Mohon tunggu...
Laelatul Maghfiroh
Laelatul Maghfiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan / Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Saya menyelesaikan S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta dan saat ini sedang menempuh pendidikan Profesi Guru (PPG Prajabatan) di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Saya menyukai matematika dan pendidikan, saat ini saya juga mengajar matematika di salah satu bimbingan belajar di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG Pra Jabatan Angkatan 1 Tahun 2023 UHAMKA: Sosialisasi dan Pembuatan "Math-Ding" di SMPN 203 Jakarta

10 Mei 2024   15:00 Diperbarui: 10 Mei 2024   15:03 829
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Proyek kepemimpinan merupakan salah mata kuliah wajib dalam PPG Prajab dimana mahasiswa PPG Prajab. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa melakukan aksi nyata, dimana mahasiswa dilatih keterampilan komunikasi yang efektif, serta mempelajari bagaimana mengelola konflik dengan bijaksana, melalui kegiatan interaktif, studi kasus, dan latihan simulasi yang memungkinkannya untuk menerapkan konsep kepemimpinan dalam konteks kehidupan yang sesungguhnya.

Adapun proyek yang dilakukan berupa pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk mading interaktif yang dilakukan di SMP N 203 Jakarta. Kegiatan proyek kepemimpinan ini dilakukan oleh kelompok B kelas matematika 01 Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, gelombang 1 tahun 2023. Kelompok ini diketuai oleh Hikmah Suciani dan beranggotakan Fany Andisa, Istiqomah, Indra, Khoviva Indriyasmi, Laelatul Maghfiroh, Naily Fitriyah, dan Hanna Siti N. Selama pelaksanaan proyek kepemimpinan ini kami dibimbing oleh Bu Isnaini Handayani, M.Pd. selaku Dosen pembimbing proyek (DPP) pada mata kuliah Projek Kepemimpinan.

Ide pembuatan Math-Ding ini berangkat dari anggapan "Matematika merupakan pelajaran yang sulit" oleh kebanyakan peserta didik, tak terkecuali bagi peserta didik di SMP N 203 Jakarta. Setelah melakukan observasi dan membagikan angket analisis kebutuhan peserta didik dalam pelajaran matematika, ditemukan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam materi Bangun Ruang. 

Selain melakukan analisis kebutuhan terhadap peserta didik, Tim B juga melakukan wawancara terhadap guru matematika di sekolah tentang  media pembelajaran bangun ruang yang selama ini digunakan dan kebutuhan media pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran.  

Adanya temuan tersebut, Tim B Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Uhamka yang berjumlah 8 orang melakukan diskusi bersama Dosen pembimbing dan memutuskan untuk menggelar Proyek Kepemimpinan berupa pembuatan dan sosialisasi mading interaktif yang disebut "Math-Ding" di SMP negeri 203 Jakarta.

Pembuatan mading interaktif yang kemudian disebut dengan istilah Math-ding ini merupakan sebuah inovasi pengembangan mading yang telah ada di sekolah berdasarkan kebutuhan peserta didik. Jika sebelumnya mading yang ada di sekolah hanya bisa dibaca, tim B ini menginisiasi untuk mengajak peserta didik membuat mading yang dapat dibaca dan di sentuh (praktik langsung melalui beberapa aktivitas). 

Konten yang ada pada Math-Ding ini berupa penjelasan materi, contoh soal, latihan soal, Bentuk 3 dimensi bangun ruang, jaring-jaring bangun ruang interaktif, dan games matematika berbentuk ular tangga dan teka teki silang. Selain aktivitas yang beragam, math-ding ini juga memanfaatkan teknologi yang ada yaitu mengemas materi dalam bentuk Barcode. 

Adapun tujuan pengemasan menggunakan barcode adalah agar bisa diakses peserta didik secara online sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan hadirnya Math-ding di SMP N 203 Jakarta ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi serta dapat memberikan pengalaman belajar matematika yang menyenangkan bagi peserta didik

Setelah proses perencanaan dalam tim proyek matang, Proses pembuatan Math-Ding ini dilanjutkan dengan tahap perizinan kepada pihak sekolah. Setelah bertemu dengan guru pamong dan kepala sekolah, kami mendapat sambutan yang sangat baik untuk projek pembuatan Math-ding ini. Tidak hanya memperoleh izin pelaksanaan, pihak sekolah juga memberikan dukungan berupa dua papan Mading yang dapat dimanfaatkan untuk proyek ini sehingga tim B tidak perlu untuk membeli papan baru.

(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)
(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)

Setelah melewati proses perizinan, selanjutnya tim melakukan eksekusi terhadap proyek kepemimpinan yang telah direncanakan. Adapun rangkaian kegiatan proyek kepemimpinan yang telah direncanakan adalah sosialisasi kegiatan proyek kepemimpinan, pembuatan Math-ding bersama peserta didik (2 kali pertemuan), dan diakhiri dengan acara sosialisasi dan penyerahan mathding secara simbolis kepada sekolah.

Kegiatan sosialisasi Proyek kepemimpinan dilakukan pada tanggal 18 maret 2024 yang dihadiri oleh pihak yang terlibat dalam proyek kepemimpinan ini yaitu guru matematika, pembina Ekskul Math Club, pembina OSIS, serta peserta didik anggota Math club dan jurnalistik OSIS. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan berupa pemaparan tentang proyek kepemimpinan, time line kegiatan, serta keterlibatan dan peranan setiap pihak.  Berikut dokumentasi kegiatan hari ini: 

(Sumber: Dokumetasi Kegiatan)
(Sumber: Dokumetasi Kegiatan)

Setelah sosialisasi dilakukan, kegiatan selanjutnya adalah Pembuatan konten Math-ding yang melibatkan peserta didik yang berasal dari anggota Math Club (ekstra kurikuler matematika di SMP N 203 Jakarta) dan jurnalistik OSIS. Tim melakukan diskusi aktif bersama peserta didik untuk menentukan konten yang akan dimuat dalam Math-ding dan membimbing peserta didik dalam pembuatan konten-konten Math-Ding. 

Melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembuatan Math-Ding mulai dari perencanaan konten yang akan dimuat, pembuatan konten, dan hingga penempelan ke papan Math-ding bertujuan agar peserta didik dapat melanjutkan pemberdayaan Math-Ding secara mandiri di waktu mendatang. Selain itu, ini juga untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik yang terlibat. Pembuatan Math-ding dilakukan selama tiga kali pertemuan yaitu pada tanggal 27 Maret, 22 April, dan 24 April 2024.

(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)
(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)

Setelah proses pembuatan Math-Ding selesai, selanjutnya tim melakukan simulasi games pembelajaran "Ular Tangga" dan "Teka-teki Silang" bersama peserta didik. Dalam pembuatan games inipun team melibatkan peserta didik secara aktif mulai dari pemilihan games, perencanaan, hingga pembuatan desain games. Selama aktivitas games, peserta didik sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran menggunakan media games ini. Berikut dokumentasi kegiatan games:

(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)
(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)

Kegiatan akhir dari proyek kepemimpinan ini adalah kegiatan "Sosialisasi dan Penyerahan Math-Ding Secara Simbolis kepada Pihak Sekolah". Kegiatan ini dilakukan pada hari Jum'at, 26 April 2024 di SMP N 203 Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan jajarannya, Dosen Pembimbing, dan Guru mata pelajaran di SMP N 203 Jakarta. 

Kegiatan berupa sambutan-sambutan, materi pembuatan media pembelajaran berbasis games yang ada di Math-Ding dan pembuatan Barcode, serta penyerahan Math-Ding secara simbolis kepada pihak sekolah. Kegiatan berjalan dengan lancar, peserta terlihat sangat antusias selama penyampaian materi. Berikut dokumentasi kegiatan hari ini:

(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)
(Sumber: Dokumentasi Kegiatan)

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan memberikan dampak yang baik bagi guru ataupun peserta didik di SMP N 203 Jakarta. Berdasarkan hasil wawancara dan angket, guru di SMP N 203 Jakarta mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan semoga bisa diterapkan juga pada mata pelajaran lain. Berikut beberapa pernyataan dari guru:

"Sangat membantu dalam mapel yang saya ampu", Raharjo, S.Pd. (Guru Mata Pelajaran)

"Sudah bagus , tingkat kan lebih bagus lagi dengan projek terbaru", Guru Mata Pelajaran

"Agar dilakukan secara kontinyu", Kusnadi, S.Pd. (Wakil Kepala Bidang Kurikulum)

Demikian, semoga bermanfaat dan menginspirasi~

untuk Link video kegiatan Projek kepemimpinan bisa diakses melalui link ini: Video Dokumentasi Projek Kepemimpinan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun