Mohon tunggu...
Dian Herdiana
Dian Herdiana Mohon Tunggu... Dosen - Dosen di Kota Bandung

Mencari untuk lebih tahu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Permasalahan Kuliah Daring bagi Dosen dan Mahasiswa

25 September 2020   21:41 Diperbarui: 30 April 2021   18:18 4784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Permasalahan kuliah daring (annie spratt/unsplash)

Pembelajaran daring menjadi jawaban atas keberlanjutan proses pembelajaran di masa wabah COVID-19, pembelajaran dengan pemanfaatan TIK ini dianggap yang paling efektif mengingat adanya proses transfer ilmu serta interaksi antar para pendidik dan peserta didik dengan tanpa keharusan hadir secara fisik yang akan memungkinkan menjadi sarana penyebaran COVID-19 (Mustofa, Chodzirin, & Sayekti, 2019; Nugroho, 2020).

Meskipun demikian dalam konteks penyelenggaraan pembelajaran daring muncul berbagai permasalahan yang berimplikasi kepada ketidaklancaran proses pembelajaran, dalam konteks pembelajaran daring yang diteliti oleh penulis di STIA Cimahi maka memunculkan permasalahan yang dapat dikelompokan kedalam 2 (dua) masalah, yaitu: Pertama, permasalahan yang berasal dari pendidik atau dosen. Kedua, permasalahan yang berasal dari peserta didik atau mahasiswa. Uraian mengenai kedua hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pertama, tenaga pendidik atau dalam konteks ini yaitu dosen memegang peran yang penting dalam kebelangsungan pembelajaan daring yang mana ditempatkan sebagai subjek yang harus melakukan proses transfer ilmu kepada para pesera didik atau mahasiswa. Berbagai permasalahan yang muncul dari dosen di STIA Cimahi dalam menyelenggarakan pembelajaran daring dapat dijelaskan dalam tabel berikut ini:

Sumber: Dokumen Pribadi, 2020
Sumber: Dokumen Pribadi, 2020
Berdasarkan kepada tabel tersebut di atas, maka perkuliahan daring yang tengah dilaksanakan memunculkan berbagai masalah baik yang menyangkut pribadi dosen yang bersangkutan maupun aspek lainnya mulai dari dukungan lembaga sampai dengan keaktifan dan penilaian mahasiswa.

Sebagian dosen menyatakan bahwa pembelajaran daring berjalan kurang efektif dikarenakan dosen sebagai pengampu mata kuliah tidak benar-benar dapat "hadir" secara langsung untuk melakukan proses transfer pengetahuan dan sekaligus penilaian terhadap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah yang bersangkutan.

Proses pembelajaran tidak hanya terbatas kepada penyampaian materi tetapi kepada proses pendidikan secara keseluruhan yang didalamnya termasuk pembentukan karakter dan pribadi peserta didik melalui nilai dan norma yang ada.

Pendidikan karakter dan kepribadian dirasakan menjadi tantangan dalam penyelenggaraan pembelajaran secara daring, hal ini dikarenakan secara fisik pendidik dan peserta didik berada di lingkungan sosial yang berbeda, sehingga pengaruh lingkungan sosial dimana peserta didik mengikuti perkuliahan daring menjadi aspek yang luput dari proses penyelenggaraan pendidikan yang tengah dilakukan.

Kedua, peserta didik atau dalam hal ini mahasiswa menjadi bagian yang penting dalam penyelenggaran pembelajaran secara daring, mengingat di satu sisi mahasiswa ditempatkan sebagai objek yang harus mampu menerima materi pembelajaran sehingga dengan adanya transfer ilmu dari tenaga pendidik/dosen kepada mahasiswa akan menjadikan mahasiswa mengetahui dan memahami ilmu yang diberikan.

Di sisi lain mahasiswa merupakan objek penilaian keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang harus menjadi prioritas dalam kegiatan pembelajaran dikarenakan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan salah satu faktor utamanya ditentukan oleh peserta didik. Dalam penyelenggaraan pembelajaran daring di STIA Cimahi, mahasiswa dihadapkan kedalam berbagai permasalahan yang dapat dijelaskan melalui tabel berikut ini:

Sumber: Dokumen Pribadi, 2020
Sumber: Dokumen Pribadi, 2020
Berdasarkan kepada tabel tersebut di atas, maka masalah dalam penyelenggaraan pembelajaran daring tidak hanya berasal dari tenaga pendidik saja, melainkan juga berasal dari peserta didik juga yang mana mahasiswa sebagai peserta didik harus dihadapkan kepada adanya keharusan membagi waktu antara urusan perkuliahan dengan urusan lainnya yang sama-sama penting, sehingga manajemen pembagian waktu tersebut apabila tidak direncanakan secara baik maka akan berimplikasi kepada tidak optimalnya proses pembelajaran daring yang tengah diselenggarakan.

Penjelasan mengenai permasalahan dalam pembelajaran daring yang ada di STIA Cimahi sejalan dengan permasalahan pembelajaran daring di berbagai kampus.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai penelitian yang mengkaji mengenai perkuliahan daring yang antara lain yaitu penelitian dari Pratiwi (2020) dan Jamaluddin, Ratnasih, Gunawan, & Paujiah (2020) yang menyatakan bahwa selain telah memberikan dampak positif terhadap terselenggaranya transfer ilmu pengetahuan dari tenaga pendidik kepada peserta didik secara virtual sehingga mempermudah proses pembelajaran, juga dihadapkan kepada masalah seperti adanya masalah jaringan internet dan keterbatasan kuota internet.

Keterangan: Disampaikan oleh penulis dalam Konferensi Pendidikan Nasional I di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin pada tanggal 21 Juni 2020 dengan judul prosiding "Inovasi Proses Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Kelas Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19".

Referensi

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/1/Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru Hambatan%2C Solusi Dan Proyeksi.pdf

Herdiana, D. (2020). Inovasi Proses Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Kelas Karyawan Di Masa Pandemi Covid-19. In Konferensi Nasional Pendidikan I (pp. 129--137). Banjarmasin. Retrieved from http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/24

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151--160.

Nugroho, A. (2020). Kuliah Online Pilihan Tepat di Saat Pandemi Covid-19. Retrieved July 2, 2020, from https://ugm.ac.id/id/berita/19439-kuliah-online-pilihan-tepat-di-saat-pandemi-covid-19

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1--8.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun