Mohon tunggu...
ladyana nurliza arini
ladyana nurliza arini Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi sy adalah bermain volly dan menari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesulitan dalam Belajar Membaca

20 Desember 2022   13:42 Diperbarui: 20 Desember 2022   13:41 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Disini saya membicarakan tentang anak SD  sebut saja namanya sonia. Sonia adalah anak yang baru berinjak kelas 4 sd. Anak ini memiliki masalah belajar yakni kesulitan dalam membaca. Sonia kesulitan membaca dikarenakan sonia tidak diajarkan oleh orang tua maupun keluarga lain karena sonia adalah anak yang tidak memiliki ayah dan ibu. 

Kesulitan belajar ini terlihat saat sonia mulai beranjak kelas 3 SD yang disana dia ketinggalan dari teman temannya. Dari sana guru di sekolahnya mulai lebih memperhatikan sonia karena menurut gurunya sonia memiliki gangguan belajar yang bernama dysleksia. Dimana dysleksia ini artinya gangguan membaca dan menulis. sampai saat sonia kelas 4 SD,sonia masih belum bisa membaca maupun menulis dengan baik.

Saat itu ada kakak kelasnya sebut saja namanya bunga diminta tolong untuk mengajarkan sonia membaca,tapi nihil sonia tetap saja belum bisa mengenal huruf,menulis,maupun membaca dengan benar.

Cara yang dilakukan guru untuk sonia salah satunya yaitu dengan menerapkan teori belajar humanistik yakni, Teori belajar dan pendidikan humanistik diawali oleh munculnya gerakan mahapeserta didik  Gerakan yang disampaikan itu merupakan respon atas ketidakpuasan atas kompetisi, tekanan, kehidupan yang selalu diawasi, dan ketidaksesuaian apa yang pelajari dengan apa yang mereka amati ketika belajar di sekolah.Dalam pendidikan humanistik, fokus utamanya adalah hasil pendidikan yang bersifat afektif, belajar tentang cara-cara belajar (learning how to learn), dan meningkatkan kreativitas dan semua potensi peserta didik.

Yang kedua Teori Behavioristik,

Teori ini berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap arah pengembangan teori dan praktik pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristic Atau dengan kata lain belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuanya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respon. Adapun cara belajar menurut teori ini adalah dengan mengamati perkembangan peserta didik. Perilaku terbentuk dengan adanya ikatan asosiatif antara stimulus dan respon. Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang menghindari hal-hal yang menyakitkan dan berprilaku sesuai dengan pola stimulus respon yang terjadi.

Lalu yang ketiga adalah Teori belajar kognitif,yakni Teori ini menekankan bahwa keseluruhan lebih berarti daripada bagian-bagian. Artinya proses belajar dalam teori ini harus dimulai dari keseluruhan dahulu, baru menganalisa bagian-bagian atau unsur-unsurnya. Misalnya, permulaan membaca untuk anak SD yang baik adalah mengajarinya keseluruhan baru dianalisis/dipisahkan per kata, per suku kata, dan per huruf.

Contohnya

Ini-ibu-Budi

I-ini i-bu Bu-di

Sonia juga disini memerlukan motivasi untuk belajar,karena motivasi belajar dibentuk dan salah satu landasan yang mendorong manusia untuk tumbuh, berkembang, dan maju mencapai sesuatu. Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling memengaruhi. Belajar adalah proses merubah tingkah laku, mengasah kemampuan berfikir secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik atau penguatan yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan motivasi adalah sesuatu hal yang dapat mendorong minat dari dalam diri individu agar dapat melakukan tindakan-tindakan atau sesuatu yang menjadi dasar atau alas an seseorang untuk berprilaku atau melakukan sesuatu.

Motivasi belajar dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang dapat timbul pada proses belajar dan menjamin kelangsungan dalam pembelajarannya. Dalam belajar, motivasi itu tumbuh dalam diri seseorang dan dapat dirangsang dari luar. Motivasi belajar bukanlah sesuatu yang siap jadi, tetapi diperoleh dan dibentuk oleh lingkungan. Seperti halnya motivasi belajar, dorongan yang ada dalam diri siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Siswa akan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan apabila mempunyai motivasi yang tinggi.

Kehidupan manusia dipengaruhi oleh motivasi yang erat kaitannya dengan harapan dan kemauan belajar motivasi itu tumbuh dalam diri seseorang dapat mencapai tujuan belajar. Dalam belajar, motivasi itu tumbuh dalam diri seseorang dan dapat dirangsang dari luar. Motivasi belajar bukanlah sesuatu yang siap jadi, tetapi diperoleh dan dibentuk oleh lingkungan.

Motivasi menunjukkan kepada faktor-faktor yang memperkuat perilaku. Faktor-faktor tersebut berasal dari dalam (intrinsik) dan dari luar (ekstrinsik) diri seseorang. Dari proses terjadinya, motivasi yang timbul pada diri seseorang dapat dilihat dari dua macam motivasi belajar yaitu motivasi Intrinsik dan motivasi Ekstrinsik.

Motivasi intrinsik, adalah motivasi yang di timbulkan dari diri seseorang. Motivasi ini biasanya timbulkan karena adanya harapan, tujuan dan keinginan seseorang terhadap sesuatu sehingga dia memiliki semangat untuk mencapai itu.

Motivasi ekstrinsik,adalah sesuatu yang diharapkan akan diperoleh dari luar diri seseorang. Motivasi ini biasanya dalam bentuk nilai dari sesuatu materi, misalnya imbalan dalam bentuk uang atau intensif lainnya yang diperoleh atas sesuatu upaya yang telah dilakukan.

faktor faktor yang memperbgaruhi motivasi belajar siswa

Unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran. Lingkungan belajar dan pergaulan siswa mengalami perubahan. Lingkungan budaya siswa yang berupa televise dan film semakin menjangkau siswa. Kesemua lingkungan tersebut mendinamiskan motivasi belajar. Guru professional diharapkan mampu memanfaatkan sumber belajar di sekitar sekolah untuk memotivasi belajar siswa.

Upaya guru membelajarkan siswa adalah upaya guru dalam mempersiapkan diri untuk membelajarkan siswa mulai dari penguasaan materi, cara memnyampaikan materi, menarik perhatian siswa dan mengevaluasi hasil belajar siswa. Bila upaya guru hanya sekedar mengajar, artinya keberhasilan guru yang menjadi titk tolak, besar kemungkinan siswa tidak tertarik untuk belajar sehingga motivasi siswa menjadi lemah atau kurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun