Mohon tunggu...
Labibah Azzahra
Labibah Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA/TADRIS IPS/FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN/UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

20 Tahun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kedudukan Mata Pelajaran Geografi terhadap Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Ini

23 Juni 2022   03:38 Diperbarui: 23 Juni 2022   03:47 539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KEDUDUKAN  MATA PELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP PENGARUH GENERASI Z PADA KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA SD, SMP, SMA

Oleh :

Labibah Azzahra

labibahazzahra89@gmail.com

Tadris.IPS

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Abstrak

Geografi itu ilmu yang mengajarkan kita sebagai para murid tentang berbagai aspek yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya alam saja, akan tetapi ada hubungannya dari segi ekonomi, sosial, pariwisata, dan politik. Apalagi pada era sekarang ini, 

era yang udah semakin canggih yang sering kita dengar yaitu generasi Z banyak menyediakan informasi-informasi terbaru yang membuat kita para pembaca bertanya-tanya “Kenapa ya itu bisa terjadi? Bagaimana prosesnya kok bisa secepat itu? Faktor apa ya yang bisa mempengaruhi tersebut?”.

Kata Kunci : Geografi, Kurikulum, Pendidikan Indonesia, Generasi Z.

Abstract

Geography is a science that teaches us as students about various aspect that exist in everyday life. Not only nature, but there is a relationship in terms of economy, social, tourism, and politic. Especially in today era, an increasingly sophisticated era that we often hear, namely Generation Z, provides a lot of the latest information that makes us readers wonder "Why did that happen? How can the process be so fast? What factors can influence that?”.

Keywords: Geography, Curriculum, Education, Generation Z.

Pembahasan

Perkembangan Kurikulum Mata Pelajaran Geografi Generasi Z tingkat SD, SMP, SMA

Dalam kurikulum KTSP 2006 mata pelajaran geografi ini bisa kita masukkan dalam mata pelajaran IPS, dimana dalam mata pelajaran itu udah mencakup semua aspek-aspek yang ada seperti sosial, ekonomi, budaya, dll. Nah, pembelajaran geografi tingkat SD, SMP, 

dan SMA pada tahun sebelumya itu kan menggunakan KTSP 2006 yang gurunya itu cuman nyampaikan materinya aja dan para peserta didik itu cuman nerima doang tanpa mereka paham makna dalam pbm, dan guru cuman gunain metode ceramah yang masih menjadi pilihan terfavorit sebagai strategi belajar yang buat para peserta didik ini jadi mager dan tired (dalam bahasa gaulnya) yang dampaknya itu bisa kita lihat dari penurunan kemampuan cara belajar mereka.

Beda dengan kurikulum era generasi z sekarang dengan kurikulum dulu yang metode strategi yang digunakan oleh guru cuman itu-itu saja yang bikin para peserta didiknya itu gak bisa aktif dalam pbm. 

Kurikulum generasi z ini ada dalam kurikulum 2013 dan kurikulum yang paling terbaru ini yaitu, kurikulum merdeka yang menuntut para peserta didik harus aktif kreatif dong dalam semua bidang, ga hanya dalam mata pelajaran geografi aja tetapi dalam semua bidang-bidang ya ada, agar para peserta didik ini ga kaget dengan adanya globalisasi di zaman yang akan datang. 

Seperti yang teman-teman ketahui bahwa zaman sekarang itu udah pada canggih, anak SD zaman sekarang aja udah pake hp android itu pun dengan spek yang luar biasa seperti iphone, samsung, oppo, dll.

Makanya, teman -teman sebagai calon penerus bangsa harus pandai dalam menggunakan sistem informasi yang sangat canggih dalam kehidupan kita sekarang. Perkembangan terhadap teknologi harus kita gunakan dengan baik ya teman-teman, karena dalam web yang sudah dibuat itu kita bisa tau bagaimana perkembangan kurikulum yang bisa kita gunain dan bisa kita terapin ke dalam kehidupan kita sebagai generasi z ini.

Kedudukan Geografi Pendidikan Indonesia Generasi Z

Nah, disini teman-teman bisa lihat kedudukan geografi dalam pendidikan Indonesia, baik dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Banyaknya perubahan yang terjadi antara era zaman dulu dengan era generasi z yang kita lalui pada saat ini. Pada zaman dulu, kita sebgai para peserta didik masih menggunakan material pembelajarannya itu masih ibarat kata ya manual dan gak secanggih sekarang. 

Zaman kita dulu semua nya itu belum ada yang namanya e-book, word, excel, dll yang dapat memudahkan kita untuk mengakses berbagai keperluan pembelajaran yang ada. 

Zaman sekarang mah enak, semuanya udah berbasis teknologi yang canggih, contohnya pada zaman sekarang kalau kita gak dapat jawaban PR yang dikasih sama guru kita pasti nyarinya di google kan, karena apa? karena kurangnya sumber-sumber buku yang diterbitkan masa sebelumnya, sehingga para peserta didik mencari PR nya itu melalui sumber-sumber yang ada pada artkel, makalah, jurnal, dll.

Geografi punya peran penting dan bermanfaat dalam membantu kita untuk membentuk peserta didik mempunyai wawasan yang sangat luas seperti paham dengan loaksi negaranya dan negara lainnya di dunia lewat peta baik itu yang berbentuk buku maupun yang terdapat pada e-book bergambar, 

melatih kita sebagai para peserta didiknya itu untuk memahami hubungann antara gejala yang ada pada alam, geografi itu memberikan pendidikan yang sangat indah seperti belajar tentang manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan,dll. Geografi banyak memberikan pembelajaran agar kita itu cinta terhadap alam yang dimiliki oleh negara kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun