Mohon tunggu...
Kusnandar Eko
Kusnandar Eko Mohon Tunggu... Dosen - Guru SMAIT Granada Tangerang - Dosen Universitas Tangerang Raya - Guru Privat

Saya mencintai dunia pendidikan Hobi travelling dan touring Gemar berorganisasi Memiliki prinsip Family is very important Motto : Man Jadda Wa Jadda خَيْرُ الناسِ أَنفَعُهُم لِلنَّاسِ “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Studi Kasus "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Canva untuk Meningkatkan Minat dan Fokus Peserta Didik"

4 Maret 2024   07:30 Diperbarui: 4 Maret 2024   07:41 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar : https://riniwfajr.blogspot.com

DESKRIPSI STUDI KASUS

Saya mengajar selama 9 tahun di SMA Islam Terpadu Granada Tangerang sebagai guru bidang studi ekonomi. Terdapat kendala di dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan, terutama permasalahan internal belajar yang dialami peserta didik yaitu masih rendahnya minat dan fokus belajarnya. Faktor internal seperti minimnya perasaan senang, perhatian dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Faktor eksternal seperti pembelajaran masih membosankan, belum terfokus kepada peserta didik, dan materi pembelajaran yang masih dalam level hafalan.

Berdasarkan observasi praktik pembelajaran interaktif yang telah saya lakukan, maka dapat diperoleh latar belakang dari penulisan studi kasus ini, yaitu rendahnya minat dan fokus belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi.

Permasalahan yang saya bahas sangat penting untuk diteliti lebih lanjut dikarenakan akan berpengaruh pada kemampuan ketercapaian hasil belajar peserta didik serta merencanakan pembelajaran selanjutnya.

ANALISIS SITUASI

Berdasarkan hasil observasi melalui sebaran angket minat dan fokus belajar peserta didik sebelum pembelajaran berlangsung di kelas X IPS SMA Islam Terpadu Granada, diperoleh data bahwa sebagian besar peserta didik masih cenderung pasif saat pembelajaran karena minatnya untuk belajar masih rendah dan mereka cenderung hanya menerima pembelajaran searah saja.

Hal tersebut disebabkan model pembelajaran yang bersifat konvensional, metode mengajar monoton, media pembelajaran yang digunakan belum inovatif. Pembelajaran yang lebih menekankan hafalan materi kurang meningkatkan kemampuan hots peserta didik. Metode pembelajaran kurang inovatif dan cenderung monoton juga dapat menghambat perkembangan kreativitas peserta didik. Hal yang seperti inilah yang menyebabkan minat dan fokus peserta didik masih rendah.

Peran dan tanggung jawab saya yaitu sebagai pembimbing, fasilitator, sumber belajar, motivator, pengelola kelas, dan evaluator. Selain itu sebagai seorang guru juga harus dapat menumbuhkan pembelajaran yang baik serta bermanfaat bagi peserta didik dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan bervariasi yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Pihak yang terlibat dalam perencanaan dan asessmen yaitu saya sendiri yang bertugas untuk membuat perencanaan dan evaluasi pembelajaran, teman sejawat yang memberikan masukan melalui observasi dan evaluasi demi perbaikan dalam pembelajaran, peserta didik yang menjadi target pembelajaran dan kepala sekolah juga merupakan pihak yang sangat mempunyai peranan penting dalam mensupport kegiatan ini.

Tantangan dan hambatan dalam merencanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran adalah bagaimana menggunakan model pembelajaran yang bersifat student center yang akhirnya berpengaruh terhadap minat dan fokus belajar peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun