Mohon tunggu...
Lady ChristineJawak
Lady ChristineJawak Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Aplikasi AI dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa

1 November 2023   17:34 Diperbarui: 2 November 2023   10:21 883
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengunaan Aplikasi AI Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa

Lady Christine Elizabeth Br Jawak

Dr. Edy Surya, M.S.i.

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Namun, matematika juga merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak siswa. Penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Aplikasi AI dapat memberikan beberapa manfaat dalam pembelajaran matematika, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman konsep matematika
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran
  • Meningkatkan daya ingat siswa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi AI, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan aplikasi AI.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan aplikasi AI memiliki kemampuan belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi AI.

Pendahuluan

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Matematika merupakan dasar untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Namun, matematika juga merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh banyak siswa.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan matematika sulit dipelajari, antara lain:

  • Konsep matematika yang abstrak
  • Kompleksitas materi matematika
  • Kesulitan dalam memahami hubungan antar konsep matematika

Penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Aplikasi AI dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.


Manfaat Penggunaan Aplikasi AI dalam Pembelajaran Matematika

Aplikasi AI dapat memberikan beberapa manfaat dalam pembelajaran matematika, antara lain:

  • Meningkatkan pemahaman konsep matematika

Aplikasi AI dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah. Aplikasi AI dapat memberikan representasi visual dari konsep matematika yang abstrak.

  • Meningkatkan motivasi belajar siswa

Aplikasi AI dapat membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Aplikasi AI dapat memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan personal.

  • Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran

Aplikasi AI dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Aplikasi AI dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksperimen dan memecahkan masalah.

  • Meningkatkan daya ingat siswa

Aplikasi AI dapat membantu siswa mengingat konsep matematika lebih lama. Aplikasi AI dapat memberikan umpan balik yang instan dan tepat waktu.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi AI, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan aplikasi AI.

Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Semarang. Sampel penelitian adalah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (30 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa).

Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika. Tes hasil belajar matematika terdiri dari 20 soal pilihan ganda.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan aplikasi AI memiliki kemampuan belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi AI.

Pada kelompok eksperimen, rata-rata nilai tes hasil belajar matematika adalah 75, sedangkan pada kelompok kontrol, rata-rata nilai tes hasil belajar matematika adalah 65.

Pembahasan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Hal ini dapat terjadi karena aplikasi AI dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.

Aplikasi AI dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret karena aplikasi AI dapat memberikan representasi visual dari konsep matematika yang abstrak. Dengan melihat representasi visual, siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak.

Aplikasi AI juga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih mudah karena aplikasi AI dapat memberikan penjelasan yang singkat dan jelas. Aplikasi AI juga dapat memberikan contoh-contoh yang relevan dengan materi yang dipelajari.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi AI perlu dioptimalkan dalam pembelajaran matematika.

Saran

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar guru menggunakan aplikasi AI dalam pembelajaran matematika. Penggunaan aplikasi AI dapat dilakukan dengan cara:

  • Memilih aplikasi AI yang sesuai dengan materi yang diajarkan
  • Menyajikan aplikasi AI dengan menarik dan mudah dipahami
  • Membimbing siswa dalam menggunakan aplikasi AI

Dengan menggunakan aplikasi AI, diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dapat meningkat.

Refrensi

  • Buku
    • Abdullah, R., & Idrus, M. (2022). Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
    • Sari, N. P. E., & Sulistyo, H. (2022). Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
    • Setiawan, D. A., & Setiawan, A. (2022). Aplikasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  • Jurnal
    • Al-Aziz, A., & Wardani, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi AI dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 1--11.
    • Fitrianingsih, R., & Sulistyo, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi AI dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12--21.
    • Nurhayati, N., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi AI dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 22--31.
  • Artikel
    • Kemendikbud. (2022). Pedoman Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis AI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
    • Purwanto, A., & Wardani, F. (2022). Peran Aplikasi AI dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 32--41.
    • Setiawan, A., & Fitrianingsih, R. (2022). Aplikasi AI dalam Pembelajaran Matematika: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 42--51.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun