua pengguna tersebut (artis dan konten kreator youtube) akibatnya banyak drama yang terjadi di dalamnya yang bisa kita lihat beberapa bulan yang lalu, banyak konten kreator yang berdrama menutup channel youtube mereka dan seperti menyalahkan artis sebagai pendatang baru di youtube, namun sedikit demi sedikit hal ini telah diperbaiki oleh youtube dengan mengeluarkan beberapa peraturan baru terkait plagiarisme konten, pajak, dan juga terkait royalti musik yang sangat hangat dibicarakan karena banyaknya musisi cover di platform youtube.
tapi terlepas dari semua drama yang dilakukan oleh para konten kreator dan artis di youtube, ada banyak sekali potensi yang bisa kita dapat dari youtube, diantaranya dari youtube anda bisa menjadi artis juga orang-orang biasa menyebutnya sebagai youtuber dan dari youtube kita juga bisa mendapatkan uang dan youtube juga bisa di kita jadikan sebagai pekerjaan tetap.Â
potensi lainya adalah youtube bisa digunakan sebagai media iklan, jika kita memiliki sebuah usaha kita bisa memasang iklan di youtubenya secara langsung maupun dari konten kreator dan youtuber sebagai endorsement. disamping biaya pemasangan iklan yang mudah, biaya yang kita keluarkan juga akan mudah disesuaikan dengan jumlah subscriber atau pelanggan dari para  konten kreator dan para youtuber.
saya juga sebagai seorang pengguna youtube dan seorang konten kreator juga telah menggunakan dan telah melakukan endorsement, channel youtube saya juga pernah diberikan kesempatan untuk mereview barang yang belum launching di pasaran dan barang tersebut diberikan secara gratis dan langsung dikirim dari china oleh perusahaan yang cukup ternama di bidang dunia drone.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H