Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa
Lady Christine Elizabeth Br Jawak
Dr. Edy Surya, M.S.i.
Abstrak
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pembelajaran matematika yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga. Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang belajar dengan menggunakan alat peraga memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang belajar tanpa menggunakan alat peraga.
Pendahuluan
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Pembelajaran matematika yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika adalah dengan menggunakan alat peraga.
Alat peraga adalah benda-benda yang digunakan untuk mempermudah pemahaman konsep matematika. Alat peraga dapat membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih konkret dan mudah.