Mohon tunggu...
Nurlaili Maghfiroh
Nurlaili Maghfiroh Mohon Tunggu... Mahasiswi 😊 -

PIAUD 2016 uin maulana malik ibrahim malang (FITK)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengasuh Anak 6 Tahun

10 November 2018   16:51 Diperbarui: 10 November 2018   17:00 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seperti banyak fase perkembangan anak, periode perkembangan 6 tahun ditandai oleh kontradiksi. Seorang anak berusia 6 tahun akan memiliki kakinya lebih kuat di tahun-tahun besar anak-anak daripada yang ia lakukan sebagai anak taman kanak-kanak; Pada saat yang sama, dia masih akan mengalami ketidakamanan yang datang dari melangkah lebih jauh ke dunia luas tanpa kenyamanan ibu dan ayah yang konstan.

Karena ia semakin mengalami sekolah, tanggal bermain, pesta ulang tahun, dan kegiatan lainnya tanpa orang tua, ia mungkin menginginkan dan membutuhkan lebih banyak perhatian dan kenyamanan di rumah.

ANAK USIA ENAM TAHUN TERUS MENIKMATI BERGERAK

Dalam berbagai cara meski jauh dari mahir dalam keterampilan motorik, ini tidak sedikit untuk meredam antusiasme mereka untuk mencoba aktivitas dan olahraga baru. Mereka dapat berjalan di berbagai jalur dan arah dan dapat memanipulasi tubuh mereka dengan melompat dan mendarat, berguling dan mentransfer berat badan mereka dari kaki ke tangan ke kaki.

Koordinasi tangan dan kaki mereka masih berkembang, sehingga keterampilan seperti melempar, menangkap, menendang, dan menyerang masih muncul. Dengan peralatan yang tepat, bagaimanapun, dan pasangan yang terampil, keterampilan motorik mereka terus meningkat.

Catatan: Selama periode perkembangan ini, tingkat keterampilan aktual anak-anak akan bervariasi berdasarkan jumlah aktivitas fisik mereka. Anak-anak yang tidak bersekolah tidak akan dewasa secepat mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan seperti pelajaran menari,

Dalam Hal Perkembangan Sosial dan Emosional

Anak usia enam tahun percaya diri dan senang memamerkan talenta mereka. Mereka mulai menunjukkan peningkatan kesadaran akan emosi mereka sendiri dan orang lain dan mulai mengembangkan teknik pengendalian diri yang lebih baik.

Anak-anak berusia enam tahun menikmati berbagi mainan dan makanan ringan bersama teman-teman, meskipun konflik di antara teman sebaya mungkin tetap cukup sering terjadi. Rutinitas yang dapat diprediksi merupakan sumber penting stabilitas dan keamanan bagi anak-anak seusia ini.

Anak usia enam tahun juga menarik stabilitas emosional dari interaksi mereka dengan orang dewasa yang merasa aman, terutama selama situasi dan situasi yang menantang.

Keyakinan dan Ketidakamanan

Bagi banyak anak usia 6 tahun , pusat alam semesta akan, untuk semua maksud dan tujuan, tetap menjadi mereka. Anak-anak berusia enam tahun akan menyayangi orang lain dengan cerita tentang diri mereka sendiri, dan secara alami akan mengharapkan orang lain tertarik sama mereka seperti mereka.

Mereka akan bangga dengan prestasi dan talenta mereka dan akan ingin membagikan karya seni, kemampuan fisik, dan hal-hal lain tentang diri mereka yang mereka rasa membuat mereka menonjol dan istimewa. Akan terserah kepada orang tua untuk membimbing anak-anak dan mengajari mereka tentang garis tegas antara kepercayaan diri dan kebanggaan.

Pada saat yang sama, mereka akan merasa tidak aman dan akan menginginkan pujian dari orang lain.

Anak usia enam tahun mungkin ingin melakukan sesuatu dengan sempurna dan mungkin sulit bagi diri mereka sendiri jika penampilan mereka tidak sebaik yang mereka inginkan (jika mereka kalah dalam permainan atau sepertinya tidak bisa mendapatkan gambar untuk dilihat seperti yang mereka inginkan, misalnya).

Mereka ingin menyesuaikan diri dan ingin teman mereka di sekolah menyetujui hal-hal yang mereka lakukan.

Anak usia enam tahun mungkin sulit menerima kritik atau peringatan dan mungkin lebih sensitif terhadap kedisiplinan.

Sebagian besar keresahan ini akan berawal dari langkah alami 6 tahun menuju kemerdekaan. Orangtua dapat membantu dengan menyadari dorongan dan dorongan ini dan dapat membantu anak mereka merasa lebih baik untuk terus maju dengan sendirinya dengan memberikan suasana yang nyaman di rumah di mana anak-anak dapat merasa aman dalam rutinitas sehari-hari dan jaminan cinta dan pengertian.

Fleksibilitas dan Preferensi

Anak usia enam tahun sering melihat hal-hal seperti hitam dan putih dan akan mengungkapkan pendapat yang kuat tentang berbagai hal. Mereka mungkin pergi dari kegirangan tentang sesuatu untuk ketidakbahagiaan mutlak jika ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai keinginan mereka.

Mereka mungkin melihat sesuatu yang baik dan sesuatu yang lain sama buruknya dan akan mengalami kesulitan melihat jalan tengahnya.

Pemikiran seperti ini biasa terjadi pada anak berusia 6 tahun, yang mencoba mengatur dan mengkategorikan dunia di sekitar mereka. Merpati-melayang sesuatu ke dalam kategori dapat membantu anak usia 6 tahun memahami hal itu, dan ini dapat membantu mereka merasa bahwa mereka dapat menguasai pengalaman yang tidak diketahui dan baru.

Orangtua dapat membantu dengan mengarahkan anak-anak yang lembut menuju pemikiran bernuansa, dengan menyarankan agar mereka melihat sesuatu dari sudut pandang lain -- keterampilan yang secara alami mereka dapatkan saat mereka bertambah tua.

Pribadi

Anak usia enam tahun mungkin mulai mengungkapkan keinginan untuk privasi saat mereka berpakaian atau menanggalkan pakaian (walaupun banyak orang masih akan menikmati waktu mandi bersama orang tua di dekatnya dan akan meminta ibu atau ayah untuk mencuci rambut mereka).

Anak-anak seusia ini mungkin mulai penasaran dengan tubuh, jenis kelamin, dan jenis kelamin mereka sendiri, dan Anda dapat mengharapkan pertanyaan tentang dari mana bayi berasal.

AKTIVITAS YANG DISARANKAN

Saran untuk mendorong dan mendukung perkembangan anak Anda meliputi:

Beri mereka perhatian individual kapan pun Anda bisa.Baca dengan keras kepada mereka dan bicarakan gambarnya.Bicarakan dengan anak Anda dan ajukan pertanyaan tentang apa yang mereka lakukan. Tunjukkan ketertarikan yang nyata pada mereka.Menyediakan mainan untuk susun, barang untuk disingkirkan, balok, jigsaw sederhana, mobil mainan, binatang, boneka dan sebagainya.

Berikan kesempatan untuk bersenang-senang dengan peralatan taman bermain, seperti slide, lubang pasir dan selokan yang licin.Dorong mereka dalam usaha mereka untuk menjelajahi dunia, namun tetap memperhatikan masalah keamanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun