Sub temaÂ
1. Pengertian analisis swotÂ
2. Pengertian analisis industriÂ
A. Pengertian analisis swotÂ
Analisis terdiri dari 4 kata yakni strength ( kekuatan) weakness( kelemahan )opportunities( peluang) threats( ancaman), analisis yang bertujuan menemukan faktor-faktor penting dalam suatu bisnis yang dijalankan oleh perusahaan, faktor kekuatan yang dapat timbul dalam bisnis tersebut, analisis Swot  terdiri dari dua bagian internal dan eksternal
1. Internal
Strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan hal-hal yang dapat dikontrol dan dapat dirubah contoh termasuk Siapa yang ada di dalam tim dan properti intelektual dan lokasi.
2. Eksternal
Opportinities (peluang) dan threats (ancaman) adalah eksternal yang mempengaruhi bisnis hal-hal yang terjadi diluar perusahaan pada pasar yang lebih besar dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman tetapi tidak dapat mengubah contoh termasuk pesaing harga bahan baku dan tren belanja pelanggan.
Cara melakukan analisis swot adalah dengan cara diskusi rapat dan lain-lain, analisis word mengatur kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, utama dalam daftar yang terorganisir dan biasanya dijadikan dengan bilah kisi-kisi sederhana.
B. Kelemahan analisis swotÂ
1. Tidak adanya struktur organisasi.
2. Tidak adanya modal yang cukup untuk menjalankan usaha.
3. Sumber daya manusia yang tidak berkualitas.
4. Tidak adanya pengembangan dari sumber manusia yang ada.
5. Karyawan yang tidak percaya dengan perusahaan.
6. Perusahaan tidak memberi apresiasi kepada karyawan.
7. Ketidakpercayaan atasan kepada bawahan.Â
C. Peluang analisis swotÂ
Tahapan peluang analisis swot ada empat:Â
1. Terdapat para pembisnis yang niat  untuk menjadikan partner bisnis dan memperluas jaringan bisnis.
2. Terdapat beberapa penawaran untuk bekerjasama dengan pembisnis di luar negeri.
3. Dukungan dari pemerintahan atas kesempatan usaha atau bisnis.
4. Terdapat banyak pasar yang dimasuki oleh perusahaan.
D. Ancaman swotÂ
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam ancaman.
1. Kenaikan harga bahan baku.
2. Kelangkaan pemasukan material dan peralatan.
3. Kenaikan harga secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu.
4. Kekuatan persaingan
E. Pengertian analisis industri
Analisis industri merupakan salah satu bagian dari analisis fundamental, analisis industri biasanya dilakukan setelah melakukan analisis ekonomi, dalam analisis industri investor mencoba membandingkan kinerja dari berbagai industri untuk bisa mengetahui jenis industri yang memberikan prospek paling menjanjikan ataupun sebaliknya, setelah melakukan analisis industri investor nantinya akan menggunakan informasi tersebut sebagai masukan untuk mempertimbangkan saham-saham dan kelompok industri yang akan dimasukkan dalam portofolio yang dibentuknya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H