Mohon tunggu...
Lailatul Fitriya
Lailatul Fitriya Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Metode Penguatan dalam Pengajaran: Pendekatan Behaviorisme di Kelas

22 Oktober 2023   05:14 Diperbarui: 22 Oktober 2023   07:21 174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Haloo sobat kompasiana, sebelum kita membahas tentang penerapan metode penguatan, apa sihh yang dimaksud dengan teori behaviorisme?

Menurut teori behaviorisme, perubahan tingkah laku disebabkan adanya  interaksi antara stimulus dan respon. Dengan kata lain, belajar merupakan suatu bentuk perubahan  yang dialami siswa dalam  kemampuannya berperilaku baru  sebagai hasil interaksi stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah mempelajari sesuatu apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Misalnya, anak belum menghitung fakta perkalian. Meski sudah berusaha keras dan rajin diajarkan oleh guru, namun jika anak tidak bisa melakukan latihan perkalian, maka anak tersebut dianggap belum belajar. Karena dia tidak dapat menunjukkan perubahan tingkah laku setelah belajar.

Teori behaviorisme  menekankan  hubungan antara stimulus (S) dan respon (R) secara umum dapat dianggap penting bagi siswa untuk berhasil dalam studinya. mempelajari. Caranya adalah guru memberikan rangsangan yang bervariasi selama proses pembelajaran, dan dengan cara ini siswa akan memberikan respon positif, apalagi jika diikuti  dengan  reward yang mempunyai fungsi reinforcement (memperkuat respon yang telah ditampilkan). Karena teori ini berasal dari eksperimen perilaku pada hewan, dalam konteks pembelajaran  beberapa prinsip  umum  harus dipertimbangkan. Menurut Mukinan (1997:
-23), beberapa prinsip tersebut adalah sebagai berikut:
(1) Teori ini berasumsi bahwa yang disebut dengan belajar adalah perubahan tingkah  laku. Seseorang dikatakan telah belajar sesuatu jika yang bersangkutan dapat menunjukkan
perubahan tingkah laku tertentu. 

(2) Teori ini beranggapan bahwa yang terpenting dalam belajar adalah adanya stimulus dan respons, sebab inilah yang dapat diamati. Sedangkan apa yang terjadi di antaranya dianggap tidak penting karena tidak dapat diamati. 

(3)Reinforcement, yakni apa saja yang dapat menguatkan timbulnya respons, merupakan faktorp enting dalam belajar. Respons akan semakin kuat apabila reinforcement (baik positifmaupun negatif).

Prinsip-Prinsip Dasar Teori Behaviorisme

1. Pengamatan Perilaku:

Prinsip dasar behaviorisme adalah fokus pada perilaku yang dapat diamati. Artinya behaviorisme berfokus pada tindakan  dan reaksi fisik yang dapat diamati, diukur, dan dianalisis. Teori ini mengabaikan proses mental internal yang tidak dapat diamati secara langsung.

2. Asosiasi:
Behaviourisme meyakini bahwa pembelajaran terjadi melalui hubungan antara rangsangan (stimuli) dan respon (tindakan). Proses ini dapat dijelaskan dengan rumus sederhana, seperti hukum asosiasi yang dikemukakan oleh Ivan Pavlov dan eksperimennya dengan anjing.

3. Penguatan (Reinforcement):
Salah satu prinsip kunci behaviorisme adalah penguatan. Penguatan adalah metode yang digunakan untuk meningkatkan kemungkinan bahwa suatu perilaku akan terulang. Terdapat dua jenis utama penguatan, yaitu penguatan positif dan negatif.

Penguatan Positif:

Penguatan positif adalah proses memberikan hadiah atau ganjaran positif setelah suatu perilaku untuk meningkatkan kemungkinan perilaku tersebut terulang. Misalnya, ketika seorang siswa menjawab pertanyaan dengan benar dalam kelas, guru memberikan pujian atau hadiah kecil sebagai penguatan positif. Ini membuat siswa lebih cenderung berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Penguatan Negatif:

Penguatan negatif melibatkan penghilangan atau mengurangi suatu rangsangan yang tidak diinginkan setelah perilaku tertentu. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan bahwa perilaku tersebut akan terulang. Contohnya adalah mengurangi berat tugas rumah oleh guru jika seorang siswa telah menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Dalam hal ini, pengurangan beban pekerjaan rumah merupakan penguatan negatif yang meningkatkan motivasi siswa.
Penguatan positif dan negatif merupakan alat penting dalam menerapkan teori perilaku dalam proses belajar mengajar. Mereka membantu  membentuk perilaku siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Dengan memahami prinsip-prinsip ini, pendidik dapat merancang strategi pengajaran yang lebih efektif dan memerangi perilaku yang tidak diinginkan di kelas.

Teori behaviorisme memberikan kontribusi dalam memahami proses belajar siswa dengan menekankan bahwa belajar merupakan hasil interaksi antara stimulus (stimulus) dan respon (tindakan), serta efek penguatan. Berikut kontribusi teori ini dalam memahami pembelajaran siswa:

1. Perilaku yang Dapat Diamati:
Behaviorisme berfokus pada perilaku yang dapat diamati secara langsung. Artinya pembelajaran siswa dan perubahan perilakunya harus  terukur dan terlihat. Melalui perilaku mengamati, pendidik dapat mengevaluasi apakah peserta didik telah memahami dan menguasai isi pelajaran.

2. Penguatan Positif dan Negatif:

Prinsip penguatan (positif dan negatif) memberikan panduan penting untuk membentuk perilaku siswa. Dengan memberikan penguatan positif setelah perilaku yang diinginkan dan mengurangi penguatan negatif setelah perilaku yang tidak diinginkan, pendidik dapat memotivasi siswa untuk belajar dan berperilaku sesuai  harapan.

3. Peran guru dan lingkungan:
Teori ini menekankan peran guru dan lingkungan belajar dalam membentuk perilaku siswa. Guru dapat merancang situasi yang mendukung pembelajaran dengan memberikan penguatan positif, memberikan umpan balik, dan menciptakan lingkungan  positif. Ini membantu siswa mengasosiasikan perilaku dengan hasil yang diharapkan.

4. Pembentukan kebiasaan:
Perilaku sangat relevan dalam membentuk kebiasaan dan rutinitas belajar. Dengan memberikan penguatan positif yang konsisten setelah perilaku yang diinginkan, guru dapat membantu siswa membentuk kebiasaan belajar yang efektif.

5. Pengulangan dan praktik:
Teori ini menekankan pentingnya pengulangan dan praktik dalam memperkuat pembelajaran. Dengan memberikan penguatan positif terhadap usaha latihan siswa maka terjadilah proses penguatan hubungan antara stimulus dan respon yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran.

6. Perubahan perilaku:
Behaviourisme berpendapat bahwa perubahan perilaku adalah tujuan pembelajaran yang penting. Dengan memberikan penguatan yang tepat, siswa dapat belajar  mengubah perilakunya sesuai dengan kebutuhan belajarnya.

Dengan memahami prinsip-prinsip behaviorisme dan penerapannya dalam konteks pendidikan, pendidik dapat mengembangkan strategi pengajaran yang efektif yang membantu siswa mencapai tujuan belajar mereka dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Ini juga membantu  mengidentifikasi dan mengelola perilaku yang tidak diinginkan dan memotivasi siswa untuk melakukan yang terbaik.

Cara penguatan yang digunakan dalam pengajaran melibatkan penerapan prinsip-prinsip behaviorisme untuk memotivasi siswa dan memperkuat perilaku yang diinginkan. Berikut penjelasan penggunaan penguatan  dalam pengajaran, beserta contoh praktis dan studi kasus:
Cara menggunakan penguatan dalam pengajaran:

1. Penguatan positif:

 - Penguatan positif melibatkan pemberian suguhan atau penghargaan positif setelah siswa menunjukkan perilaku yang diinginkan. Ini bisa berupa pujian, hadiah fisik, atau bentuk pengakuan lainnya.
- Contoh:
Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar di kelas dan memberi stiker berwarna. Stiker tersebut kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah kecil seperti pensil atau buku.

2. Penguatan negatif:

- Penguatan negatif melibatkan pengurangan atau penghapusan stimulus yang tidak diinginkan setelah siswa menunjukkan perilaku yang diinginkan. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemungkinan terulangnya perilaku tersebut.
- Contoh:
Jika  siswa berperilaku  baik selama kelas, guru dapat memberikan pekerjaan rumah yang lebih ringan untuk mengurangi penguatan negatif.

Studi Kasus:
Penerapan Penguatan dalam Kelas

Studi Kasus 1 

- Penguatan Positif:

Seorang guru di kelas SD ingin memotivasi siswa untuk membaca lebih banyak. Dia memutuskan untuk menerapkan penguatan positif. Setiap kali seorang siswa menyelesaikan buku, mereka mendapatkan perangko di kartu prestasi mereka. Setelah mengumpulkan sejumlah perangko, siswa tersebut dapat memilih buku baru dari perpustakaan sekolah. Dalam beberapa bulan, jumlah siswa yang rajin membaca meningkat signifikan, dan siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca.

Studi Kasus 2 

- Penguatan Negatif:

Seorang guru sekolah menengah memiliki  siswa yang sering datang terlambat ke kelas dan mengganggu pembelajaran. Guru  memutuskan untuk menggunakan penguatan negatif. Setiap kali siswa datang tepat waktu dan berperilaku baik selama pelajaran, guru akan mengurangi jumlah pekerjaan rumah yang diberikan. Akibatnya, siswa tersebut mulai datang tepat waktu dan lebih memperhatikan di kelas karena dia ingin mengerjakan lebih sedikit pekerjaan rumah.
Melalui contoh-contoh ini, kita dapat melihat bagaimana guru menggunakan penguatan positif dan negatif untuk meningkatkan motivasi dan perilaku siswa. Metode ini membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan harapan, sambil memberikan dorongan dan pengurangan penguatan yang sesuai sebagai respons terhadap perilaku mereka.

Manfaat penerapan penguatan dalam konteks pendidikan:

1. Meningkatkan motivasi belajar siswa:
Menerapkan penguatan positif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Mereka merasa dihargai dan dihargai atas upaya mereka, yang dapat memotivasi mereka untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

2. Membentuk perilaku yang diinginkan: Menerapkan penguatan positif dan negatif membantu  membentuk perilaku yang diinginkan. Guru dapat merancang lingkungan yang mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan aturan dan harapan kelas.

3. Mengurangi perilaku yang tidak diinginkan:
Penguatan negatif dapat membantu mengurangi perilaku yang tidak diinginkan. Ketika siswa menyadari bahwa perilaku tertentu menyebabkan berkurangnya penguatan negatif, mereka cenderung menghindari perilaku tersebut.

4. Meningkatkan fokus dan keterlibatan:
Menerapkan penguatan positif dapat meningkatkan fokus dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Mereka lebih fokus pada pekerjaan rumah dan pelajaran karena mereka tahu  usaha mereka akan dihargai.

Tantangan yang mungkin dihadapi guru:

1. Biasa ketergantungan:
Salah satu tantangan utama adalah kemampuan siswa untuk bergantung pada penguatan. Jika siswa belajar hanya  karena menginginkan imbalan atau pekerjaan yang lebih sedikit, mereka berisiko kehilangan motivasi intrinsik untuk belajar.

2. Kesulitan dalam Menentukan Penguatan yang Efektif:
Guru harus cermat dalam menentukan jenis penguatan yang efektif untuk setiap siswa. Apa yang memotivasi satu siswa mungkin tidak sama dengan yang lain.

3. Persepsi Ketidakadilan:
Beberapa siswa mungkin merasa bahwa penerapan penguatan positif tidak adil jika mereka merasa tidak mendapatkan pengakuan yang sama seperti siswa lain.

4. Persyaratan konsistensi:
Konsistensi penting dalam penerapan penguatan. Guru perlu memastikan bahwa mereka  memberikan penguatan positif dan negatif secara konsisten, yang dapat menjadi tantangan jika mereka tidak menjaga konsistensi.

5. Memahami psikologi siswa:
Guru harus memahami dengan jelas psikologi siswa dan  menerapkan penguatan yang efektif. Ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik individu siswa.
Sementara penerapan penguatan dalam pendidikan memiliki manfaat besar, guru juga perlu mempertimbangkan tantangan dan berusaha menjaga keseimbangan yang tepat antara penguatan dan pengembangan motivasi intrinsik siswa. Hal ini memerlukan pendekatan yang cermat dan pemahaman yang baik tentang siswa serta situasi kelas.

Pengaruh mempunyai dampak yang signifikan terhadap motivasi, perilaku, dan prestasi akademik siswa. Berikut  penjelasan  bagaimana pengaruh mempengaruhi ketiga aspek tersebut:

1. Motivasi siswa:

- Pengaruh  orang tua, guru, teman  dan lain-lain Lingkungan Lainnya dapat mempengaruhi motivasi siswa. Kritik positif, pujian, dan dorongan  dari orang-orang berpengaruh dapat meningkatkan motivasi siswa.
-- Teladan positif dari orang berpengaruh juga dapat memotivasi siswa untuk mengejar cita-citanya. Jika mereka melihat seseorang yang mereka kagumi berhasil, mereka mungkin merasa termotivasi untuk mencapai hal serupa.

2. Perilaku siswa:

- Orang yang berpengaruh seperti guru dan orang tua dapat mempengaruhi perilaku siswa dengan penguatan,  penguatan positif (penghargaan) atau penguatan negatif (pengurangan pekerjaan rumah, hukuman yang sesuai). ) .
- Pendidik  memberikan petunjuk yang jelas dan memberikan masukan konstruktif yang dapat membentuk perilaku siswa, seperti etika belajar, kerjasama, dan disiplin.

3. Hasil belajar siswa:

 - Kuatnya pengaruh guru dalam mewujudkan pembelajaran yang efektif dan menginspirasi siswa dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Guru yang kompeten dan penuh perhatian sering kali meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa.
- Orang tua yang mendukung dan berpartisipasi dalam pendidikan anaknya juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi akademik siswanya. Mereka dapat membantu dengan memberikan dukungan dan sumber daya tambahan di luar lingkungan sekolah.
Pengaruh  positif dan motivasi dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berdampak positif terhadap prestasi siswa. Sebaliknya, pengaruh  negatif atau kurangnya minat dapat menimbulkan dampak sebaliknya. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik, orang tua, dan pihak lain yang berperan dalam kehidupan siswa untuk menyadari pengaruhnya dan berusaha  memberikan dukungan  dan dorongan positif.

Perbandingan antara pendekatan behaviorisme dengan pendekatan pembelajaran lain seperti konstruktivisme dan kognitivisme termasuk perbedaan  pandangan tentang sumber belajar, peran siswa dan proses pembelajaran. Berikut perbandingannya:
-pendekatan behaviorisme:


- Sumber Belajar:
Behaviorisme berfokus pada rangsangan eksternal dan respons yang diamati. Belajar dianggap sebagai perubahan perilaku yang jelas.
- Peran siswa:
Dalam pendekatan behaviorisme, siswa dianggap sebagai penerima informasi. Mereka dianggap individu yang merespon rangsangan dari guru atau lingkungan.
- Proses Pembelajaran:
Pembelajaran dalam behaviorisme terjadi melalui pengondisian dan penguatan, baik positif maupun negatif. Proses ini lebih pasif dan berfokus pada perubahan perilaku yang disebabkan oleh rangsangan eksternal.

Metode konstruktivis:

- Sumber belajar:
Konstruktivisme berpendapat bahwa pengetahuan dikonstruksi oleh siswa itu sendiri. Fokus pada membangun pemahaman dan makna.
- Peran siswa:
Siswa dianggap sebagai pemangku kepentingan utama dalam proses pembelajaran. Mereka secara aktif berkontribusi mengembangkan pemahamannya melalui eksplorasi, diskusi dan refleksi.
- Proses Pembelajaran:
Konstruktivisme menekankan proses kognitif internal, seperti konstruksi makna, refleksi, dan pemahaman. Siswa berpartisipasi aktif dalam perolehan pengetahuan  melalui interaksi dengan subjek dan lingkungan.

Pendekatan kognitif:

- Sumber belajar:
Kognitivisme menekankan peran proses mental internal dalam pembelajaran, seperti pemrosesan informasi, memori, dan pemecahan masalah.
- Peran siswa:
Siswa dianggap sebagai pengolah informasi yang aktif. Mereka terlibat dalam pemahaman, pemrosesan dan penyimpanan informasi.
- Proses Pembelajaran:
Kognitivisme mengacu pada peran proses kognitif dalam pembelajaran, termasuk persepsi, pemahaman, memori, dan pemecahan masalah. Ini melibatkan pemahaman konsep, menghubungkan informasi, dan mengembangkan pemecahan masalah.

Perbedaan utama  antara ketiga metode ini adalah cara memperoleh pengetahuan  dan peran siswa dalam proses pembelajaran. Behaviorisme lebih menekankan pada perubahan dan penguatan perilaku yang diamati. Konstruktivisme menekankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pemahamannya sendiri. Kognitivisme berfokus pada pemrosesan informasi dan proses mental dalam pembelajaran.
Pemilihan pendekatan yang tepat bergantung pada konteks, tujuan pembelajaran, dan karakteristik pelajar. Beberapa pendekatan dapat digunakan bersama untuk mencapai hasil pendidikan yang lebih baik.

Rekomendasi bagi guru dan pendidik dalam penerapan metode penguatan di kelas:

1. Memahami kebutuhan siswa:
Memahami kebutuhan dan minat siswa. Setiap siswa berbeda, jadi pilihlah penguat yang tepat untuk memotivasi setiap siswa.
2. Jelaskan  aturan dan ekspektasi:
Pastikan aturan dan ekspektasi kelas jelas. Siswa perlu mengetahui apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mereka dapat menerima penguatan.
3. Konsistensi:
Penting untuk konsisten dalam  penguatan. Penguatan perlu diberikan secara adil dan dapat diandalkan sehingga siswa mengetahui apa yang diharapkan dari dirinya.
4. Penguatan positif:
Prioritaskan penguatan positif seperti pujian, pengakuan, dan penghargaan yang sesuai. Ini membantu mengembangkan motivasi intrinsik dan memperkuat perilaku positif.
5. Penguatan Negatif Bijaksana:
Gunakan penguatan negatif dengan bijak dan tepat. Pastikan penguatan negatif tidak merugikan harga diri siswa dan digunakan sebagai respons yang tepat terhadap perilaku yang tidak diinginkan.
6. Keterlibatan orang tua:
Libatkan orang tua dalam penggunaan penguatan di rumah. Jelaskan bagaimana mereka dapat mendukung penggunaan strategi penguatan di kelas.
7. Penilaian efektivitas:
Memantau dan mengevaluasi efektivitas untuk meningkatkan implementasi. Jika metode tertentu tidak memberikan hasil yang diinginkan, pertimbangkan untuk mengubahnya.

Kesimpulan:

Pendekatan behaviorisme dalam pendidikan, termasuk penggunaan metode penguatan, memainkan peran penting dalam membentuk perilaku, motivasi, dan hasil belajar siswa. Dalam mengaplikasikan pendekatan ini, guru dan pendidik memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan memberikan penguatan yang sesuai.
Pentingnya pendekatan behaviorisme dalam pendidikan adalah dalam memahami bahwa perilaku siswa dapat dipengaruhi dan ditingkatkan melalui pemberian penguatan yang tepat. Hal ini membantu siswa untuk menjalani pengalaman pembelajaran yang positif dan meningkatkan motivasi mereka untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan penerapan yang tepat dan kepekaan terhadap kebutuhan siswa, pendekatan behavioris dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun