Mohon tunggu...
Laila Nur Faizah
Laila Nur Faizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Pisces

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Endorsement dan Celebrity Internet

14 Mei 2022   17:38 Diperbarui: 14 Mei 2022   18:45 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : screenshot instagram @fadiljaidi

Selebritas atau yang dikenal dengan selebriti dari bahasa inggris yakni celebrity. Selebriti adalah orang yang tekenal memiliki banyak penggemar dan sering diberitakan oleh pers. 

Memang tidak jauh dari media massa, kemunculannya sering kali mengisi di televisi namun kini seiring perkembangan zaman, selebriti tidak hanya orang-orang yang sering bermunculan di televisi saja.

Dengan kemajuan internet dan perkembangan media sosial, kini ada sebutan selebriti internet. Yakni orang-orang yang memiliki akun media sosial dari berbagai platform yang ada dan memiliki ribuan, jutaan bahkan miliaran jumlah penggemarnya sehingga bisa disebut sebagai selebriti internet. 

Selebriti internet juga kerap kali disebut dengan influencer yang mana artinya sebagai pengaruh, orang-orang yang bisa mempengaruhi atau membawa pengaruh besar kepada masyarakat maya khususnya bagi para penggemarnya.

Selebriti intrnet juga bisa digolongkan berdasarkan platform yang dipakai atau pada saat dimana ia terkenal, disana mereka akan menerima gelar selebriti secara tidak langsung oleh publik maya atau warganet. 

Seperti selebriti instagram atau yang dikenal selebgram dimana ia sukses membangun citra atau personal branding pada akun instagramnya begitu pula pada selebtwit yakni selebriti twitter, selebtok untuk selebriti tiktok, selebriti blogger, youtuber untuk selebriti pada youtube (dengan jumlah subscriber tinggi), dan masih banyak lagi predikat yang diberikan oleh warganet (warga internet).

Proses branding diri serta konten-konten yang diunggah mendapatkan respon bagus atau memiliki daya tarik tersendiri bagi warganet, bisa membuat semakin menambah jumlah penggemar. Sehingga dari sana akan memunculkan suatu relasi bisnis yang erat sekali dengan perkembangan belanja online saat ini. 

Kemunculan selebriti internet ini berdampak pada kemajuan pemasaran, bagi mereka bekerja sama dengan selebriti internet sangat efisien dan efektif dalam proses pemasaran produk ataupun jasa.

Promosi-promosi yang dilakukan oleh selebriti internet ini memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia oleh platform yang digunakan, seperti foto, teks, vidio dan yang lainnya serta itu semua memiliki durasi sesuai dengan apa yang digunakan. 

Saat itulahlah selebriti internet melakukan kegiatan endorsement atau mendukung sesuatu dengan kata lain para selebriti internet melakukan kegiatan promosi berbayar pada akun media sosialnya.

Tentu saja sudah tidak asing, beberapa contoh selebriti internet yang ada ditanah air yang memiliki jumlah penggemar sangat banyak. 

Seperti pada golongan selebgram yakni Karin Novilda atau Awkarin dengan jumlah penggemar 7,9 juta, Rachel Vennya yang memiliki jumlah penggemar instagram 6,8 juta, Anya Geraldine dengan 10,7 juta penggemar dan telah mengembangkan sayapnya didunia aktor, Fadil Jaidi 7,4 juta penggemar, kemudian contoh selebgram dari negeri ginseng Korea Selatan yang sukses terkenal di Indonesia Han Yoo Ra dengan akun big_miss_han 377 ribu penggemar dan masih banyak lagi selebrgram lainnya.

Dilanjut dengan selebriti twitter beberapa diantaranya yakni akun @bayu_joo yang memiliki lebih dari 1,4 juta pengikut, @jek___ dengan 1,6 juta pengikut, dan @andihiyat 3,8 juta lebih pengikut. Pada platform youtube diantaranya ada yuotuber asal Korea Selatan yang fasih dengan logat jawa yakni akun Korea Reomit dengan 4,99 juta subscribera lalu ada skinny24indonesia dengan 3,32 juta subscriber dan tasya farasya mmiliki 4,11 juta subcriber serta Ricis Official yang tertinggi 30,1 juta subscriber.

Dari beberapa contoh selebriti internet diatas, mereka mempunyai rate card atau tarif jasa masing-masing yang biasanya ditujukan untuk bekerja sama dalam hal promosi. Semakin tinggi jumlah penggemar pada akun media sosialnya bisa menjadi semakin menjajikan dan juga dari platform apa yang akan digunakan untuk bekerja sama.

Untuk itu cara bekerja sama terkait endorsement kepada selebriti internet langkah-langkahnya yakni

  1. Tentukan selebriti internet yang ingin dituju karena ini berkaitan dengan sasaran pasar nantinya
  2. Hubungi kontak yang ada di bio selebriti internet yang sudah ditentukan, dalam bio tersebut biasanya terdapat kontak manajer yang menjebantani komunikasi anatara calon klien dan selebriti internet
  3. Membuat pesan sesuai dengan tujuan dan maksud untuk bekerjasama setelah itu manajer biasanya akan memberikan beberapa aturan atau rate card dimana ini seperti daftar harga untuk sebuah jasa promosi dan besaran harga tersebut tergantung platform yang akan dipakai, fitur apa yang akan dipakai serta bisa juga mengenai durasi
  4. Mebuat suatu keputusan mengenai persetujuan atau pembatalan kerjasama mengenai endorsement
  5. Jika melanjutkan kerjasama dan sudah menetukan bagaimana teknik endorsement yang telah disetujui. Akan ada uang muka atau membayar secara penuh ini tergantung dari peraturan
  6. Dilanjutkan dengan mebuat materi serta mengirimnya bersama barang yang akan di endorsement dan jika suatu jasa biasanya hanya materinya saja tetapi aja juga yang aksi pelayanan mendatangi langsung tempat selebriti internet tersebut
  7. Bisa menunggu hasil konten endorsement dari selebriti internet tersebut atau diunggah secara langsung dan ini tentu saja sesuai dengan kesepakatan diatas, selesai sudah

Seperti ini contoh bio dari Fadil Jaidi pada akun Instagramnya yang terdapat kontak yang bisa dihubungi oleh calon klien

sumber : screenshot instagram @fadiljaidi
sumber : screenshot instagram @fadiljaidi

Dan ini adalah salah satu bentuk konten kegiatan endorsement yang dilakukan oleh Fadil Jaidi yang diunggah pada feed Instagramnya

sumber : screenshot instagram @fadiljaidi
sumber : screenshot instagram @fadiljaidi

Sumber :

wikipedia. (2021, juli 3). selebritas. Dipetik mei 13, 2022, dari wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Selebritas#:~:text=Menurut%20Kamus%20Besar%20Bahasa%20Indonesia,dari%20celebrity%20dalam%20bahasa%20Inggris.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun